iPhone Berstatus Searching Atau No Servis? Berikut Cara Mengatasinya

IPhone X

Dzargon - Walaupun disebut sebagai smartphone paling canggih tetapi tetap saja iPhone kadang kala memiliki kekurangan seperti smartphone lainnya. Contohnya masalah No Service mengindikasikan sistem sedang eror. Tidak hanya terjadi pada smartphone android tetapi hal ini juga terjadi pada iPhone.

Biasanya ponsel kita mengalami eror atau No Service pada bagian Bar kiri atas, Pernah mengalami hal ini pada iPhone atau iPad Anda? Berikut cara-cara memecahkan dan mengecek masalah No Service dan searching tersebut, Simak ya Panduan dari MakeMac ini :

Sinyal Mesti Normal 

Sinyal merupakan kebutuhan primer dalam menjalankan sistem baik itu smartphone ataupun iPad secara maksimal, begitu juga dalam menyelesaikan masalah eror. Pastikan ponsel anda berada dalam cakupan jaringan atau sinyal yang kuat dan memadai sehingga provider jaringan Anda dapat mendukung Anda juga.

Hindari daerah dengan dataran rendah atau di bawah tanah, tepian kota atau hutan dan sejenisnya.

Pastikan Pengaturan Cellular Data

Pastikan selalu mengecek pengaturan Data Selular Anda jika masalah No Service atau Searching menyerang iPhone atau iPad Anda.

Caranya, pilih menu Settings -> Celluar Data -> ON
hal ini bertujuan agar ponsel Anda tetap dalam jangkauan sinyal seluler yang memadai.

Jika Anda adalah seseorang yang suka traveling atau melancong ke luar negeri, maka Anda harus memastikan pengaturan Roaming telah teraktifkan. Pilih menu Settings -> Celluar -> Cellular data option -> Data Roaming -> ON

Mulai Lagi Perangkat iPhone atau iPad Anda

Solusi lainnya yang dapat menjadi pilihan solusi Anda jika ponsel atau iPad Anda tetap dalam kondisi No Service atau searching adalah dengan cara memulai lagi menyalakan sistem. Untuk dapat memulai lagi sistem seperti dari awal adalah dengan memilih fitur Restart.

Jika kamu pengguna iPhone atau iPad yang sebelumnya belum pernah memiliki pengalaman dalam me-restart perangkat milik Anda, maka pihak Apple telah memudahkan Anda dengan menampilkan panduan memulai Lagi pada halaman Apple Support.

Jalankan Update Carrier Setting

Update Carrier Setting biasanya digunakan jika hal tersebut berhubungan dengan safety user atau perangkat. Hal ini disebabkan karena pihak operator sendiri perlu untuk memberikan updating pengaturan pada perangkatnya. Jadi kesimpulannya Carrier Setting merupakan pengaturan selular yang diberikan oleh pihak operator untuk proses updating system.

Adapun cara melalukan Update Carrier Setting yakni dengan menghubungkan ponsel iPhone Anda dengan interner baik itu melalui koneksi data seluler, hotspot, atau wifi. Jika sudah terkkoneksi, maka pilih menu Settings -> General -> About.

Tampilan dialog akan muncul di layar ponsel Anda jika update carrier settings memang diperlukan. Setelah meminta persetujuan Anda, maka sistem akan melalukan proses Restart, itupun jika user menyetujuinya.

Melepaskan, Memasang atau Mengganti SIM Card yang Anda gunakan

Ini mungkin hal paling sederhana yang dipaparkan dalam menyelesaikan masalah No Service atau Searcing pada iPhone atau iPad Anda. Silakan cabut SIM card dan kembali masukkan. Bisa saja sebelumnya ada debu atau kotoran lain yang membuat koneksi SIM Card bermasalah. Setelah mematikan ponsel Anda, lepaskan dan masukkan kembali SIM Card Anda. Kemungkinan pada dudukan SIM Card Anda terdapat debu, kotoran atau benda asing yang menyebabkan masalah koneksi pada perangkat Anda.

Hal lainnya yang dapat kalian tempuh adalah dengan mengajukan klaim penggantian SIM Card kepada pihak provider jaringan yang Anda gunakan. Bisa jadi SIM Card yang Anda pakai telah rusak atau kuningannya bermasalah sehingga menimbulkan masalah Searching atau No Service pada ponsel Anda.

Reset Pengaturan Network Anda

Selanjutnya, tips yang bisa menjadi jalan keluar Anda adalah Reset Network Settings

Untuk dapat melaksanakan operasi ini maka sebelumnya pilih menu Setting -> General -> Reset -> Reset Network Settings.

Reset Network Settings ini tidak akan menghilangkan data pada ponsel Anda. Reseting ini hanya akan berdampak pada hilangnya pengaturan kata kunci atau sandi Wi-Fi, Pengaruran Seluler, VPN dan APN yang telah ANda setting itu hilang.

Lakukan updating iOS

Sudahkah Anda meng-update iOS pada iPhone atau iPad Anda? Jika masih ragu, tidak ada salahnya Anda melakukan update iOS. Sebelumnya, Anda harus mengetahui Software apa saja yang mesti update dengan cara mengunduhnya.

Caranya seperti biasa, masuk ke menu Settings -> General-> Software Update untuk dapat memerintahkan sistem mengupdate iOS iPhone atau iPad Anda.

Aplikasi lain yang dapat Anda gunakan untuk updating iOS adalah melalui iTubes di PC Anda.

Bawa Hardware Anda ke Apple

Jika seluruh cara di atas telah Anda jalankan tetapi perangkat iPhone atau iPad Anda masih dalam kondisi yang sama, No Service atau Searching, maka tidak salah mencurigai Hardware perangkat Anda.

Jika benar, maka Anda perlu membawanya ke Apple Center untuk pengecekan dan perbaikan lebih lanjut.

Biasanya setiap pembelian produk Apple memiliki garansi satu tahun untuk penggantian atau service sehingga jika terdapat masalah maka pengevekan maupun servicenya masih gratis. Sebagai alternatif lainnya, Anda dapat membawa iPhone atau iPad Anda ke pihak teknisi yang Anda percaya.

Apakah kalian salah satu pengguna iPhone atau iPad yang perangkatnya pernah mengalami No service atau Searching?

Jika iya, kalian bisa membagikan pengalaman dan solusi Anda melalui kolom komentar di bawah ini!

0 Response to "iPhone Berstatus Searching Atau No Servis? Berikut Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel