Kepanjangan dan Pengertian Dari Istilah Dunia Internet dan IT Yang Populer Sepert DARING, ISP, ADSL, GPRS, WIFI, HOTSPOT dan ACCESS POINT

Kepanjangan dari Singkatan Dunia IT yang Jarang Dipahami oleh Orang Awam

Dzargon - Kemajuan dunia internet membawa banyak dampak dan perubahan dalam kehidupan manusia. Salah satunya adalah bertambahnya istilah yang hanya diperkenalkan oleh dunia IT, seperti Daring, ISP, ADSL, GPRS dan lain-lain.

Biar gak gaptep gak ada salahnya untuk mencari tahu beberapa istilah ini agar tidak terlihat ketinggalan jaman dan asal menggunakan istilah yang membuat orang lain atau Troubleshooter anda kebingungan memberikan solusi saat ada masalah. 

Kepanjangan dari Singkatan Dunia IT yang Jarang Dipahami oleh Orang Awam


Tanpa perlu berpanjang lebar, berikut ini kumpulan istilahnya. 

BpS - Singkatan dari Bit per Sekoan, yang merupakan indikator atau satuan dari kecepatan transfer data baik intranet maupun internet.

Daring - Dalam Jaringan, kondisi dimana seseorang sudah terhubung dengan internet atau dalam bahasa inggris disebut dengan online. 

DNS - Domain Name Server adalah sebuah sistem yang digunakan untuk mengarahkan sebuah URL terreverse ke IP sebuah server di dalam jaringan, baik internet dan intranet

E-Mail - Elektronik Mail atau fasilitas yang memberikan layanan mengirim file dan data melalui internet, seperti layanan Gmail, Ymail, dan sejenisnya

GPRS - General Pocket Radio Service secara harfia diartikan sebagai layanan radio umum dalam genggaman. Awalnya dibangun dengan kecepatan dengan jaringan 2.5 G, sampai saat ini sudah mencapai 5G.

HTML - Hyper Text Marup Language atau bahasa program tingkat paling tinggi dengan algoritma penggunaan yang paling rendah. Bahasa ini juga dikenal sebagai bahasa tampilan atau bahasa topeng dimana seluruh tampilan diatur dengan bahasa HTML.

HTTP - Hyper Text Transfer Protocol atau  protokol yang mengatur komunikasi antara client/User dan server. HTTP sejatinya sebuah lapisan aplikasi yang diatur agar client tidak langsung masuk ke back enggine dari sebuah situs. 

HTTPS - Hyper Text Transfer Protocol Secured merupakan layanan HTTP tingkat Advance yang membutuhkan encript code berupa signature digital yang diberikan pihak ketiga agar client lebih sulit untuk menembus back enggine. 

IP - Internet Protocol adalah sebuah protokol yang dipergunakan seseroang untuk dapat terhubung dengan perangkat lain atau jaringan lain. 

ISP - Internet Service Provider merupakan penyedia layanan internet seperti Telkomsel, Indosat, Telkom dan sejenisnya. 

Modem - Singkatan dari Modulation Demodulation merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengubah signal analog menjadi signal digital dan begitu pula sebaliknya. Modem pada umumnya digunakan untuk dapat terhubungan dengan internet, namun terkadang juga digunakan pada siaran TV digital. 

Sign - in - Signature in atau sebuah upaya memberikan persetujuan untuk masuk dalam satu server berdasarkan kesepakatan antara client dan Server sebelum memulai interaksi. Persetujuan umumnya melibatkan User Name dan Sandi, namun belakangan ini sudah banyak metode Sign in menggunakan Account Media Sosial atau Email. 

Sign - Out - Signature  Out, permintaan dan persetejuan Client untuk keluar dari sesi yang dilakukan dengan server.

SSL - Secured Socket Layer adalah sebuah sistem berbentuk encripsi code yang harus dilalui oleh clinet sebelum mencapai Back engine dari sebuah server. Produk dari SSL adalah HTTPS.

TCP - Transmission Control Protocol nama lain dari IP.

URL - Uniform Resource Locator adalah sebuah sistem seragam yang digunakan untuk menunjukkan lokasi sebuah server. 

Wi-Fi - Singkatan dari Wirelles Fidetily merupakan sebuah sistem yang menggunakan gelombang radio untuk menghubungkan Client ke jaringan lokal tanpa kabel atau Nirkabel.

WLAN - Wireless Local Area Networks adalah nama lain dari Wi-Fi namun tidak sepopuler Wi-Fi, padahal prinsip dan sistem kerja sama persis. 

WWW - Wolrd Wide Web adalah masking umum yang dilakukan untuk menyembunyikan atau menggantikan IP adress dari Server di Internet

0 Response to "Kepanjangan dan Pengertian Dari Istilah Dunia Internet dan IT Yang Populer Sepert DARING, ISP, ADSL, GPRS, WIFI, HOTSPOT dan ACCESS POINT"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel