Selain Wortel, Makanan yang Juga Sehat Untuk Mata

Makanan yang Mengandung Nutrisi yang Membuat Mata Sehat

Dzargon - Semakin berkembangnya zaman diikuti dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih. Manusia sekarang ini sangat sulit dipisahkan dengan yang namanya teknologi. Namun ternyata, tanpa kalian sadari hal itu dapat merusak salah satu indera yang sangat dibutuhkan oleh manusia. 

Dalam keseharian, tak sedikit orang menggunakan matanya bahkan sampai berjam-jam hanya duduk di depan laptop, hanya berbaring menggunakan gawai atau gadget. Bahkan bisa dikatakan manusia sudah kecanduan teknologi.

Yang harus kalian tahu, mata memiliki peranan penting dalam hidup kita. Segalanya akan lebih mudah karena kita menggunakan mata untuk melihat. Untuk tetap memiliki mata sehat dan mata yang berfungsi secara optimal, maka kita perlu menjaga kesehatan dari mata.

Menjaga pola hidup bisa menjadi salah satu solusinya. Selama ini sayuran yang paling dipercaya dapat menjaga kesehatan mata yaitu wortel. Wortel memiliki kandungan vitamin A yang tinggi dan baik untuk kesehatan mata. Namun kalian harus tahu, bukan hanya vitamin A yang dapat membuat mata menjadi sehat. Ternyata masih banyak nutrisi yang lain yang baik untuk mata. Nutrisi yang dimaksud yaitu Vitamin E, vitamin C, lutein, asam lemak omega 3, seng, dan zeaxanthin.

Berikut beberapa makanan yang dapat kalian konsumsi untuk memenuhi nutrisi yang baik untuk kesehatan mata yang dilansir dari hellosehat.com

1. Sayuran hijau

Sayuran yang hijau ternyata mengandung lutein dan zeaxanthin. Lutein dan zeaxanthin terdapat pada retina dan merupakan karotenoid. Sayuran hijau ini memiliki antioksidan yang tinggi karena kandungan dua zat gizi tersebut. Antioksidan diketahui dapat membantu menurunkan potensi katarak dan degenerasi dari makula. 

Degenerasi makula merupakan kondisi kronis yang menyebabkan hilangnya penglihatan karena terjadi kerusakan pada bagian tengah retina. Di samping itu, antioksidan juga dapat menjaga mata dari paparan sinar matahari, dan dari polusi udara.

sehat untuk mata sayur hijau

Kedua zat gizi ini bekerja dengan cara lebih meningkatkan kepadatan dari pigmen yang terdapat di dalam makula serta menyerap cahaya biru yang berlebih atau ultraviolet. Selain itu, lutein dan zeaxanthin juga dapat menangkal radikal bebas. Karena hal tersebut sehingga dapat menjaga mata dari kerusakan yang dapat terjadi.

Adapun beberapa sayuran hijau yang di dalamnya terdapat lutein dan zeaxanthin dengan kadar yang cukup tinggi yaitu sawi, lobak hijau, brokoli, dauk kale, dan bayam. Selain di sayuran hijau, juga dapat ditemukan di alpukat dan kacang polong.

2. Telur

Telur rasanya sudah menjadi makanan yang banyak digemari dan mudah didapatkan. Telur banyak mengandung zat gizi yang dapat menunjang kesehatan dari indera penglihatan kita. Vitamin A, lutein, seng dan zeaxanthin terdapat di dalam telur. 

Zat gizi tersebut sudah dijelaskan sebelumnya bahwa baik untuk kesehatan mata. Dimana, vitamin A dan lutein dapat ,membantu mencegah mata anda dari risiko kebutaan di malam hari. Untuk menghindari terjadinya kekeringan pada mata, konsumsilah telur. Lutein dan vitamin A dapat mencegah mata menjadi kering. Selain itu, zeaxanthin dan lutein serta seng dapat mengurangi potensi regenerasi makula.

3. Buah sitrus dan buah berry

Buah citrus dan buah berry diketahui memiliki kandungan vitamin C dengan kadar yang cukup tinggi. Antioksidan yang tinggi juga terdapat di vitamin ini. Sehingga dengan mengonsumsi kedua buah ini maka akan membantu mencegah terjadinya katarak dan mengurangi potensi regenerasi makula. 

Adapun contoh dari buah citrus yaitu lemon, jeruk dan juga jeruk bali. Sedangkan buah berry yaitu strawberry, raspberry, blueberry.

buah berry sehat untuk mata

4. Biji-bijian dan kacang-kacangan

Vitamin E juga merupakan salah satu vitamin yang diperlukan mata. Vitamin ini terdapat di dalam beberapa kacang dan biji-bijian seperti pada almond dan biji bunga matahari. Vitamin E selain baik untuk kulit, ternyata juga baik untuk kesehatan mata. Vitamin ini dapat menjaga kesehatan dari jaringan yang terdapat di dalam mata.

Selain kandungan vitamin E, seng dan asam lemak omega 3 juga terdapat di dalam almond dan biji bunga matahari. Adapun kacang dan biji-bijian yang lainnya yaitu kacang polong, kacang merah, walnut dan kacang lima.

5. Gandum

Di dalam gandum terdapat seng, vitamin E, dan vitamin B3. Gandum memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga dapat membantu menghambat potensi terjadinya regenerasi makuula. Terdapat banyak makanan dari olahan gandum yang dapat di konsumsi, seperti oat, roti gandum, dan pasta gandum.

Sehat untuk mata tepung gandum

6. Ikan

Ikan merupakan hewan yang memiliki banyak nutrisi. Salah satu nutrisi yang terkandung yaitu asam lemak omega 3. Nutrisi ini dapat mencegah mata menjadi kering. Asam lemak juga terdapat di dalm retina. 

Namun, ketika kadar asam lemak rendah, hal itu akan menyebabkan mata menjadi kering. Selain itu, nutris ini ternyata dapat membantu dari peradangan sehingga terbukti dapat melindungi mata dari katarak.

harga daging ikan sehat untuk mata

Adapun beberapa ikan yang mengandung asam lemak omega 3 dengan kadar yang cukup tinggi yaitu ikan tuna, makerel, salmon dan sarden. Namun, tak jarang juga ditemui orang yang tidak menyukai mengonsumsi ikan. Jika kalian termasuk orang yang tidak gemar ikan, kalian bisa dapatkan asam lemak omega 3 di suplemen minyak ikan dan juga di minyak nabati.

Itulah beberapa makanan yang baik untuk kesehatan mata. Mulailah merawat mata anda dengan mengonsumsi makanan tersebut.

0 Response to "Selain Wortel, Makanan yang Juga Sehat Untuk Mata"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel