Mengenal Cabe Rawit Domba - Bird's Eye Chili Papper

Mengenal Cabe Rawit Domba

Dzargon - Cabe rawit domba atau yang dikenal dalam bahasa sebagai Bird's Eye Chili Papper merupakan cabai dari spesies Capsicum annuum yang banyak tumbuh di daerah beriklim basah tropis seperti Ethophia dan Asia Tenggara. Cabe ini merupakan kerabat dari Capsicum frutescens yakni spesies cabai yang tumbuhnya menghadap ke langit.

Cabe Rawit Domba
Capsicum annuum dan Capsicum frutescens

Cabe Rawit Domba di Indonesia dikenal dengan banyak nama seperti Lombok Kecil di daerah Indonesia timur, cengek di Sunda, Lada Caddi di Makassar. Tanaman ini banyak tumbuh di Asia tenggara seperti Malaisya, Indonesia, Filiphina, Singapura, Timor Leste, Papua Nugini dan Thailand.

Cabe Rawit domba dikenal sebagai salah satu bumbu dapur wajib yang tidak pernah lepas dari dunia masak-memasa di Indonesia. Tidak heran jika banyak petani yang menanam cabe di lahan pertanian mereka, bahkan banyak orang yang mencoba menanam Cabe di pekarangan rumah mereka.

Cabe jenis ini memiliki rasa yang sangat pedis pada saat sudah matang yakni cabe yang berwarna merah. Cabe merah ni sendiri banyak dijadikan sebagai bumbu dapur atau dijadikan sambal, sedangkan warna hijau atau yang belum matang banyak digunakan sebagai makanan pendamping tahu goreng, tempe goreng dan tahu isi. Rasa cabe rawit berwarna hijau tidak begitu pedis namuan sangat baik memperlancar pencernaan.

0 Response to "Mengenal Cabe Rawit Domba - Bird's Eye Chili Papper"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel