Peluang Kerja Alumni dan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika

Loading...
Loading...

Peluang Kerja Jurusan Teknik Informatika

Dzargon - Era perkembangan digital membuat kita perlu melihat peluang yang ada, sehingga dengannya kita dapat turut berkompetisi. Salah satu kekuatan yang dapat menjadi kekuatan bagi kita untuk dapat berkompetisi di era digital adalah keterampilan dalam mengoperasikan teknologi.

Salah satu cara yang dapat mendukung penguasaan teknologi adalah dengan mempelajari teknologi secara mendalam. Misalnya saja jika dengan mempelajari teknik Informatika. Teknik Informatika sendiri merupakan bagian dari ilmu komputer yang berfokus pada software (perangkat lunak) komputer. Perangkat lunak begitu penting dalam komponen komputer karena software inilah yang menjadikan komputer dapat bekerja sesuai dengan fungsinya. 

Sebenarnya pada saat ini telah banyak orang yang mendalami teknik Informatika. Namun masih banyak orang awam yang salah pandangan terhadap orang yang mempelajari teknik Informatika. Umumnya orang akan menanyakan merk laptop terbaik, harga laptop terbaru bahkan harga handphone.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut sebenarnya kurang pas jika ditanyakan kepada seseorang yang mempelajari teknik Informatika. Maka, pada artikel ini kita akan membahas bidang kerja bagi seseorang yang mempelajari teknik Informatika, mungkin ini juga informasi yang dibutuhkan oleh Anda sebagai sarjana lulusan teknik Informatika.

Cewek cantik dan manis seksi


1. Programmer 

Programmer merupakan pekerjaan yang paling banyak digeluti oleh lulusan teknik informatika. Sesuai dengan namanya, programmer bekerja untuk merancang sebuah program. Tujuan dari pembuatan program ini adalah untuk memajukan perkembangan teknologi, yang menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Seseorang yang hendak menjadi programmer perlu memahami bahasa pemrograman (seperti Java, C Plus, Algoritma, Php, Html, Visual basic, Perl dan Python) yang memuat script atau kode untuk dapat dikembangkan menjadi program yang baik. Script atau kode ini nantinya akan disunting dengan serangkaian proses, seperti proses pengetesan, analisis, pembetulan kesalahan, optimalisasi algoritma dan normalisasi kode.

Contoh dari program yang telah berhasil dikembangkan oleh seorang programmer, diantaranya:

  1. Richard Bordie, merupakan seorang programmer yang pertama kali membuat dan mengembangkan Microsoft Word. 
  2. Alan Cooper, merupakan seorang programmer yang mengembangkan bahasa pemograman Visual Basic. 
  3. Linus Torvalds, merupakan programmer yang membuat Sistem Operasi Linux. Sejak dikembangkan sistem operasi linux, para programmer menjadi lebih mudah dalam membuat program. 
Untuk dapat menghasilkan program yang seperti demikian dibutuhkan ketelitian yang tinggi. Pada saat ini seorang programmer umumnya merancang program untuk pembuatan aplikasi. Sarjana teknik informatika yang berkonsentrasi di bidang pemrograman sangat dibutuhkan di berbagai bidang, misalnya bidang perbankan, telekomunikasi, industri IT, media, instansi pemerintah, dan perusahaan.

PEndiri Linuz dapat uang sangat banyak sekali kaya raya
Linus Torvalds

2. Game Developer

Bagi seseorang yang menggemari informatika dan games, pekerjaan menjadi seorang game developer merupakan pekerjaan yang sesuai. Saat ini trend game digital sedang berkembang pesat, maka apabila Anda sudah terbiasa dengan game, ada baiknya Anda mendalamisemua hal tentang game agar Anda dapat menciptakan game sendiri. Namun, yang perlu Anda ingat, bahwa minat terhadap informatika dan games saja tidak cukup untuk menjadi seorang game developer.

Anda memerlukan keterampilan dalam bidang animasi grafis, human computer interaction, serta materi keinformatikaan lainnya. Untuk semakin menambah ilmu pengembangan game, Anda dapat bergabung dengan AGI (Asosiasi Game Indonesia) yang merupakan wadah komunikasi dan pengembangan industri game di Indonesia. AGI ini ditujukan untuk developer, publisher, animator, dan semua pekerja yang berupaya mengembangkan aplikasi game.

