4 Alasan Mengapa Memilih Genre Fotografi Landscape Itu Keren

Dzargon - Genre dan aliran dalam dunia fotografi sepertinya ada banyak sekali, sebanyak jumlah objek yang bisa difoto, mulai dari modeling, wild life, street, travelling dan banyak lagi.

Salah satu genre fotografi yang paling banyak digemari orang di seluruh dunia sepertinya adalah fotografi Landscape, baik itu fotografer Profesional maupun pemula, namun mengapa Fotografi Landscape itu begitu keren? Berikut ini paling alasannya.

1. Alat Fotografi yang relative Murah.

Alat apa yang saya butuhkan untuk fotografi landscape? Sepertinya jawabannya adalah seri Canon atau Nikon yang paling murah sudah cukup. Belum lagi seri Canon dan Nikon termurah biasanya sudah sepaket dengan lensa kit 18-55 mm. Kirang Wide bagaimana lagi coba?

Coba bandingkan dengan Genre fotografi model yang butuh ligthing yang super mahal, kalau yang murah kadang cahayanya kurang alami, kurang cerah kurangnya banyak deh. Mau dibandingkan dengan motret teknik Panning seperti Sport dan Birding?

Sebaiknya jangan, kalau Lensa kamu cuman punya satu IS itu gak cukup buat ngimbangain gerakan lensa kamu, belum lagi ukurannya yang tele sepanjang harganya. Kalau fotografi landscape sepertinya lensa kit yang autofokusnya saja rusak masih bisa digunakan karena objeknya cenderung diam.

Gak punya kamera DSRL pun sepertinya tidak masalah, belakangan ini kamera Handphone sudah cukup mumpuni dengan lensa super lebar dan kualitas sensor yang tajam. Kita gak perlu boke dengan lensa bukaan besar di fotografi Landscape, kecuali kamu-nya agak maksa.

Teknik Fotografi Long Exposure

2. Istri gak Perlu Marah

Buat kalian fotografer pemula atau Fotografer wanna be namun sudah punya pasangan seperti harus mikir dua kali untuk terjun ke fotografer modelling. Kecuali pasangan kamu ngerti, kalau tidak, kira-kira kalimat apa yang keluar dari mulut seorang wanita melihat suaminya nyimpan foto model dengan konsep bikini di Handphone?

Kagak usah jawab deh, sepertinya sudah banyak yang tebak. Coba saja bandingkan dengan posisi kamu yang punya istri hobi fotografi lalu doi motoin cowok-cowok kekar dengan wajah lebih guanteng dari kamu?

Tapi hal ini tentu saja berbeda kalau kamu suka dengan fotografi Landscape, ceritanya beda lagi. Apalagi kalau kamu ngajak do'i buat hunting bareng, bisa sekalian nge-date kan atau ingat-ingat masa pacaran dulu.

Foto pantai yang indah dan ekstrem

3. Indonesia Itu Surga Bagi Landscaper

Terletak di khatulistiwa, dengan iklim Hujan Tropis yang dianugrahi hutan rimba dan paku-paku bumi yang menjulang tinggi seperti Semeru, Salak, Argopuro, Kerinci, Puncak Jaya dan banyak lagi seperti membuat Indonesia menjadi salah satu Surga bagi para Landscaper.

Belum lagi ditambah dengan bentuk Archipelago yang terdiri dari jutaan pulau membuat Landscaper di negara ini tidak akan pernah memiliki cukup memori untuk menyimpan semua keindahan alam yanga ada di Indonesia.

Jadi sudahlah, tidak usah pikir panjang ayo pasang tripod kamu, kita hunting keindahan alam di Indonesia.

Foto LAndscape Gunung Bromo Berkabung Subuh haru indah

4. Mendukung Gerakan Pelestarian Alam

Yup masalah dunia saat ini adalah masalah pelestarian alam, namun masalah tersebut terkadang tidak disadari oleh banyak orang.

Foto Landscape akan menjadi alat dan media yang indah untuk menyampaikan masalah dan harapan para pemerhati lingkungan. Sebut saja sampah yang ada di pantai dan dilautan akan menjadi peringatan kecil bagi orang lain, bahkan masalah lingkungan kita memang ada.

Jika kita berhasil mengabadikan foto bentang alam yang indah, maka selalu ada harapan untuk menjaganya tetap seperti itu. Hal ini seperti yang dilakukan para founder fotografi landscape seperti Ansel Adam yang berhasil memaksa kongres Amerika untuk meresmikan Taman Nasional Pertama di Amerika.