Trendsetter Fashion Rambut dari Masa ke Masa

Dzargon - Trendsetter terjadi karena adanya ide kreatif seseorang yang mampu menarik perhatian publik sehingga sebagaian dari mereka mengikutinya. Bisa dibilang trendsetter adalah seorang panutan untuk sebagian orang. Dalam dunia fashion yang sering menjadi panutan biasanya berasal dari kalangan artis atau model yang sering disebut sebagai Public Figure.

Daftar Isi
Mulai dari pakaian atau busana yang dikenakannya, sepatu sampai model rambut sang public figure akan selalu menjadi perhatian. Contohnya saja untuk masalah model atau fashion rambut. Rambut untuk wanita dan juga pria merupakan mahkota mereka. Sejak zaman dahulu sampai saat ini, wanita dan pria sama-sama berlomba untuk gaya rambut agar bisa tampil percaya diri.

Ada gaya rambut yang didapatkan seseorang dengan menyewa penata rambut profesional dan ada juga yang sudah terbentuk dengan sendirinya (secara alami) dan menjadi tren pada saat itu.

Untuk kali ini Dzargon akan membahas tentang para trendsetter fashion rambut wanita yang banyak dijadikan panutan oleh masyarakat luas dari tahun ke tahun. Berikut trendsetter fashion rambut tersebut:


Style Rambut Marcekk Wafe dari Ratu Victoria tahun 1800-an


Di tahun 1800-an ada fashion rambut dan sangat fenomenal yang banyak diikuti oleh wanita. Dengan teknologi yang terbatas di tahun itu dapat menciptakan penataan rambut pendek dengan kesan bergelombang yang rapi di sebelah sisinya.

Gaya rambut ini dikenal dengan nama gaya Marcekk Wafe. Fashion rambut ini diperkenalkan pertama kali oleh ratu Victoria dari inggris. Kesan klasik, elegan dan unik menjadi ciri khas tersendiri untuk rambut ini.

Style Rambut Marcekk Wafe dari Ratu Victoria tahun 1800-an rambut pirang dan seksi manis

Style Rambut tahun 1900-an

Masuk ke tahun 1900-an ada gaya rambut yang popuuler dengan nama Victory rolls. Sekilas dilihat, model rambut ini hanya bisa didapatkan jika penata rambut yang membuatnya. Bentuknya yang agak rumit mirip sanggul namun hanya bagian depan rambut yang digulung keatas dan bentuk yang unik. Bagian belakang yang dibiarkan lurus sebahagian namun diujungnya dibuat kriting acak.


Style Rambut tahun 1900-an rambut pirang dan manis

Style Rambut Blow Out Milik Farah Fawcett tahun 1970-an

Di tahun 1970-an fashion rambut dari pemeran  wanita dalam film Charlie Angels yaitu Farah Fawcett menjadi perhatian wanita didunia. Model rambut panjang, tebal dengan blow-out yang berlayer membuat para wanita banyak meniru gaya rambut artis pirang ini.

cewek manis dan seksi imtu Style Rambut Blow Out Milik Farah Fawcett tahun 1970-an

Style Rambut Bouffant

Di tahun yang sama ada juga fashion rambut dengan potongan pendek yang trendi. Kalau kalian suka nonton film klasik, pasti kalian sudah kenal dengan model rambut bouffant. Model ini menjadi tren di tahun 1960-1970-an. Model rambut ini ditata dengan ciri tatanannya yang tinggi dan volume rambut yang mengembang dibagian atas dan dibagian ujung depan rambut dibuat melengkung runcing.

Model rambut dengan potongan pendek lainnya selain rambut bouffant di tahun 1970-an juga ada. Rambut pirang dan berombak milik Marilyn Monroe menjadi tren juga pada saat itu. Bahkan sebagagian wanita beranggapan bahwa wanita yang memiliki rambut pirang lebih baik dari warna rambut lain.

Style Rambut Bouffant cantik dan seksi

Style Rambut Farah - Putri Diana 1980

Selanjutnya di tahun 1980an, style rambut Farah bertahan sampai awal tahun 80-an namun beberapa wanita mulai beralih ke fashion rambut untuk rambut pendek. Fashion rambut ini masih mengikuti gaya rambut berlayer dan blow di ujungnya namun dengan potongan rambut yang pendek.

Wanita yang menjadi trendsetter ini pertama kali adalah istri dari Pangeran Charles yaitu Putri Diana. Kemunculannya pertama kali sebagai istri pangeran dengan potongan rambut yang berbeda membuat beberapa wanita juga mengikuti model rambutnya.

Style Rambut Farah - Putri Diana 1980 cantik dan manis

Style Rambut Demi Moore 1990

Masuk ke tahun 1990 potongan rambut pendek masih banyak digunakan. Namun artis Demi Moore menampilkan gaya yang berbeda untuk fashion rambutnya dalam Film Ghost. Meski model rambut yang dipotong singkat dengan poni depan mirip potongan rambut pria.

Fashion rambut ini dikatakan cukup berani karena potongannya sampai jauh diatas leher. Namun tak sedikit pula wanita yang mencobanya. Bahkan beberapa salon mempromosikan gaya rambut ini dengan nama “gaya Demi Moore”

Style Rambut Demi Moore 1990 pendek dan tomboy

Style Rambut Bobala

Masih di tahun yang sama, beberapa wanita yang tidak berani memotong pendek rambutnya seperti Demi Moore akan beralih ke fashion rambut milik supermodel Linda Evangelista. Model rambut model ini diberi nama style rambut bobala.