Dengan adanya AGI ini, seluruh pelaku industri game dapat berkumpul dan berdiskusi untuk menata dan mengatasi masalah yang dihadapi serta meningkatkan pengembangan industri game di masa depan, agar dapat mendominasi di tingkat nasional maupun internasional. Sebagaimana yang telah dikemukakan, bahwa industri game sedang sangat berkembang, hal ini juga terjadi pada pengembang game di Indonesia.

Diketahui bahwa beberapa game yang dikembangkan oleh anak muda Indonesia dapat bersaing di kancah internasional. Beberapa contoh game developer Indonesia yang karyanya telah diakui oleh internasional, diantaranya :

  1. Kidalang - Yang merupakan kelompok game developer asal Bandung, yang mengembangkan game bertajuk Sage Fusion dan An Octave Higher. Diketahui bahwa game yang dikembangkan oleh Kidalang ini berhasil mendunia lewat game-game visual novel. Hebatnya lagi 2 game yang dikembangkan oleh Kidalang ini telah mendapatkan beberapa penghargaan tingkat internasional. 
  2. Digital Happiness - Digital happiness dikenal sebagai pengembang game Dread Out yang terkenal itu. DreadOut terkenal karena kelompok game developer ini mengangkat nuansa horror khas Indonesia. Selain itu, mereka juga diketahui mengembangkan game Keepers of the Dark.
  3. Touchten Games - Touchten Gamess merupakan game developer asal Jakarta, yang berhasil mengembangkan game populer Infinite Sky. Selain itu, mereka juga pernah berkolaborasi dengan 9GAG untuk mengembangkan game Redhead Redemption. Mereka juga sempat melakukan kolaborasi lainnya dengan mengembangkan game bertema Target Acquired. 
  4. Solite Studio - Salah satu karya dari Solite Studio adalah Save the Hamster. Game ini telah diakui dunia, dengan memenangkan penghargaan dari Microsoft Imagine Cup pada tahun 2013. 
  5. Toge Production - Dengan mengusung nama yang sederhana ini, Toge Production tidak dapat diremehkan. Kris Antoni sebagai pendiri Toge Production mampu membuktikan kehebatannya dalam mengembangkan game. Game Developer ini diketahui tidak hanya mengembangkan game dalam bahasa Indonesia, melainkan dalam bahasa Inggris, Arab dan Mandarin, sehingga tidak heran jika game besutannya mendapatkan penghargaan Best Game of The Year pada tahun 2012. 
Dengan demikian, dengan mengetahui nama-nama game developer Indonesia yang diakui karyanya oleh internasional, Anda dapat terpacu untuk mengambangkan game dan menambah daftar nama game developer Indonesia yang berprestasi.

Developer Game Lokal dari Indonesia
Toge Production

3. Web Engineer

Bidang pekerjaan lain yang membutuhkan jasa teknisi informatika adalah web engineer. Secara sederhana web engineer bertugas untuk merancang dan mengembangkan website yang berisi berbagai informasi, layanan serta fasilitas dari suatu perusahaan atau institusi. Selain itu, seorang web engineer juga bertugas untuk memelihara website akan dapat menjadi media yang efektif bagi sosialisasi perusahaan.

Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini telah banyak perusahaan dan toko yang memanfaatkan website sebagai salah satu upaya mencapai tujuan mereka. Website yang dikembangkan pun tidak main-main karena dibuat seprofesional mungkin, sehingga dapat digolongkan sebagai website yang baik.

Cewek dna mahasiswi manis dan seksi


Website perusahaan atau e-commerce dikatakan tergolong baik, karena mampu menampilkan profil profil perusahaan sehingga kredibilitasnya di dunia maya dapat diakui, sedangkan bagi e-commerce, website yang dikembangkannya dapat mewadahi penjual dan pembeli sehingga kedua belah pihak mendapatkan keuntungan dan kepuasan. Contoh dari website perusahaan yang baik adalah Unilever, Bayer, Shell dan Nestle. Sedangkan website e-commerce yang baik adalah bukalapak, tokopedia, bukupedia dan banyak lagi.

Oleh karena itu, jika Anda berminat untuk berkiprah di bidang pengembangan dan perawatan website, Anda perlu melatih kreativitas Anda, disamping mempelajari berbagai materi seputar website. Karena aktivitas teknis mungkin dapat digantikan oleh mesin, tetapi kreativitas hanya berasal dari ide pemikiran manusia.

4. Intelligent System Developer

Hal lain yang tidak kalah pesat perkembangannya saat ini adalah artificial intelligent. Secara sederhana, artificial intelligent (AI) berarti kecerdasan buatan yang dibuat dengan bantuan teknologi. AI ini mencakup machine learning, pemrosesan bahasa serta penalaran gambar. Di Indonesia sendiri, AI berkembang cukup pesat, terutama di kalangan generasi milenial.

AI yang mereka kembangkan pun bukan lagi bertujuan sebagai hiburan (entertain), melainkan untuk pengembangan bisnis dan untuk keperluan sosial. Diketahui bahwa tidak sedikit dari generasi milenial yang tertarik pada pengembangan AI ini telah mengembangkan AI yang dapat bermanfaat bagi banyak orang. Contoh dari AI yang dikembangkan oleh generasi muda Indonesia adalah cekmata.com. Cekmata.com dikembangkan oleh sekelompok pemuda dari Surabaya, yang bertujuan untuk menganalisis ada atau tidaknya penyakit katarak pada mata seseorang.

Hal lain yang tidak kalah pesat perkembangannya saat ini adalah artificial intelligent. Secara sederhana, artificial intelligent (AI) berarti kecerdasan buatan yang dibuat dengan bantuan teknologi. AI ini mencakup machine learning, pemrosesan bahasa serta penalaran gambar. Di Indonesia sendiri, AI berkembang cukup pesat, terutama di kalangan generasi milenial.

Mereka beranggapan bahwa penanganan katarak tergolong lamban karena dilakukan secara manual oleh dokter mata, belum lagi kendala lain yang menghambat pelacakan terjadinya katarak. Dengan AI cekmata.com yang mereka kembangkan, mereka yakin bahwa terjadinya katarak atau tidak pada seseorang dapat diketahui lebih cepat, sehingga penanggulangan dan pengobatannya pun dapat lebih cepat dilakukan. Hal ini tentu saja lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan pengecekan secara manual.

Apabila Anda termasuk seseorang yang tertarik dalam bidang pengembangan AI, maka Anda perlu mempelajari pengembangan perangkat lunak yang intelejen seperti sistem pakar, image recognizer, prediction sistem, data miner, dan lain-lain. Serta tentu saja kreativitas yang dibalut jiwa sosial. Sehingga Anda bukan hanya merasa bangga karena dapat mengembangka AI, tetapi juga bangga karena karya yang Anda kembangkan dapat bermanfaat bagi orang yang membutuhkan.

5. Computer Network / Data Communication Engineer

Bidang pekerjaan lain yang membutuhkan teknisi informatika adalah computer network atau data communication engineer. Secara umum tugas mereka adalah merancang arsitektur jaringan, serta melakukan perawatan dan pen¬gelolaan jaringan dalam suatu instansi atau perusahaan. Jaringan memang menjadi salah satu hal yang penting bagi perusahaan dewasa ini. Karena melalui jaringan semua komunikasi dapat berlangsung dengan baik, terlebih jaringan internet.

6. Freelance Web Developer or Web Designer

Selanjutnya bagi Anda yang ingin menambah penghasilan atau bagi Anda yang sedang menempuh pendidikan di bidang teknik informatika, Anda dapat menjadi seorang freelancer. Sebagaimana yang telah diungkapkan berkali-kali, di era digital yang tengah berkembang ini, jasa seseorang yang memahami perangkat lunak atau software computer sangat banyak dibutuhkan. Anda dapat memilih untuk menjadi freelancer bagian pengembangan website. Saat ini website tidak hanya digunakan oleh perusahaan yang besar, melainkan usaha kecil dan menengah pun tengah memanfaatkan website sebagai bagian promosi.

Kekurangan mereka dalam membuat website yang merupakan salah satu media promosi mereka, dapat Anda manfaatkan. Anda menjadi pengembang website untuk online shop yang baru berkembang. Selain menjadi pengembang website, Anda juga dapat mengembangkan diri Anda sebagai web designer. Karena pada dasarnya desain web yang menarik sangat dibutuhkan oleh online shop, karena pengunjung akan melihat kredibilitas online shop secara digital melalui websitenya.

Selain online shop atau usaha kecil dan menengah, sebenarnya masih banyak lembaga pemerintah maupun swasta yang membutuhkan jasa pengembang dan pendesain website. Anda hanya perlu memperluas jaringan komunikasi Anda agar Anda dapat menjadi seorang freelancer di bidang teknik informatika. 
Loading...
Peluang Kerja Alumni dan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Peluang Kerja Alumni dan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Reviewed by Dessy Alfindasari on 20:43:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.