Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fenomena Jilbob - Representasi Rendahnya Penghargaan Wanita Kepada Agama-nya

Dzargon - Jilboob merupakan bahasa slank yang digabungkan dari dua kata yakni Jilbab yang bermakna kerudung yang digunakan untuk menutup kepala dan Boob yang diambil dari bahasa ingris yang artinya buah dada.




Jilbob sendiri merujuk pada fenomena wanita yang memakai Jilbab namun masih tetap menonjollkan bentuk lekuk tubuh dan bahkan cenderung memamerkan buah dada. Fenomena ini banyak ditemukan di Indonesia bahkan dijadikan sebuah trend yang benrilai komersial maupun sosial.

Cewek Muslimah Seksi pakai Baju Ketat Jilbob

Analogi Jilbob

Jika dianalogikan, Jilbob ini sebenarnya mirip dengan Smartphone Iphone yang sungguh-sungguh luxury, sayangnya Iphone tersebut KW . Yup sebagaimana Iphone KW, harganya tentu saja murah atau sengaja dijual murahan, karena target pasaran papan atas sudah lebih dulu memilih Iphone yang original.

Bagaimana tidak dikategorikan KW, bagi wanita muslim yang sungguh-sungguh menggunakna Jilbab, maka Jilbab-nya aka membuat ia terlihat lebih anggun, berkelas dan sulit untuk didapatkan, itupun jika masih singgle, namun jika sudah laku alias sudah bersuami maka wanita dengan jilbab sesunguhnya menunjukkan kualitas bahwa dirinya hanya untuk pasangannya yang sah.

Sementara itu Jilbob bagaimana? Mereka ingin mendapatkan label muslim dengan menutup kepala, tapi tidak tahan untuk tidak menggoda pria dengan penampilannya yang seksi dan ketat. Mungkin jauh lebih berharga wanita seksi yang tidak mengenakna Jilbab yang sudah mengambil sikap ingin tampil bebas dari aturan agama.

Sedangkan wanita Jalbob? Ia adalah kelompok wanita yang sadar dan tahu perintah dalam agama untuk mengenakan Hijab namun seolah-olah perintah itu tidak penting dan aturan dikembalikan pada dirinya sendiri. Jadi pakai Jilbab yang seksi itu untuk diri sendiri, karena jika untuk agama, maka harusnya aturan agama yang pertama dipenuhi, bukan hasrat ingin menggoda atau pamer kemolekan tubuh.

Keuntungan Pribadi

Lebih buruknya lagi, Jilbob ini sduah dijadikan sebagai lahan mencari uang untuk memenuhi fantasi para pria yang lebih tergoda dengan sesuatu yang berstatus semi misterius. Hal ini dapat dilihat dari para selebgram dan tiktoker Indonesia.

Banyak selebgram di luar sana yang sengaja memaki Jilbab namun seksi untuk mendapatkan folower dari pria. Jilbab memang digunakan, tapi baju diketatkan dan ketika berofoto, ada dibusungkan, seolah-olah menantang para pria untuk memegangnya berani.

Selebgram Aceh Putri Anjani seksi Fenomena Jilbob

Para Tiktokers Indonesia tidak kalah seronoknya dengan jilbab seksi mereka. Mereka memakai jilbab lalu bermain tiktok dengan goyangan yang sangat provokatif dan mengoda untuk pria berfantasi dan berimajinasi liar.

Hanya sampai disanakah?

Tentu saja tidak, hal yang paling buruk dari Jilbober ini justru semakin kemari semakin berani dan kurang ajar. Hal ini bisa ditemukan banyak melalui media online terutama twiter tentang jasan OpenBO atau PSK Online yang mengenakak Jilbab untuk memenuhi fantasi dari para pria hidung belang.

Merusak Citra Muslimah

Dampaknya ada pada stigma masyarakat mengenai wanita berjilbab terutama agam Islam. Citra mereka yang mengenakan Hijab namun tidak menggunakna gamis, meskipun tidak termasuk dalam kategori Jilbob akan dianggao sama atau menyerupai jilbob.

cewek manis pakai Jilbab Syari

Hal yang lebih buruk lagi kesalahan sudah tidak dianggap miliki si pemakai Jilbob, malah yang disalahkan adalah Jibab sampai akhirnya muncul stigma bahwa Jilbab bukanlah pakaian yang digunakan untuk menutup aurat tapi sama dengan pakaian lain, yakni digunakan untuk menarik perhatian.