Potongan rambut yang juga pendek dan tidak terlalu jauh dari atas leher dengan penataan seperti bola yang menutup kepala. Fashion rambut ini bisa dikatakan cukup bertahan lama dan tak dipungkiri sampai sekarang masih dianggap trendi.

Style Rambut Bobala pendek dan seksi manis Kulit mulus

Style Rambut Bob Gwyneth Paltrow

Selain potongan pendek ada juga style rambut dengan rambut panjang yang trendi di tahun 1990-an. Fashion Rambut tersebut adalah rambut panjang dengan potngan bob lurus dan berlayer yang di populerkan Jenifer Aniston. Model rambut bob lurus sebenarnya diperkenalkan pertama kali oleh Gwynet Paltrow.

Style Rambut Bob Gwyneth Paltrow model rambut seksi dan manis

Style Rambut Acak Jennifer Aniston tahun 1995

Sekitar tahun 1995, gaya rambut acak ala Rachel, diperankan oleh Jennifer Aniston menarik banyak orang. Walau dikatakan agak berantakan namun kesan dari style rambut tegas dan cocok untuk wanita sukses dan berkarir. Rambut ini juga dikenal dengan nama shaggy.

Fashion ini menjadi salah satu dari banyak fashion rambut yang populer di kalangan wanita Indonesia.

Model rambut seksi Style Rambut Acak Jennifer Aniston tahun 1995

Style Rambut Pendek Milik Agyness Deyn tahu 2000-an

Jika di tahun 80an ada Demi Moore yang memperkenalakan fashion rambut pendek dengan potongan yang berani, di abad ke-21 ada duper model Agyness Deyn yang menjadi trendsetter rambut pendek. Rambut dipotong pendek seperti laki-laki tetapi dengan aksen poni miring yang bergaya banyak ditiru oleh perempuan muda di seluruh dunia.

Model rambut seksi dan manis Style Rambut Pendek Milik Agyness Deyn tahu 2000-an

Style Rambut Ombre Sarah Jessica tahun 2010

Di tahun 2010 ada fashion rambut yang dikenal dengan model rambut Ombre dan sampai sekarang masih memiliki banyak peminat. Gaya rambut ombre ini sudah tidak asing lagi bagi wanita kelahiran tahun 90-an akhir. Rambut ombre adalah model rambut panjang yang membuat gradasi rambut dari gelap sampai terang di bagian ujungnya. Pilihan warnanya pun dipilih dengan warna yang cerah-cerah. Salah satu trendsetter dari gaya ombre ini adalah artis Sarah Jessica Parker.

Style rambut ombre ini juga banyak dipopulerkan oleh artis Korea Selatan. Sampai akhir tahun 2015 banyak para wanita mengikuti style rambut para artis Korea dengan gaya rambut panjang yang memberi kesan anggun dengan tambahan warna yang full colour. Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa tren kecantikan Korea Selatan begitu diminati di Indonesia karena sangat natural dan cantik.

Modelr ambut seksi dan manis Style Rambut Ombre Sarah Jessica tahun 2010

Style Rambut Bob tahun 2016

Kini trend rambut wanita di tahun 2016 akan sangat berbeda. Tren Fashion Rambut di tahun ini mirip rambut Bob beberapa artis korea selatan. Bob pendek ini akan merajai gaya rambut favorit wanita sepanjang tahun 2016. Dengan model bob potongan ujung bagian rambut yang didesain terkesan berantakan atau sedikit berombak keluar ini tentunya akan membuat para wanita tampil lebih trendi dan menampakkan sisi yang tidak terlalu feminin.

Model rambut seksi dan hot manis Style Rambut Ombre Sarah Jessica tahun 2010

Style Rambut Korean Perm tahun 2020

Di tahun 2010 sampai 2015 ada style rambut ombre dari korea selatan yang menjadi trendi. Namun di tahun ini ada style rambut korea selatan yang akan menjadi trendi sepanjang tahun yaitu style rambut Korean Perm.

Korean Perm adalah teknik pengeritingan rambut dengan hasil akhir yang sangat natural, berfokus pada bounciness, volume, dan membingkai wajah secara sempurna. Yup style ini akan kalian dapatkan saat disalon. Tenang saja hasil akhirnya akan bertahan lama bisa sampai 6 hingga 10 bulan. Jadi orang yang telah melakukan Korean Perm terlihat seperti keluar dari salon setiap hari.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa saat ini wanita Indonesia menjadikan artis korea selatan sebagai trendsetter fashion mereka termasuk style rambut. Sehingga untuk trendsetter fashion rambut ataupun yang lainnya akan lebih banyak berasal dari Negara Korea Selatan. Termasuk untuk trendsetter yang akan muncul di sepanjang tahun 2020.

Style Rambut Ombre Sarah Jessica tahun 2010

Akhir Kata
Itulah beberapa trendsetter fashion rambut dari masa ke masa. Mungkin bisa jadi referensi kalian untuk mencoba menghidupkan kembali trendsetter dulu atau mengikuti trendsetter saat ini. Semuanya terserah pada diri kalian, selama kalian nyaman dan percaya diri yakinlah semua akan terlihat baik dan cocok untukmu. Terima kasih sudah menyimak.