Mitos Mengerikan Seputar Cermin Dari Berbagai Penjuru Dunia

Dzargon - Cermin mungkin penemuan paling tua yang sampai hari ini belum memiliki penggati, jikalaupun ada mungkin satu-satunya yang bisa menggantikan cermin adalah kamera depan layar Handphone itupun dengan ukuran bayangan yang terbentuk jauh lebih kecil dari ukuran aslinya.

A. Sejarah Cermin

Cermin pertama kali ditemukan saat kepingan batu Obsidian ditemukan. Kepingan ini memiliki struktur yang terbentuk secara alami akibat pendinginan batu Vulkanik. Pada awalnya batuan Obisidan ini ditemukan di Anatolia yang saat ini dikenal sebagai bagian wilayah dari Turki. Cermin tersebut diperkirakan sudah berusia 8000 tahun atau 6000 tahun SM.

Orang-orang di benua Amerika sendiri sudah mengenal cermin sekitar tahun 2000 SM, lalu di Mesopotomia, cermin yang lebih modern di bandingkan cermin di Anatolia telah ditemukan sekitar 4000 SM. Cermin ini kemudian di bawa ke Mesir dan orang-orang mesir mengenal cermin sejak tahun 3000 SM.

Cermin modern pertama ditemukan di Sidon Libanon pada abad pertama. Cermin memiliki punggung yang berlapis logam yang hampir serupa dengan crmin-cermin di masa kini, namun proses pembuatan yang begitu sulit pada zaman tersebut membuat banyak orang yang masih memiliki pengetahuan sains menganggap cermin adalah warisan dari para dewa, entah itu dewa yang baik ataupun dewa-dewa yang jahat.

B. Mitos-Mitos Seputar Cermin

Sulitnya ilmu pengetahuan pada masa tersebut membuat banyak mitos yang beredar mengenai cermin dan dunia di dalamnya karena dianggap memiliki ruang yang pararel dengan dunia nyata. Mitos tentu saja menjadi pengingat yang tidak memiliki tanggung jawab secar asains namun terkadang melakukan pantangan justru terjadi hal yang buruk.

Apakah hal tersebut cuman kebetulan semata atau memang memiliki kolerasi kuat yang tidak mampu disadur oleh rasio manusia.

#1. Dunia Lain Dalam Cermin

Dari sekian banyak mitos, sepertinya mitos dunia lain dalam cermin menjadi mitos yang paling banyak dipercaya dan bahkan sering sekali menjadi langganan scene horor di film-film. Sebut saja mitos yang dunia lain di cermin pada game dan film berjudul Silent Hill dimana mereka akan masuk ke dunia orang mati ketika menyentuh cermin tepat tengah malam di Silent Hills.

Cermin dianggap memiliki ruangan yang pararel dengan dunia nyata, sehingga ada kemungkinan hal-hal yang terjadi di balik cermin tidak selamanya persis sama dengan apa yang ada di dunia nyata.

Ada banyak mitos, bahkan di Indonesia juga yang melarang seseorang berlama-lama di depan Cermin terutama pada malam hari karena di khawatirkan akan ada penampkan mahluk tidak kasat mata pada cermin tersebut.

Konsep fotografer horo dengan cermin di tengah hutan

2. Blody Mary

Pada zaman dahulu kala ada seorang wanita bernama Mary yang tewas mengerikan di depan sebuah cerman. Mary dibunuh oleh sang kekasih dengan benda tajam sehingga darahnya bercucuran. Arwahnya tidak terima dirinya dibunuh namun karena matinya di depan Cermin, Arwah Marry justru tersesat di dalam cermin.

Cerita pembunuhan ini pun beredar ke seantero Amerika Serikat sampai ahirnya beredar rumor jika kamu mengucapkan namanya "Bloody Marry" sampai tiga kali di depan cermin, maka pada malam harinya Mary akan mendatangimu.

Hal ini menimbulkan efek psikis yang sangat besar di Amerika Serikat kala itu, dimana banyak orang yang mewanti-wanti diri mereka untuk idak mengucapkan Blody Marry di depan cermin, malah justru mengucapkan hal tersebut.

Setelah mengucapkan hal tersebut tentu saja si pengucap mendapatkan efek ketakutan dari yang ia bangun sendiri, hasilnya terkadang setelah hal tersebut dilakukan terjadi kecelakaan yang membuat Mitos ini semakin ditakuti.

3. Roh yang Tersesat

Orang-Orang Gipsi di Inggris terkenal sebagai salah satu ahli nujum terbaik dunia. Kemampuan mereka terkenal jago mulai dari meramal menggunakan kartu tarot, mengobati ilmu sihir sampai mengirimkan guna-guna ke orang lain.

Suku Gipsy percaya jika seseorang meninggal di dalam rumah, jangan pernah sekali-kali melihat ke dalam cermin, karena di percaya cermin itu memiliki daya tarik yang kuat terhadap roh.

Hasilnya orang-orang Gipsy selalu menutup cermin mereka dengan kain hitam selama masa berkabung agar arwah kelaurga mereka tidak tersesat ke dunia cermin yang harusnya ke dunia Roh. Mereka juga yakin Cermin hanya memiliki satu pintu masuk tanpa pintu keluar.

Roh yang tersesat di dalam cermin

4. Cermin Retak

Jangan bercermin di cermin retak yah karena bayangan yang terbentuk tidaklah jelas, namun larangan  ini juga punya cerita horor di baliknya, bahkan berlaku di seluruh dunia.

Konon jika seseorang dengan sengaja bercermin di cermin yang sudah retak maka akan diintai oleh dewa kesialan, namun jika tidak sengaja cermin tersebut terpegang konon keluarga terdekat akan segera meninggal.

5. Memunggumi Cermin

Konon jika kamu ingin lebih awet muda, jangan tidur sambil memunggumi cermin. Mitos ini justru berasal dari Jawa, hal ini juga yang membuat orang-orang jawa berhati-hati menempatkan cermin dalam kamar mereka dan biasanya selalu pararel dengan arah tempat tidur dan tidak tegak lurus.

Mitos ini juga berlaku bagi orang-orang Tionghoa yang percaya jika memunggungi cermin. Banyak ahli Fengshui berpendapat jika energi Yin dari diri kita bakalan marah karena diceukin.

Akhir Kata
Nah itu dia tadi beberapa mitos mengenai cermin yang mungkin juga di daerah kamu juga terdapat mitos. Namanya mitos bisa dipercaya juga bisa tidak namun jangan samapi membaca ini agan-agan jadi takut bercermin.

0 Response to "Mitos Mengerikan Seputar Cermin Dari Berbagai Penjuru Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel