Oppo Merajai Pasar Internasional Smartphone, iPhone?

Apple

Dzargon - Setelah Counterpoint merilis brand ponsel pintar kuartal kedua di Indonesia yang menunjukkan Oppo menduduki peringkat ketiga brand tersebut mengisyaratkan kekuatan Oppo di pasar indonesia. Dominasi produk China tidak hanya terjadi di Indonesia saja tetapi juga sudah merambah dunia internasional.

Bukan iPhone tetapi kini Oppo dimahkotai sebagai Raja smartphone dunia. Tentunya hal ini dilatar belakangi oleh pertumbuhan penjualan produk Oppo secara internasional yang kian meningkat hingga mampu menggeser iPhone, produk andalan Apple. Sekarang ini Oppo mencatatkan dirinya sebagai produsen smartphone terbesar setelah Huawei dan Samsung.

Berdasarkan riset yang dilakukan IHSMarkit terungkap bahwa angka penjualan produk Apple hanya menyentuh harga 11% dimana Oppo juga menyentuh nilai tersebut. Walaupun dalam pangsa pasar memiliki persen yang sama, tetapi dalam hal shipment Oppo mengungguli Apple. Tercatat ada lebih 900.000 unit Oppo yang terjual dibandingkan Apple.

Pada peringkat ketiga terdapat Huawei yang mempunyai angka pangsa pasar lebih besar sebesar 18% dengan shipment mencapai 58,7 unit sedangkan rival Apple yakni Samsung mencatatkan market share nya sebesar 23% dengan angka shipment sebesar 75,1 Juta unit smartphone.

Jika kita kembali melihat rekam jejak Apple dipercaturan smartphone dunia, memang terus mengalami penurunan drastis walaupun sempat penjualannya naik satu persen pada kuartal satu tahun 2019. Sedangkan pada kuartal selanjutnya, Apple kembali mengalami penurunan penjualan hingga dua persendibandingkan tahun sebelumnya di kuartal yang sama.

Para analis pun segera melakukan analisis terhadap permasalahan Apple saat ini. Untuk beberapa negara berkembang Apple mungkin menjadi ponselnya para gedongan dengan harga yang tidak ramah dikantong. Tidak hanya itu, analis mendapatkan hasil riset yang melaporkan bahwa banyak para pengguna iPhone dengan seri lama tidak mengupgrade perangkatnya dengan seri yang lebih baru.

Ditambah lagi dengan layanan tukar tambah ponsel lama dengan ponsel baru yang diinginkan pengguna juga membuat minat para pengguna melirik ponsel flagship lainnya. Untuk Oppo sendiri di pasar Indonesia memiliki peminat yang banyak. Hal ini dikarenakan oleh layanan pembayaran ponsel yang dapat dicicil, pemasangan harga nasional sehingga tidak terdapat perbedaan harga walaupun di daerah pelosok, serta harga ponselnya yang cukup bersahabat dengan masyarakat pada level entry.

Kabarnya saat ini, Apple sedang mempersiapkan iPhone 11 yang merupakan generasi penerus setelah iPhone XS yang kabarnya akan segera meluncur ke pasaran pada september mendatang.

Kita tunggu saja sepak terjang Apple dengan produk andalannya iPhone 11, akankah iPhone 11 akan menjadi Dewa Penyelamat iPhone dari lesunya pasar internasional?

Kita lihat saja nanti!

0 Response to "Oppo Merajai Pasar Internasional Smartphone, iPhone?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel