Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dengan Promol 12

Panduan Membuat Pupuk Organik Cair Rumahan dengan Promol

Dzargon - Pupuk organik atau lawan dari pupuk Kimia merupakan bahan yang digunakan untuk menyuburkan tanaman namun tidak terbuat dari bahan kimia buatan pabrik namun berasal dari dari mahluk hidup. Karakteristik dari pupuk organik membuat tanaman akan lebih aman karena sesuai dengan kondisi alami dari pertumbuhan tanaman.

Pupuk organik lebih banyak mengandung unsur organik dibandingkan dengan unsur hara, sehingga pemberian pupuk organik juga sebaiknya didampingi dengan pupuk yang mengandung banyak unsur hara seperti pupuk kimia.

Sumber pupuk organik berasal dari mahluk hidup dan melibatkan microba sebagai zat pengurai. Adapun bahan utama pembuatan pupuk organik adalah bahan kompos seperti daun hijau, pupuk kandang, jerami, tongkol jagung dan sabut kelapa, sedangkan dari hewan paling banyak terbuat dari kotoran ternak seperti kambing, ayam, sapi dan kelelawar atau pupuk Guano.

Pembuatan pupuk Organik Cair dengan Tai Kambing dan Sapi


Lantas bagaimana cara membuat Pupuk Organik Cair?
Panduan ini adalah panduan membuat pupuk organik menggunakan bantuan Promol 12 sebagai microba, karena Pormol 12 sendiri mengandung banyak mircoba pengurai yang bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman.

Cara membuat Pupuk Organik Cair dengan Promol

Bahan :

  1. Terasi Udang 4 bungkus
  2. Gula Merah 500 gram
  3. Kotoran sapi kering 1 Kg
  4. Kotoran Kambing Kering 1 Kg
  5. Promol 2 sendok makan.
  6. Air secukupnya
Cara membuat : 


  1. Siapkan media tumbuh bakteri dan mircoba yang terkandung dalam Promol dengan air Gula dan Terasi. Masukkan 500 gram gula merah dan 4 bungkus terasi Udang ke dalam 2 liter Air mendidih, lalu aduk hingga gula dan terasi larut dalam air. 
  2. Dingin larutan medium sampai mencapai suhu kamar, bisa dilakukan dengan penambahan air atau membuarkan dingin sendiri.
  3. Masukkan dua sendok promol ke dalam larutan lalu aduk. Biarkan larutan tersebut selama 30 menit.
  4. Haluskan Kotorn sapi dan kotoran sapi agar lebih mudah larut. Masukkan ke dalam wadah berukuran 20 liter lalu isi air sebanyak 10 liter. 
  5. Aduk kotoran sapi dan kambing hingga rata, lalu masukkan larutan gula, terasi dan promol. Aduk hingga rata.
  6. Biarkan laurtan tersebut selama tiga hari agar Bakteri sudah mengurai kandungan dari kotoran Sapi dan kambing tersebut hingga terdapat gumpalan pada di bagian atas ember, aduk pupuk lalau pupuk organik siap digunakan. 
Penggunaan Pupuk Organik Cair ini sangat mudah yakni dengan cara pemberian sebanyak 2 kali seminggu untuk satu pot tanaman seperti cabe atau Terong sebanyak 100 mL atau setengah gelas Aqua. 

Pemberian awal boleh didampingi dengan pupuk urea, sedangkan usia tanaman pemberian pupuk Organik Cair dengan Promol ini paling tidak 7 sampai 10 hari, ketika daun lebar tanaman sudah tumbuh. 

Pupuk Organik Cair Promol 12



FAQ Seputar Pembuatan Pupuk Organik Cair dengan Promol 12
Q : Bisakah sumber bakteri diganti dengan produk lain selain Promol 12?
A : Ya, bisa, hanya saja prosedur pembuatan dan takaran tentu saja berbeda.

Q : Bagaimana kalau saya ingin membuat pupuk organik Cair dengan ukuran lebih dari 20 Liter?
A : Silahkan, gunakan saja skala perbandingan proporsional, kecuali waktu tunggu tetap tiga hari atau jika lapisan padat sudah terbentuk.

Q : Jika saya kesulitan mendapatkan gula merah, bisakah diganti dengan bahan lain?
A : Ya bisa, bisa menggunakan molase atau gula pasir, namun hasilnya kurang maksimal.

Q : Dimana saya bisa mendapatkan Promol?
A : Bisa dibeli melalui online Shop seperti di bukalapak, dan Shopie, Harganya kisaran 250.000 sampai 350.000 per kilogram

0 Response to "Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dengan Promol 12"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel