4 Tips dan Cara Mudah Dapatkan Pekerjaan Melalui Situs Pencari Kerja

4 Tips dan Cara Agar CV Kamu Dilirik Melalui Situs Pencari Kerja

Dzargon - Saat ini adalah Era Industri 4.0 dimana hampir semua aspek kehidupan manusia akan bersentuhan dengan dengan data dan dunia IT. Sehingga ada banyak aspek yang otomatis berubah pesat, terutama masalah komunikasi jarak jauh yang dulu dibutuhkan waktu yang lama kini sudah tidak lagi.

Hal ini juga berlaku untuk pencarian tenaga kerja dan pencarian pekerjaan untuk para Jobseeker. Saat ini koran sudah tidak berlaku digunakan untuk mencari pekerjaan, karena sudah ada media online yang dinilai lebih cepat, tepat, informatif dan juga dinamis, sehingga para Jobseeker tidak perlu mencari pekerjaan melalui media online.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dunia pekerjaan masa kini sudah berjalan begitu cepat, sehingga tidak hanya para pencari kerja yang membutuhkan pekerjaan, tapi juga perusahaan akan lebih aktif mencari karyawan untuk mengisi posisi-posisi strategis.

Salah satu cara mendapatkan karyawan idaman dari para perusahaan adalah melalui situs penyedia tenaga kerja, seperti Joob Street atau hire me. Nah tentu saja ada beberapa hal yang akan menjadi perhatian para HRD dalam menghubungi calon pekerjaanya, seperti beberapa tips berikut ini.

#1. Jawab semua pertanyaan yang ada

Salah satu ciri khusus dari situs pencarian kerja adalah tersedia beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan dua hal, yakni identitas diri dan yang kedua adalah masalah keterampilan diri. Jawablah pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan baik dan benar dan selengkap-lengkpanya.

Meskipun ada beberapa pertanyaan optional, sebaiknya diisi juga karena semakin detail kemampuan anda yang tertera dalam situs tersebut semakin besar peluang para HRD perusahaan menghubungi anda.

Setelah mengisi hal tersebut yang tidak kalah penting dari data diri anda yang ada dalam profil pencari kerja adalah informasi kontak yang bisa dihubungi dengan respon cepat, karena perusahaan tidak mau susah-susah mencari para pekerja yang mereka inginkan, oleh karena itu mereka butuh informasi yang jelas. Selain nomor telefon mereka juga membutuhkan email, alamat sosial media agar ada opsi menghubungi dengan metode lain.

4 Tips dan Cara Mudah Dapatkan Pekerjaan Melalui Situs Pencari Kerja

#2. Tuliskan Jumlah Gaji yang Kalian Incar

Bagi mereka yang amatir, gaji akan ditentukan oleh perusahaan bahkan hanya sebatas Upah Minimum Regional (UMR), namun bagi mereka yang profesional, mereka-lah yang menentukan gaji yang mereka inginkan. Pendapat ini memang manjur di perusahaan besar dan yang mencari pekerja profesional.

Salah satu tanda pekerja profesional adalah mengetahui berapa besar gaji yang mereka minta agar perusahaan bisa menggunakan jasa mereka. Hal ini membuat anda harus menentukan harga jasa anda, jangan sungkan meletakkan angka besar jika memang anda memiliki rasa percaya diri dengan keterampilan anda, dan berpikir ulanglah sebelum menaruh angka rendah, karena hanya buruh yang diberi upah minimum.

Tipsnya adalah sering-sering bersosialisasi dengan teman yang memiliki pekerjaan seperti anda, mintalah kisaran gaji yang sesuai dengan bakat dan kemampuan anda, lalu letakkan dalam kolom informasi kamu.

#3. Update Profil

Setelah melakukan dua poin di atas, bukan berarti pekerjaan kamu tuntas, tapi masih ada yang perlu dilakukan secara berkala, yakni mengupdate profil kamu, tentu saja selalu ada perubahan dalam diri kamu, misalnya pernah mengikuti pelatihan yang belum kamu masukkan ke dalam Profil maka masukkan-lah.

Selain itu bisa jadi ada nilai inflasi dimana gaji yang sesuai dengan pekerjaan yang kamu inginkan gajinya sudah naik maka sangat disarankan untuk mengupdate data kamu. Selain penting sebagai ajang informasi, situs pencari kerja juga memprioritaskan profil yang rutin diupdate oleh empunya.

#4. Amankan Sosial Media

Sosial media menjadi salah satu informasi yang dibutuhkan oleh para situs pencari kerja, karena otentifikasi akun biasanya menggunakan gmail dan sosial media, tidak sebatas itu, Sosial media menjadi gambaran karakter kamu oleh karena perusahaan yang sadar teknologi akan menggunakan sosial media untuk mencari tahu karakter karyawannya.

Hal ini membuat kamu harus dengan seksama dan bijak mengisi status-status kamu di sosial media, hindari status yang mungkin saja dapat merusak reputasi kamu seperti Status Hates Speech, Rasis, Diskriminasi, Pandangan politik dan sejenisnya. Jika perlu update informasi yang sesuai dengan pandangan kamu mengenai pekerjaan atau berita yang berkaitan dengan pekerjaan kamu. Sehingga perusahaan yakin kamu betul-betul menguasai bidang yang tertulis di profil kamu.

Cewek Karyawan Pusing Cari Kerjaan

Penutup :
Nah itu dia 4 tips dan cara ampuh yang kamu gunakan untuk dapat dengan mudah mendapatkan pekerjaan melalui situs pencari kerja. Sambil menunggu pekerjaan ada baiknya jika kamu meng-update kemampuan dan berperan aktif mencari pekerjaan jangan hanya pasif seperti pemancing.

0 Response to "4 Tips dan Cara Mudah Dapatkan Pekerjaan Melalui Situs Pencari Kerja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel