Bagaimana Cara Cepat Menjadi Selebgram bagi Pemula

Panduan Lengkap Menjadi Selebgram Bagi Pemula

Dzargon - Pengen jadi artis tapi belum punya manajer atau agen yang akan mengorbitkan kamu. Apasih yang tidak mungkin di zaman serba digital ini. Jika zaman dahulu dunia artis hanya diisi oleh orang yang itu-itu saja, saat ini semua orang bisa menjadi cepat terkenal dengan instan melalui kecanggihan dunia informasi dan teknologi.

Sebut saja Tasya Farasa, Ria Richis, Atta Halilintar atau Mail Lee, mereka mungkin belum pernah terlihat membintangi layar lebar dan sinetron seperti nama Chelsea Island atau seterkenal Isyana Sarasvati dengan suara merdunya, namun siapa sih orang Indoensia yang tidak kenal dengan mereka.

Kalau ada orang yang tidak mengenal mereka, kemungkinan besar tinggalnya di pedalaman yang kekurangan akses internet, karena sekalipun kamu tinggal di pedalaman tapi akses internet kamu luas, maka dunia sudah ada pada genggamanmu.

Menjadi Selebgram

Siapa lagi mereka jika merka bukanlah Selebgram. Selebgram adalah selebiritis yang mengorbitkan dirinya sendiri melalui akun media sosial seperti Facebook atau Instagram, meskipun lebih banyak diantranya yang menggunakan Instagram.

Selebgram sendiri juga terasosiasi pada mereka yang aktif di Youtuber namun menunjukkan sosok mereka di sana, bukan hanya sekedar re post atau re make konten orang lain seperti Calon Sarjana, namun karena Youtuber memiliki tema yang luas, maka belakangan ini Selebgram dan Youtuber condong dipsahkan oleh orang-orang.

Dalam artikel ini kali ini, kita hanya akan membahas bagaimana cara menjadi selebgram melalui akun media sosial yakni Instagram, namun cara ini juga cukup untuk dipraktekkan di Facebook atau lebih menggabungkan keduanya, mengingat Facebook dan Instagram berada di perusahan induk yang sama.

Tidak perlu berlama-lama berikut ini langkah-langkah menjadi Selebgram :

1. Konten Is a King

Konten is a King adalah kalimat yang paling mutakhir di dunia advertising termasuk dalam dunia Selebgram. Jadi ingatlah tugas utama seorang selebgram adalah membuat konten. Jangan pernah sekali-kali mencoba melakukan plagiat apalagi copy paste di konten kamu, karena dampaknya bisa fatal.

Dampak yang paling ringan mungkin saja kamu akan kehilangan kerja sama secara mendadak oleh produk dan sponsor yang tidak suka dengan Plagiator. Sedangkan dampak yang paling buruk adalah kamu harus berurusan dengan polisi karena dilaporkan melangar hak cipta.

Jadi jika kamu sudah memutuskan menjadi selebgram, maka hal yang ada dalam diri kamu adalah konten, karena konten is a King baik itu selebgram, youtuber, ataupun blogger.

Selebgram cantik dan manis HIjaber Ririn Putri Anjani
Feed dari Selbgram Cantik Aceh Ririn Putri Anjani

2. Bangun Personal Branding

Personal Branding bisa dikatakan sebagai imej yang melekat pada dirimu, jadi ketika kamu memutuskan untuk menjadi selebgram maka dirimu adalah hal yang harus dijual dalam artian posatif saja, oleh karena itu buatlah sehingga personalitimu memiliki nilai untuk dijual.

Karakter yang kelak melekat pada dirimu akan menjadi penentu jenis-jenis barang dan jasa apa saya nantinya akan mengunakan akun atau dirimu sebagai endorsment mereka.

Sebut saja jika kamu membangun karakter cantik dan bersih mungkin poroduk yang akan menawati mu kerja sama adalah produk kecantikan dan kosmetik, namun jika kamu membangun diri kamu sebagai karakter yang lucu dan fun mungkin ada banyak produk yang bisa kamu tawarkan atau mungkin saja kamu bakalan kebanjiran Job offair sebagai presenter dan pelawak di suatu acara.

Ada banyak karakter dan personal branding yang kamu bisa bangun, hal itu tentu saja tergantung dari pilihan kamu, tapi tips yang paling baik adalah pilihlah personal branding yang paling dekat dirimu, misalnya kalau kamu suka mendaki pada pilihlah Mountenering sebagai Niche instagram kamu.

Legging seksi dan ketat manis dan hot Andrea Dian
Feed Akun Isntagram Artis FTV @Andrea Dian

Sebagai panduan memilih personal Branding, berikut ini mungkin tata caranya.

  1. Tanya diri kamu mengenai kebiasaan yang kamu anggap memiliki nilai lebih dalam dirimu, apakah kamu pintar, cantik, suka danda, jago memilih baju, suka work out atau ke gym atau senang travelling.
  2. Untuk memastikan diri kamu memang benar-benar suka dengan personal branding yang kamu pilih, sebaiknya kamu kumpulkan foto-foto kamu di hardisk lalu lihatlah apakah pilihanmu memang mayoritas ada di album-album tersebut.
  3. Apakah pilihan yang kamu pilih memiliki nilai jual? Jika tidak carilah yang lebih dekat dengan kesukaanmu tapi memiliki nilai lebih dibandingkan pilihan yang telah kamu pilih diawal.
  4. Pikirkan kembali mengenai jenis konten yang mungkin akan memudahkan atau menyulitkan kamu saat membuat konten. Pertimbangkan pula kontinuitas dari konten-konten yang akan kamu bikin paling tidak harus selalu ada sesuatu yang baru di feed isntagram kamu.
  5. Percaya dirilah dengan pilihanmu. Jangan pernah tunjukkan kalau kamu tidak suka dnegan kontenmu sendiri, yah kecuali itu sudah ada unsur iklan di dalamnya.
Langkah lain yang mungkin kamu lakukan adalah buatlah beberapa informasi pendukun yang membuat branding kamu memiliki nilai seperti personal Blog dengan domain berbayar tentunya. Jangan khawatir domain berbayar murah kok, untuk domain .com dan .net saja biayanya tidak sampai 150 ribu setahun.

Jika memang masih ragi-ragu, tidak ada salahnya menggunakan bantuan WEB 2.0 gratisan seperti Blogger, Wordpress, Wix dan sejenisnya atau gunakan bantuan web penyedia jasa prodil keren seperti LinkedID, namun langkah ini sifatnya opsional dan bisa dilakukan belakangan.

Artis Cantik toge Siva Aprilia selebgram yang suka pakai bikini
Siva Aprilia Salah Satu Selebgram Life Style

3. Buatlah Konten yang Unik

Seperti yang dijelaskan pada point yang pertama, maka konten adalah jualan dari seorang selebgram, selebgram tanpa konten ibarat. Semakin banyak konten yang dibaut semakin banyak peluang kamu menjadi tenar dan populer, akan tetapi ini bukan berarti kamu harus memasukkan semua kegiatan kamu di feed instagram kamu.

Ada banyak konten yang bisa dimasukkan di intagram namun ide-nya tentu saja adalah konten yang menarik seperti konten yang bisa memberikan orang lain pengetahuan misalnya pengetahuan tentang fashion, tempat wisata, kuliner dan sejenisnya. Buat orang lain seakan merasa selalu perlu mengunjungi feed instagram kamu.

Tips : Sebagai bahan pertimbangan buatlah satu instagram yang konsisten dengan satu niche seperti wisata misalnya. Jadi orang-orang akan mengungjungi feed kamu jika mereka ingin melihat tempat-tempat wisata terbaru

Konten wisata kan mahal? Bayangkan berapa banyak urang yang saya harus keluarkan setiap kali saya jalan-jalan ke tempat wisata agar bisa mendapatkan satu foto saja?

Yah, selebgram adalah dunia creative, jadi ide segar selalu dibutuhkan disana. jadi untuk bisa mengisi feed instagram kamu harus selalu berfikir out of the box agar lain suka mengunjungi instagram kamu. misalnya kalau kamu punya rencana jalan-jalan ke Nusa Tenggara, buatlah konten yang tidak hanya membahas lokasi wisata di sana.

Mulai dari hal yang peling kecil, misalnya hunting tiket pesawat murah, jadwal yang paling baik ke Nusa Tenggara dan hal-hal yang berkaitan dengan aktifitas kamu disana. Sampai akhirnya orang bakalan menganggap jika Feed kamu berisi informasi penting setiap kali ke tempat wisata.

Jika sedang tidak bepergian misalnya, ada baiknya kamu update-update tips-tips wisata berita penting seputar dunia wisata, misalnya peringatan Travel Warning dan sejenisnya.

4. Pahami UI Instagram

Lah kok harus pahami UI? UI itu kan User Interface yakni sistem yang mengatur mekasinme interaksi user dan website? Saya mau jadi selebgram kok malah disuruh jadi webmaster dan web-developer.

Tenang, tingkat pemhaman UI-nya juga sederhana kok, paling tidak ada dua point penting. Yakni pertama adalah kotek displai dari Insgtaram untuk foto ukurannya ada tiga.

Pertama ketika di brnada ukurannya adalah 1 : 1, sehingga pertimbangkan foto kamu jika di krop di tangah tetap menunjukkan Komposisi dan POI dari foto kamu secara utuh.

Kedua, Displau Picture Instagram untuk format Potret tidak menunjukkan ukuran foto 2 : 3 yang menjadi komprasi defalut dari semua kamera, tapi hanya 4 : 5 sehingga foto terlihat lebih pendek. Tujuannya agar foto kamu bisa tampil utuh dilengkapi dengan nama akun pemilik yang ada di atas foto atau caption yang letaknya ada di bawah foto.

Mengapa ukuran foto ini penting? Agar Feed kamu bisa terlihat lebih cantik dengan menempatkan objek yang realatif sama agar feed kamu keren seperti feed dari akun @Ralfmorscheck di bawah ini :

Feed paling kece badai di Instagram
Feed Instagram Kace Badai dari @Ralfmorschek

5. ATM (Amati, Tiru, Modifikasi)

Kenapa kamu ingin jadi selebgram? Mungkin jawabanya ingin jadi seperti Atta Halilintar, Ria Richis atau Kim Kardarshian? Yah memang benr setiap orang memang punya idola dan tidak ada salahnya memiliki role model untuk ditiru.

Hanya saja ada hukum keras yang berlaku di Instagram, yakni hukum Plagiasi. Plagiasi ini adalah melakukan kopi paste konten orang lain langsung ke Feed-nya dna ini lah adalah hal yang sangat terlarang di dunia Internet, karena setiap orang bakalan langsung tau pelanggaran yang kamu lakukan.

Ingat saja kasus calon sarjana yang langsung dibully habis-habisan karena ketahuan copy paste, bukan tidak mungkin jika ada banyak orang yang melaporkan akun calon sarjana maka akun tersebut akan dibekukan oleh pihak Youtube.

Lantas bagaimana cara mendapatkan ide segar di dunia yang sudah banyak sekali ide?

Ingat ini adalah Industri Creative, jadi hanya orang kreatif yang bisa bertahan, mereka yang tidak kreatif bakalan pendek umurnya. Tapi tenang, mungkin maish ingat dengan istilah ATM, yakni Amati, Tiru, Modifikasi.

Mungkin kamu bisa meniru konsep dari Mail Lee yang balapan, namun jangan sampai persis sama, modifikasi sedikit, jika kamu sudah terbiasa memodifikasi lama kelamaan akan ada nilai kamu sendiri di setiap karya yang kamu posting di Instagram.

Youtuber seksi dan manis Calon sarjana
Kasus Kopi Paste dari Youtuber Calon Sarjana

6. Pahami Fungsi Search Enggine di Instagram.

Dalam dunia blog mungkin hal ini dikenal dengan nama Search Engine Optimation atau bahasa mudahnya bagaimana cara orang bisa dengan mudah menemukan situs kamu di internet. Hal yang harus jadi pertimbangan kamu sebagai selebgram adalah bagaimana cara orang lain dapat menemukan feed dan akun instagram kamu.

Caranya tentu saja ada banyak, namun mari kita urai beberapa cara yang mungkin bermanfaat bagi instagram kamu:

  1. Gunakan Caption yang berisi Hastag (#)- Instagram menggunakan script yang berbasis Hastag, artinya Instagram mengindeks Hastag sehingga orang-orang akan mencari hastag yang sedang populer, jadi buatlah hastag yang populer tapi harus ada hubungannya dengan Niche yang kamu gunakan, misalnya Niche Gashion bisa pakai Hastag #fashion #OOTD #hijab #dress #casual dan sejenisnya.
  2. Facebook Adsense - Jika kamu benar-benar serius ingin menjadi terkenal, tidak ada salahnya jika kamu bergabung dengan instagram bisnis dan mempromosikan akun kamu melalui Instagram adsense (facebook adsense), hanya saja kamu harus tunggu sampai feed instagram kamu sudah berisi banyak informasi.
  3. Promosi di Situs - Kamu juga bisa mendapatkan pengunjung atau viewer melalui promosi di situs-situs, jika tidak punya cukup uang, ada baiknya mempromosikan instagram kamu melalui forum-forum populer seperti kompasiana, kaskus, forum Detik dan sejenisnya.

7. Tentukan Waktu Posting

Instagram memiliki alur algoritma yang mirip dengan facebook, dimana hanya akan tayang dalam rentang waktu tertentu, biasanya tiga jam awal setelah diposting, setelah maka postingan kamu bakalan tenggelam dan tidak tayang lagi di beranda orang lain.

Dari sini harusnya kita paham, bahwa sebaiknya kita memposting sesuatu di jam-jam tersibuk isntagram atau pada waktu follower kamu asik online di instagram mereka. Pahami psikologis ini lakukan riset mengenai jam ini. 

Berdasarkan beberapa riset jam paling sibuk Instagram berada di prime time yakni jam 18.00 sampai dengan jam 21.00 maka postinglah sesuai pada jam-jam tersebut, tapi tidak mutlak juga sih sebenarnya kemabli lagi ke follower kamu.

Waktu paling bagus memposting di Instagram
Waktu paling bagus memposting di Instagram

8. Fokus Pada Follower

Tidak akan pernah ada artis dari seorang idola tanpa Fans, terutama mereka yang tujuannya komersil. Para artis sebenarnya tidak dibayar karena kemampuan dan karya mereka namun mereka dibayar karena fans mereka. 

Mungkin kita sekalin ini sudah sama-sama kenal beberapa selebritis Indonesia yang tidak memiliki kualiats sama sekali malah hanya terkenal dengan sensasinya, tapi mereka punya banyak penonton. Media tidak mementikan kualitas penonton yang penting ada banyak pasang mata yang melihat iklan yang tayang.

Sama dengan Selebgram, mereka tidak akan ada artinya tanpa follower, semakin banyak follower semakin populer juga dan semakin banyak pula orang yang ingin memasang iklan di akun isntagramnya. Jadi sampai disini faham kan mengepa selebgram harus mengutamakan follower?

Ajaklah follower kamu berkomunikasi dan jangan sampai kamu berantem dengan mereka di Instagram, ingat Instagram juga punya fasilitas report jadi baik-baiklah dengan mereka, jangan sampai mereka meningallkanmu satu-satunya.

Ada banyak strategi sebenarnya mendapatkan follower, misalnya strategi membuat akun menjadi private, sehingga orang-orang harus mengikuti kamu terlebih dahulu jika ingin melihat feed dan story kamu, namun apakah kamu yakin akunmu betul-betul membuat orang lain penasaran? Jika belum jangan lakukan strategi ini.

Cara yang lain adalah membeli follower dan banyak sekali jasa penjualan follower, namun sebaiknya follower yang kamu beli tidak lebih dari 20 sampai 30 % dari totoal follower asli kamu, soalnya para pemasang iklan juga sudah paham mana akun yang credible untuk dipasangi iklan, sebut saja mislanya follower kamu sudah sampai 10.000 tapi setiap kali kamu posting sesuatu ternyata jumlah likenya tidak sampai 1 persen, kan jadi aneh.

Ayu Ting Ting pamer paha mulus dan seksi di atas kapal Janda seksi
Ayu Ting Ting - Selebritis dengan Follower Terbanyak di Instagram

9. Buatlah Sensasi dan Kontroversi

Dalam dunia hiburan, terkadang sensai dan kontroversi itu dibutuhkan, sebut saja nama-nama berikut ini yang mungkin lebih dikenal orang dari sensasinya bukan dari karyanya seperti Nikita Mirzani, Vikcy Prasetyo, Awkarin, Anya Geraldine, Angel Lelga dan Mimi Peri.

Mereka adalah orang-rang yang dikenal karena sensainya kalau ditanya karya mereka mungkin agak sulit menjawab pertanyaan tersebut dan hanya orang-raong tertentu yang bisa menjawab, mungkin keluarga atau fans garis berat mereka.

Jadi buatlah sensasi!!!

Tap sebagai saran, janganlah mengikuti sensasi yang merendahkan harga diri kamu dan orang lain seperti Prank babang Ojek Online yang sudah setengah mati berupaya demi keluarga kamu malah mainin perasaan mereka.

Selebgram seksi Anya GEraldine paha mulus dan seksi


Akhir Kata : 
Nah itu dia 9 langkah muda menjadi selebgram melalui akun media sosial, cara tersebut merupakan langkah dasar dan nantikan langkah lain yang lebih Advanced hanya di dzargon.

FaQ (Freqruently Answered Question)

Mengapa saya harus menjadi selebgram?
Tidak mesti menjadi selebgram, tapi dengan menjadi selebgram kamu bisa menghasilkan uang tanpa harus keluar rumah lagi kecuali saat membuat feed-nya.

Apakah selebgram pemula bisa berpenghasilan layak?
Semua kembali ke usaha kamu dalam mengisi feed Instagram kamu, jika bagus maka potensi penghasilan tidak terbatas.

Bagaimana cara mendapatkan yang di Instagram?
Yah satu-satunya cara mendapatkan uang di instagram melalui endorse atau pengiklan langsung yang menguhubungi kamu. Instagram tidak terafiliasi dengan adsense seperti Youtube yang bisa mendapatkan uang melalui Google Adsense.

Niche apa saja yang bagus di Instagram?
Semua niche bagus namun belakangan ini yang produk yang paling banyak menggunakan instagram sebagai ilan adalah produk Fashion dan Gedget jadi bisa dikatakan niche Fashion, Kecantikan dan Teknologi adalah Niche yang paling menguntungkan.

Jika masih ada pertanyan lain silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah.