Kisah Nabi Sulaiman Menangkap Iblis yang Membuat Jadi Sepi Sekalgius Kacau

Dzargon - Al kisah, Nabi Sulaiman A.S. adalah hamba Allah S.W.T yang diberikan cincin bertuah dimana cincin tersebut membuat putra dari Nabi Daud ini bisa mengendali Jin, Setan, Binatang, bahkan sampai angin sekalipun.

Banyak riwayat diberbagai kitab dikisahkan dengan berbagai cara bahwa Nabi Sulaiman bahakn mempekerjakan Jin dan Setan untuk mebawa batu-batuan, pasir, serta material yang digunakan untuk membangun istana.

Suatu ketika Nabi Sulaiman dikisahkan sedang bermunajat kepada Allah S.W.T agar diberikan kekuasaan untuk menangkap Iblis, satu-satunya mahluk yang tidka bisa ditaklukan dengan cincin pemberian Allah S.W.T kepada dirinya.

"Ya Allah, aku ingin menangkap iblis, memenjarkaan mereka, merantai serta mengikatnya agar manusia tidak lagi melakukan dosa dan maksiat," begitu kurang lebih doa yang dihanturkan Nabi Sulaiman A.S.

Sebelum mengabulkan doa nabi Sulaiman, Allah S.W.T sebenarnya memperingatkan nabi Sulaiman jika menangkan dan memejerakan Iblis tidak ada baiknya bagi kehidupan dunia. Namun, Nabi Sulaiman tetap memohon.

Akhirnya dengan Izin Allah S.W.T. Nabi Sulaiman pun akhirnya memiliki kekuatan untuk menangkap mahluk tertua di dunia ini, karena Iblis jauh lebih dahulu diciptakan jika dibandingkan dengan Manusia yang terbuat dari tanah.

Ilustrasi Iblis Seram penggodamanusia
Ilustrasi Iblis Penggoda Manusia

Pasar Jadi Sunyi

Setelah menangkap Iblis, Nabi Sulaiman kemudian menjalankan kehidupannya sehari-hari sebagaimana mestinya, kemudian Nabi Sulaiman mengutus pesuruhnya ke Pasar untuk memenuhi keperluan dapurnya.

Konon, Nabi Sulaiman setiap hari memasak sekitar 4000 unta, 5000 unta dan 6000 kambing untuk keperluan Istana dan juga dibagikan kepada seluruh masyarakat dan anggota kerajaan. Setelah seharian, utusan Nabi kembali ke istana namun kali ini tidak ada hal yang dibawa untuk dimasak.

Nabi-pun bertanya kepada utusannya, "Apa yang terjadi?"

"Kami tidak tahu, ya Nabiullah," jawab utusannya.'

Hasilnya, jadilah malam hari Nabi hanya meminum air. Hari berikutnya pun berlangsung sama, dimana pasar selalu tutup dan tidak ada orang yang bekerja mencari nafkah. Akhirnya Nabi Sulaiman bertanya kepada Allah S.W.T, perihal malasnya orang mencari nafkah.

Lalu dijawablah oleh Allah S.W.T melalui perantara Jibril. "Wahai Sulaiman, engaku telah menangkap seluruh Iblis, sehingga membuat manusia tidak bergairah lagi mencari nafkah. Bukannya sebelumnya telah disampaikan oleh Allah S.W.T. kepadamu untuk tidak menangkapi mereka?"

Mendengar penjelasan tersebut, akhirnya Nabi Sulaiman baru sadar akan peringatan Allah S.W.T kepada dirinya sebelumnya. Akhirnya Nabi-pun memutuskan untuk melepaskan para iblis sebagai mana biasanya.

Tidak beberapa lama kemduain, akhirnya kehidupan di Bumi kembali normal dan pasarpun kembali ramai dengan jual beli.

0 Response to "Kisah Nabi Sulaiman Menangkap Iblis yang Membuat Jadi Sepi Sekalgius Kacau"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel