Dianugerahi Bebas Burn-In, Inilah Samsung QLED TV

Samsung QLED TV

Dzargon - Samsung kembali menunjukkan taringnya dengan menjadi produsen Televisi yang meraih predikat bebas Burn-In melalui produk merek Samsung QLED TV yang berarti QLED TV mampu menampilkan gambar yang tidak mengalami penurunan kualitas gambar.

Kejadian Burn-In sendiri terjadi jika gambar yang dihasilkan televisi mengakibatkan bekas permanen berupa noda hitam pada layar televisi. Hal ini terjadi biasanya dikarenakan oleh gambar statis, contohnya logo saluran televisi atau status pemain yang seringkali ditampilkan dalam mode video gim. Televisi yang secara kontinu menampilkan gambar tersebut dapat mengakibatkan layar televisi menampilkan gambar yang berbeda.

Lemahnya televisi terhadap kemungkinan burn-in menjadi salah satu faktor yang menentukan ketahanan televisi. Walaupun seluruh layar LED eksistensinya menurun seiring dengan waktu, pengaruh buruk burn-in ini menjadikan kualitas-kualitas gambar turun drastis.

Kebanyakan dari pemakai televisi berharap daya tahan televisi mereka 7 - 10 tahun yang hal ini didasarkan pada penggunaan tipikal, tetapi perubahan cara menikmati konten televisi menjadikan defenisi penggunaan tipikal pun juga bergeser.

Kecenderungan menonton secara maraton atau terus menerus (binge-watching) membuat pola cara menikmati konten berubah. Di samping itu,  berbagai fungsi smart televisi yang diberikan juga menjadi faktor yang mendukung hal tersebut terjadi. Akhir-akhir ini, televisi semakin sering digunakan dalam keperluan gim yang dimana prosesnya melalui internet hingga keperluan mengelolah perangkat IoT.

Fitur yang disajikan semakin dinamis pula dan membuat layar televisi bekerja keras, utamanya pada dukungan terhadap konten HDR yang membuat tampilan layar lebih cerah dan tajam baik itu film hingga video gim. Seluruh hal tadi sangat memberikan kemungkinan burn-in terjadi sehingga akibat fatalnya adalah menurunnya daya tahan televisi.

Maka dari itu, Samsung hadir menawarkan solusi melalui fitur untuk meningkatkan penggunaan layar tv dalam mode Ambient. Konten ini sendiri menunjukkan gambar yang sangat indah layaknya karya seni dan kumpulan foto saat tv dimatikan. Hal ini mengisyaratkan bahwa screen tv terus menerus memancarkan cahaya dalam kondisi off.

Majalah Video yang berasal dari Jerman menganugerahkan sertifikat bebas burn-in kepada Samsung QLED. Pihak Video sendiri mengasesmen daya tampilan produk berbagai televisi dalam menampilkan performa yang maksimal dalam mode video HDR, dimana proses asesmennya sendiri melalui Uji Coba yang berkolaborasi dengan Connect Testlab.

Dalam Uji Cobanya, Samsung QLED diuji untuk menampilkan urutan gambar kotak yang beraturan pada bidang hitam pekat dan sangat terang dalam kurun waktu yang lebih lama. Para ahli teknik bergelar Insinyur yang menguji coba memberikan tambahan elemen teks variabel serta bingkaiputih intermen pada gambar yang diujikan sehingga proses detekdi still otomatis untuk tv HDR modern tidak mampu dioperasikan. Kondisi sangat menolong pihak penguji untuk mensimulasikan proses gim.

Samsung QLED bebas burnin dan afterglow disimpulkan berdasarkan tes stress yang dilakukan selama 72 jam. Berdasarkan hasilnya diperoleh bahwa tidak terdapatnya noda hitam pada screen tv QLED selam gambar gim ditampilkan.

Rahasia Samsung QLED bebas burn-in dikarenakan oleh teknologi yang digunakan tv tersebut. Quantum dots anorganik digunakan untuk mengurangi resiko burn-in karena quantum dots anorganik mampu mentransfer foton dengan baik sehingga aliran foton tidak tersedat dan mengalami burn-in. Sedangkan quantum dots organik membuat pancaran cahaya quantum dots tidak meredup dalam waktu yang lama.

Selain dianugerahi bebas burn-in, Samsung QLED juga menuai pujian decak kagum Rtings.com akibat kualitas quantum dots yang ditampilkan Samsung dalam uji retensi gambar. Logo yang beraneka warna ditampilkan oleh QLED dalam kurun waktu 10 menit dengan ukuran tes yaitu seberapa lama gambar tersebut hilang secara total dari layar.

"Samsung mengeluarkan QLED untuk memenuhi kebutuhan konsumen kami saat ini" tutur Vice President Visual Display Business Samsung Electronics.

"Quantum Dots yang mengakibatkan tv lebih tahan lama dan meningkatkan kemampuan mengekspresikan volume warna secara maksimal 100% yang juga memungkinkan QLED TV memanjakan konsumen dengan tingkat kualitas gambar yang bersifat konsisten dan tahan selama bertahun-tahun.

0 Response to "Dianugerahi Bebas Burn-In, Inilah Samsung QLED TV"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel