7 Momen Pas Mengenakan Kebaya - Pakaian Khas Wanita Jawa yang Telah meng-Indonesia

Dzargon - Pasti kalain pala ledies sudah tau dong yang namanya Kebaya. Jenis Fashion Item yang sangat dekat dengan wanita Indonesia.

Bisa dikatakan pakaian ini adalah pakaian kuno yang masih bertahan, dan jika jalan-jalan ke tanah jawa, pakaian ini sangat dekat dengan pakaian embah-embah yang sudah tua, terutama ketika jalan-jalan ke daerah istimewa Yogyakarta.

Namun Imej Kebaya sebagai pakaian bagi para ibu-ibu yang sudah tua kini mulai bergeser dengan digalakkan hari memakai kebaya, yah paling tidak pada acara formal dan peringatan hariu kartini.

Hasilnya banyak disainer yang kini menjadi kebaya sebagai salah satu fokus dari rancangan mereka dan  ahkhirnya meneteaskna banyak karya yang tetap melibatkan kebaya namun dengan cita rasa modern.

Cita rasa yang yang membuat wanita penggunan tidak ketinggalan zaman justru malah semakin cantik dan elegan.

Kebaya seksi dan manis Pakaian dan seragam Indonesia

Nah adapun hari-hari yang cocok untuk mengenakan kebaya seperti beberapa momen berikut.

1. Kondangan

Momen yang pertama tentu saja saat menghadiri kondangan. Kebaya menjadi lambang wanita dewasa dan pesta pernikahan dianggap hanya dihadiri oleh mereka yang sudah dewasa.

Salah satu cara agar bisa terlihat dewasa dan juga elegan adalah kebaya. Hampir seluruh wanita akan mengenakan kebaya saat ke kodangan dan dianggap setara dengan dress modern ciptaan dunia barat.

Bahan dan model kebaya seksi untuk ke undangan manis pakai ijab seksi

2. Lamaran dan Pernikahan

Masa ia sih tamu undangan tampil lebih formal dengan kebayanya dibanidngkan yang punya hajatan yakni mempelai wanita.

Yah bagi mereka yang tidak mengenakan pakaian adat daerah, maka kebanyakan para wanita akan mengenakan Kebaya baik itu pada profesi lamaran sampai akhirnya acara pernikahan karena pakaian ini sudah cukup formal dan juga cantik.

Citra Kirana artis seksi pakai kebaya saat lamaran

3. Wisuda

Wisuda memang hanya sehari, tapi perjuangan yang ditempush seorang mahasiswi untuk mendapatkan gelar sarjana tidaklah mudah.

Mereka harus berjuang melawan rasa malas dan marah karena memenuhi permintaan dosen pembimbing, jadi wajar donk kalau para mahasiswi yang wisuda ingin tampil sempurna dengan unsur formal dengan kebaya di hari wisuda mereka.

Kecuali mahasiswa, kalau ada mahasiswa yang pake kebaya di hari wisuda sepertinya keterlaluan.

Natasha Wilona seksi pakai Kebata

4. Hari Ibadah Umat Hindu

Banyak wanita bali yang datang ke pura untuk memperingati hari keagaaman mereka dengan tampil cantik dan sopan, salah satunya adalah pakaian jenis kebaya yang sering terlihat di jalan-jalan di Bali ketika mereka memperingati hari keagaaman Hindu, yah kecuali hari raya Nyepi dimana mereka akan menghabiskan waktu di dalam kamar.

Yah Hindu Indonesia memang menjadi salah satu agama paling tua di Indonesia, jadi wajar saja jika upacara hari keagaamaan sangat erat dengan kearifan lokal.

Cewek manis bali pakai kebaya seksi ke pura sarung gadis desa

5. Peringatan Hari Kartini

Meskipun belum ada undang-undang dan peraturan yang mengatur mengenai pakain resmi wanita saat memperingati hari Kartini, namun sepertinya semua wanita di Indonesia sudah sepakat untuk menggunakan kebaya di hari tersebut, termasuk saat ke kantor.

Para wanita Indonesia biasanya berusaha tampil cantik dan manis pada tanggal 21 April dan berlomba-lomba menampilkan kebaya terbaik mereka sekalipun itu dikantor.

Putri Indonesia pamer paha mulus pakai Kebaya

6. Seragam Sekolah

Beberapa sekolah di Daerah Istimewa Yogyakarta mewajibkan siswa mereka menggunakan kebaya pada hari-hari tertentu. Biasanya kebaya banyak digunakan pada peringatan hari Kartini dan Sumpah Pemuda.

Hal ini bertujuan agar siswi-siswi kita tidak lupa dengan budaya mereka sendiri dan belajar mencintai pakaian khas wanita Indonesia.

Kebaya manis dan seksi untuk Siswi SMA

7. Hari Kemerdekaan Indonesia

Pada peringatan hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 agustus, akan dilakukan upacara rutin di banyak instansi bahkan sampai di Istana Negara.

Upacara ini juga banyak melibatkan srikandi Indonesia yang dianggap membawa perubahan bagi Indonesia termasuk para menteri dan pejabat teras negara. Mereka kebanyakan akan hadir di upcara 17 agustus menggunakan kebaya.

Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani


Akhir Kata:
Jadi sudah tau kapan hari-hari yang cocok mengenakan kebaya kan? Jika kamu memang wanita Indonesia, tentunya sudah punya kebaya donk di dalam lemari kamu.

Termasuk juga para Hijaber yang saat ini sedang tumbuh pesat di Indonesia, tapi perlu dipertimbangkan jenis kebaya yang cocok dengan pakaian kamu yang sudah beriktiar untuk menutup aurat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel