5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Hilangkan Kecanduan Gadget dan HP (Nomophobia) - Dzargon

5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Hilangkan Kecanduan Gadget dan HP (Nomophobia)

Lakukan Lima Hal Positif ini Agar Kamu Tidak Kecanduan Smartphone dan Gadget

Dzargon - Gadget atau gawai dalam kehidupan sehari-hari belakangan ini menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan. Banyaknya informasi penting dan kemudahan menjalin komunikasi serta hiburan membuat Gadget bertransformasi menjadi salah satu barang kebutuhan Primer di kehidupan modern seperti saat ini.

Peran Gadget memang bisa dilihat di hampir sendi kehidupan manusia, mulai dari pengganti komunikasi universal seperti SMS, Telefon, Email, dan Media Sosial. Menjadi alat bantu kerja utama seperti reminder dan tempat mengintip pasar sampai pada hal-hal yang berbau hiburan ketika sudah Bete dengan pusing dengan pekerjaan, Gadget menjadi salah satu alat kecil yang bisa dibawa masuk ke dalam kelas dan kantor untuk menghilangkan suntuk.

cara mengatasi kecanduan gadget pada anak

A. Kecanduan Gadget 

Karena fungsinya yang sangat dekat kehidupan manusia modern, keberadaan Gadget atau Gawai menjadi hal yang tidak terpisahkan lagi. Namun ternyata disisi lain, selain membawa kemudahan dalam kehidupan kelebihan penggunaan Gadget ternyata memiliki dampak negatif dan sangat berbahaya bagi kehidupan manusia.

Hal ini menjadi rumit karena banyak dari mereka korban kecanduang gawai tidak sadar jika mereka sudah menjadi jungky Gawai. Secara terus menerus mereka merasa sangat butuh dengan Gawai dan mencari pembenaran dari setiap detik gawai yang ada di tangan mereka.


Langkah yang pertama untuk menghindari kecanduan gawai tentu saja menyadari apakah diri kita sendiri maish dalam sebatas pengguna Gadget atau malah sudah bergeser ke posisi pecandu gawai. Nah sebagai pengantar yang baik, berikut ini beberapa ciri-ciri gangguan penggunaan atau Kecanduan Gawai.

1. Ciri-Ciri Kencaduan HP, Smartphone dan Gadget (Nomophobia)

  1. Merasa gelisah dan tidak nyaman jika berada jauh dengan gadget
  2. Merasa sulit bepergian jauh dari rumah atau kamar tanpa gadget, Handphone atau Smartphone.
  3. Selalu bersama dengan Gadget dimanapun berada mulai dari kegiatan umum seperti jalan, ke sekolah, ke kampus, hang out, makan, minum, sampai Beol sekalipun masih menggemgam Gadget.
  4. Memeriksa status dan update sosial media terlalu sering bahkan hampir setiap jam sekali.
  5. Bangun tidur dan sebelum tidur selalu diawali dan diakhir dengan gadget.
  6. Menghabiskan lebih dari 10 jam perhari bersama dengan gadget.
  7. Merasa gatal dan cemas jika tidak bersentuhan dengan gadget meskipun dalam kurung waktu 1 jam. 
  8. Mengalami gangguan tidur dan insomnia.
  9. Merasa hampa dan tidak bisa berbuat apa-apa tanpa Gadget.

2. Dampak Negatif Kecanduan Gadget

Hampir sama dengan kecanduan barang lainya, kecanduan gadget juga memiliki dampak negatif baik bagi kesehatan tubuh dan psikis seseorang. Bukan untuk menakut-nakuti, tapi paling tidak berikut ini ini beberapa dampak yang patut dipertimbangkan bagi anda yang sering berdekatan dengan gadget.
  1. Kertergantungan - Dampak pertama setelah anda terlalu dekat dengan Gadget dalam waktu yang cukup lama adalah merasa ketergantungan. Jal ini mengundang banyak dampak lain yang tentu saja akan mengganggu aktivitas sehari-hari seperti merasa cemas, panik dan ketakutan ketiak tidak membawa gawai bersama entah itu untuk waktu yang lama atau pada tingkat para bahkan saat sedang ke kamar mandi sekalipun.
  2. Emosional - Emosional atau ketidakstabilan emosi menjadi salah satu dampak yang paling besar dirasakan bagi mereka yang kecanduan Gadget. Tidak hanya cenderung mudah marah, terkadang juga sisi lain yang ditunjukkan fenomena ini adalah terlalu mudah merasa sedih dan menuju arah depresi. Hal ini juga bertambah buruk jika di dalam gadget banyak Konten kekerasan atau depresi yang ditayangkan. Sebuah hasil penelitian psikologis juga menunjukkan bahwa menonton orang bunuh diri melalui gadget meningkatkan keinginan untuk bunuh melalui alam bawah sadar seseorang.
  3. Obesitass - Salah satu dampak keseringan bermain dengan Gadget adalah kurang gerak atau mager. Kebiasaan ini membuat proses pembakaran lemak berkurang dan penimbunan lemak menjadi semakin sering. Banyaknya konten-kontent berbau makanan juga mempengaruhi para pengguna sosial media cenderung mencoba banyak makanan baru.
  4. Insonmia - Radiasi yang dipancarkan layar smarphone sangat menggangu kinerja hormon seseorang, jika seseorang banyak menggunakan Gadget di jam-jam tidur maka akan ada kemungkinan otak akan terus melawan rasa kantuk dan menatap gadget secara terus menerus. Yang jadi masalah adalah realitas yang dibangun otak tidak sejalan dengan kemampuan tubuh yang mendapatkan waktu istirahat yang kurang, dampaknya bisa memicu banyak penyakit akut seperti kolesterol, gagal jantung dan depresi. 
  5. Gangguan Interaksi Sosial - Kesibukan bermain gadget juga akan mengganggu pola interaksi sosial seseorang. Seseorang akan didorong lebih introvert dan percaya percakapan melalui layar jauh lebih aman dibandingkan dengan bertemu dengan orangnya secara langsung. Hal ini muncul dari ilusi rasa aman setelah mengeluarkan seluruh isi hati baik cacian atau salah ucap karena pengguna gadget tidak langsung bertemu dengan orang lain yang menjadi lawan bicara. Jika kebiasaan ini terus berlangsung rasa kurang percaya diri akan muncul dan rasa kaku ketika harus bersentuhan langsung dengan teman di dunia nyata.
  6. Kanker - Kanker menjadi salah satu dampak yang paling buruk bagi mereka yang kecanduan media gadget. Setiap device dan perangkat yang digunakan tentu saja bekerja dengan medan listrik dan medan magnet. Keduanya sama-sama mengeluarkan radiasi yang cukup rendah, sehingga penggunaan dalam jangka waktu pendek tidak menjadi masalah. Namun jika penggunaan dilakukan secara terus menerus dan melebihi ambang batas tubuh, hal tersebut dapat memicu tumbuhnya sel-sel kanker. Kasus yang paling banyak dilaporkan adalah kanker otak, telinga dan kelamin karena posisi tersebut yang paling banyak bersentuhan dengan gadget.

B. Cara dan Langkah Mudah Menghilangkan Kecanduan Gadget

Nah jika dampak bagi tubuh begitu mengganggu dan beresiko tinggi pada seseorang, tentu saja langkah yang paling baik dilakukan dalam kasus ini adalah mencegah menjadi pecandu Gadget. Saya ingin mengaris bawahi  kata mencegah dalam kasus ini karena kehidupan tentu saja akan jauh lebih sulit saat ini tanpa gadget dibandingkan dengan menggunakan Gadget. 

Berikut ini beberapa ulasan singkat mengenai cara mudah menghilangkan kecanduan Gadget.

#1. Lakukan Aktivitas di Luar Ruangan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan banyak kegiatan di luar ruangan. Mulai dari hal yang sederhana, aktivitas seperti meminum kopi, membaca atau melakukan work out sebaiknya dilakukan di luar ruangan. Meskipun hal tersebut dapat dilakukan di dalam ruangan namun kesempatan untuk bersentuhan dengan gadget jauh lebih besar di dalam ruangan.

Alasannya karena manusia adalah mahluk sosial yang selalu ingin berhubungan dengan orang lain, bahkan untuk seorang introvert sekalipun. Jika tidak ada siapa-siapa di dalam ruangan tentu saja Gadget menjadi solusi yang paling sempurna untuk dapat menuntaskan hasrat ingin bersosialisasi. Namun hal ini akan berbeda jika dilakukan di luar ruangan. Dimana akan ada banyak kesempatan untuk bercengkrama dengan orang secara langsung sehingga peluang untuk menyentuh Gadget jauh lebih sedikit.

gambar orang kecanduan gadget jadi suka naik sepda di UGM mahasiswi

#2. Membaca Buku

Hal yang lain yang dapat menghabiskan waktu anda tanpa bersentuhan dengan gadget adalah membaca buku, dalam kasus ini buku yang dibaca adalah buku cetak bukan ebook tentunya. Membaca bucu jauh lebih mudah dan juga meningkatkan daya ingat seseorang. Paling tidak hal ini sesuai dengan hasil penelitian psikologis di Amerika serikat dimana hasil ujian seseorang yang membaca buku elektronik lebih rendah 70% dibandingkan dengan mereka yang membaca dengan buku cetak dengan buku yang sama tentunya.

Membaca buku pun bisa dilakukan di rumah, di taman atau mengunjungi perpustakaan daerah setempat. Hal yang menarik dari membaca adalah kita bisa mempelajari hal-hal baru dari lembaran-lembaran kertas yang dibaca dan tentu saja menjauhkan kita dari Mobile Phone dan Gadget dalam waktu yang cukup lama.

mainan pengganti gadget dan baca buku menjadi penghilang kebiasaan buruk

#3. Meluangkan Waktu untuk Hobi Outdoor

Hampir sama melakukan kegiatan di luar ruangan namun melakukan hobi outdoor tentu saja jauh lebih menarik dan menguras waktu tanpa harus bercengkrama dengan gadget. Melakukan banyak aktivitas seperti memancing, jogging dan goes, sampai park our mungkin menjadi alternatif yang paling ampuh mengalih dunia anda dari kotak kecil berbaterai tersebut.

Hanya perlu ditekankan dalam kegiatan ini, sebisa mungkin hindari aktifitas yang berkaitan dengan gadget, karena meskipun di luar ruangan jika masih tetap menggunakan Gadget sama saja bohong. Hindari aktivitas yang melibatkan gadget seperti Fotografi, Bermain Drone atau blogging.

fenomena anak kecanduan gawai bisa dihilangkan dengan maincing ikan di empang

#4. Memelihara Hewan 

Hewan Peliharaan merupakan hal yang paling baik meluangkan waktu senggang di rumah dan untuk mengembalikan Mood yang hilang. Hal yang menarik adalah mereka yang memiliki hewan peliharaan adalah pribadi yang bertanggung jawab karena mampu memberikan makan dan tempat tinggal bagi seekor hewan sampai bisa hidup dengan sehat. Memelihara hewan tentu saja akan mengurangi waktu luang untuk bermain dengan gadget.

 ciri ciri kecanduan gadget  bahaya kecanduan gadget  kecanduan gadget masuk rsj  kecanduan gadget pada anak  akibat kecanduan gadget  ciri ciri anak kecanduan gadget

#5. No Day Phone

Langkah terakhir adalah menentukan satu dua hari dalam satu minggu dimana anda akan menonaktfkan Handphone sama sekali. Pilih hari libur untuk melakukan ke empat tips di atas lalu tambahkan dengan tegas dalam diri anda jika pada hari tersebut anda sama sekali tidak ingin bersentuhan dengan Gadget.

0 Response to "5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Hilangkan Kecanduan Gadget dan HP (Nomophobia)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel