Tips dan Cara Buat Foto Keren Dengan Kamera HP dan Smartphone

Loading...
Loading...

Cara Mudah Membuat Foto Keren dengan Kamera Handphone

Dzargon - Kamera handal bukan jaminan dalam membuat foto keren, ternyata foto dengan kualitas bagus tidak hanya ditentukan oleh kamera tapi kreativitas dari fotografernya. Dalam komunitas fotografi hal tersebut dikenal istilah The Mena Behind the Gun.

Belakangan ini, kecanggihan teknologi fotografi sudah banyak diadaptasi di segala lini, termasuk dalam smartphone. Kamera pada smartphone dan Handphone belakangan ini sudah sangat canggih mulai dari 13 Mega Pixel sampai 56 Mega Piksel. Tidak hanya itu ukuran sensor dan bukaan lensa juga terbilang besar sehingga bisa menghasilkan foto yang tajam.

Jika kamera Handphone sudah keren-keren, lantas bagaimana cara membuat foto keren dengan kamera Handphone? Berikut ini beberapa tips untuk membuat foto keren dari kamera Handphone kamu biar foto kamu jadi lebih instagramable banget.

#1. Cari Moment yang Bagus

Foto akan terlihat keren jika sangat jarang terlihat di kehidupan sehari-hari, misalnya melihat pada saat terjadi matahari, atau sedang melawan arus dari kegiatan orang-orang disekitar. Foto tersebut bisa membuat foto kamu terlihat lebih keren.

foto keren mandi di Cari Moment yang Bagus

Lihat foto diatas, seolah-olah foto tersebut adalah sebuah sesi foto profesional, namun kalau diperhatikan lebih detail. Foto tersebut diambil oleh seorang cewek saat mengunjungi toko lampu, hanya kebetulan ketemu dengan warna gaun yang cocok dengan kemilau lampu yang membuat foto tersebut lebih indah.

#2. Kuasai Fitur Kamera

Tips kedua adalah kuasai fitur-fitur yang disediakan oleh kamera handphone kamu. Misalnya Nigth mode yakni mengaktifkan ISO tinggi saat keadaan sedang kekurangan cahaya, Brust Mode untuk memotret objek yang bergerak dengan cepat, atau panoramic untuk mengambil gambar landscape super panjang.

foto keren cewek naik ayunan dengan metode panning

Seperti foto di atas adalah foto seorang cewek yang sedang main ayunan kesana dan kemari. Untuk membuat objeknya freeze adalah metode panning. Untuk memaksimalkan hasil foto sebaiknya menggunakan metode burst agar bisa milih foto yang paling freeze dari foto yang lain.

#3. Memaksimalkan Komposisi Foto

Tips yang ketiga, secanggih apapun kamera Handphone tentu saja tidak mengalahkan ketajaman lensa dari kamera profesional, namun untuk menutupi kekurangan tersebut, kamu bisa memaksimalkan komposisi foto kamu.

Saya sangat percaya dengan bahwa ketiak foto kamu bagus, orang-orang tidak akan berbicara mengenai teknik mengambil gambarnya. Nah salah satu cara membuat foto bagus dengan peralatan terbatas adalah memaksimalkan komposisi foto tersebut, sehingga orang lain hanya terfokus pada objek foto bukan detil dan ketajaman gambar.

Kamera Handphone foto keren Memaksimalkan Komposisi Foto

#4. Gunakan Tripod untuk foto Slowspeed dan HDR

Pada kondisi gelap, kurang cahaya dan sore hari, kemungkinan besar kamera akan menaikkan ISO atau menurunkan kecepatan ranah dalam mengambil gambar. Fitur ini disebut sebagai Auto Exposure agar foto tepa menghasilkan gambar dengan pencahayaan yang normal (Normal Exposure). Untuk meredam getaran dan menghasilkan gambar yang tetap tajam dapat dilakukan dengan memanfaatkan tripod agar kamera lebih steady.

cara buat foto keren dengan menggunakan tripod foto keren

#5. Manfaat Aplikasi Editor Photo

Foto Fresh from the Oven memang menunjukkan kualitas dari seorang fotografer untuk menghasilkan foto yang bagus. Foto tanpa editing menunjukkan kematangan dari dari teknik dan komposisi yang dimiliki oleh fotografer, tapi tidak semua orang memiliki skill tersebut, tanpa skill yang mumpuni kita bisa melakukan editing terhadap foto.

Editing minor seperti pencahayaan, saturasi, dan komposisi foto melalui fasilitas cropping. Editing ini dikenal dengan nama editing minor yang juga bisa dilakukan melalui aplikasi editor photo di smartphone anda.
Loading...
Tips dan Cara Buat Foto Keren Dengan Kamera HP dan Smartphone Tips dan Cara Buat Foto Keren Dengan Kamera HP dan Smartphone Reviewed by Arwini Armitasari on 18:42:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.