Air Terjun

Loading...
Loading...

Air Terjun dan Fakta Mengenai Air Terjun yang Ada di Dunia

Dzargon - Air Terjun merupakan penampang alam yang terbentuk dari arus air yang menyebabkan erosi pada permukaan yang dialiri, jika erosi terjadi pada sebuah tebing maka air tersebut akan jatuh ke bawah dari ketinggian. Dari fenomena ini aliran air tersebut dikenal dengan nama air terjun (Water Fall).

Air terjun banyak di temukan di daerah hutan hujan tropis dan daerah belahan utara bumi. Air terjun daerah tropis memiliki sumber air dari proses siklus panjang air dan mata air dari pegunungan sedangkan untuk daerah beriklim dingin air terjun berasal dari geiser yang membeku.

#1. Air Terjun Di Indonesia

Sebagai salah satu negara yang terletak di daerah tropis dan berbentuk kepulauan, Indonesia memiliki iklim hujan tropis yang sangat tinggi sepanjang tahun. Hal ini membuat Indonesia sangat kaya akan bentang alam berupa air terjun. Di Indonesia sendiri paling tidak ada 5 air terjun yang paling terkenal yakni

1. Air Terjun Tertinggi di Indonesia

Air terjun tertinggi di Indonesia jatuh pada air terjun sigura-gura. Air terjun si Gura-gura terletak di dusun sigura-gura, desa Pohan Dolok, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Toba Samosir, Sumatra Utara. Air terjun mengalir dan jatuh dari ketinggian 250 meter dan menjadikannya sebagai air terjun paling tinggi di Indonesia. Air terjun ini berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan air laut.

Air terjun paling tinggi di Indonesia

2. Air Terjun Terbesar di Indonesia

Air terjun terbesar di Indonesia adalah air terjun Melanggar atau terkadang juga dikenal dengan nama air terjun Banangar yang terbentuk dari patahan sungai Landak di dusun Perbuah, Desa Merayuh, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Pontianak, Kalimantan Barat. Air terjun ini membentang selebar 60 meter ini membuat air terjun  Melanggar menjadi air terjun yang paling besar di Indonesia.

Air terjun paling indah indah di Indonesia

Selain dari dua air terjun tersebut ada beberapa air terjun yang sangat terkenal di Indonesia, seperti air terjun yang terkenal karena keindahannya yakni air terjun madakaripura, air terjun bekasi atau curug parigi dan air terjun coban rondo yang sangat ramai di Batu, Malang.

#2. Air Terjun di Dunia

Air terjun lain juga banyak di temukan seluruh belahan dunia. Bahkan beberapa air terjun memiliki rekor, seperti air terjun tertinggi, terbesar dan sejenisnya. Di belahan dunia manapun keindahan alam berupa air terjun selalu berhasil menarik perhatian wisatawan seperti air terjun Niagara yang selalu menjadi pusat perhatian wisatawan Kanada.

1. Air Terjun Tertinggi di Dunia.

air Terjun Anggel dinobatkan sebagai air terjun tertinggi di dunia. Dengan ketinggian hampir satu kilometer Air terjun yang terletak di taman Nasional Canaima Venezuela ini mengucur dari ketinggian 979 meter. Namanya diambil dari nama penemunya yakni Jams Crawford Anggel yang menemukannya tanpa sengaja saat terbang mencari tambang emas.

Air terjun Paling tinggi di Afrika Victoria

2. Air Terjun Terbesar di Dunia

Jika mendengar air terjun terbesar di dunia, mungkin anda akan mengira jika jawaban yang benar adalah air terjun Niagara, namun faktanya air terjun terbesar tidak berada di Kanada tapi jauh di benua hitam Afrika. Air terjun Victoria atau air yang berada di perbatasan dua negara yakni Zambua dan Zimbabwe.

Air terjun Victoria membentang 1,6 kilometer dengan ketinggian mencari 128 meter. Air terjun Victoria ditemukan pada tahun 1855 dan diberi nama Ratu Victoria yang merupakan ratu Inggris. Hal ini dibebakan oleh penemunya David Livingstone yang merupakan seorang petualang asal Skotlandia.

Air terjun paling lebar dan besar di dunia air terjun Victoria

3. Air Terjun Dengan Debit Air Terbesar

Tidak salah jika Niagara menjadi salah satu air terjun yang paling tekenal di Dunia. Pasalnya Air Terjun Niagara mengalirkan air sebanyak 168.000 meter kubik air dalam satu menit. Air ini setara dengan jumlah air yang dikonsumsi manusia sebanyak 54 juta orang dalam sehari. 2 jam debit air terjun Niagara cukup dikonsumsi oleh seluruh penduduk bumi untuk sehari.

Air Terjun Niagara berada di Sungai Niagara, di Kanada dan Amerika. Air Terjun ini dijadikan sebagai perbatasan internasional diantara kedua negara tersebut. Air terjun menjadi air terjun yang paling ramai di kunjungi di seluruh dunia.

Air terjun Niagara dengan debit paling tinggi di Indonesia

#3. Manfaat Air Terjun

Manusia memang terkenal sebagai salah satu mahluk perkakas paling ekstrem di dunia. Manusia hampir bisa memanfaatkan segala barang yang ada di muka bumi termasuk dengan air terjun tentunya. Adapun manfaat dari Air Terjun sebagai berikut:

Pembangkit Listrik - Fungsi yang paling vital dari Air terjun bagi manusia adalah penggerak turbin gratis dari alam yang sangat potensial di kembangkan untuk menjadi sumber tenaga listrik. Listrik ini tentu saja adalah salah satu jenis energi baru dan terbarukan yang ramah lingkungan.

Pembangkit listrik tenaga air dna bendungan

Irigasi dan perkebunan - Fungsi kedua yang paling umum dari air terjun adalah irigasi. Debit air sungai basa saja di bendung lalu dialirkan ke sentra-sentra pertanian dan perkebunan. Hal ini sangat sesuai dengan Indonesia yang terkenal sebagai negara agraris.

Pariwisata - Keindahan air terjun dan bunyi gemericik air yang jatuh dari ketinggian menjadi salah satu potensi wisata alam yang banyak digemari. Buktinya di Indonesia ada Cuban Rondo yang sangat terkenal dan air terjun Niagara yang menjadi air terjun paling ramai di kunjungi wisatawan yang ada di seluruh dunia.
Loading...
Air Terjun Air Terjun Reviewed by Arwini Armitasari on 07:00:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.