9 Jenis Dosa yang Paling Sering Dibuat Oleh Orang India - That Bollywood Lover Must Read!!! - Dzargon

9 Jenis Dosa yang Paling Sering Dibuat Oleh Orang India - That Bollywood Lover Must Read!!!

9 Dosa India yang Paling Disukai dan Resep Dosa

Dzargon - Di Indonesia, Perbuatan Dosa adalah salah satu perbuatan yang paling menyebalkan bagi orang lain. Namun hal tersebut tidak berlaku di India. Ketika seseorang sedang membuat Dosa, besar kemungkinan akan banyak orang yang akan bahagia dan menunggu membuatnya. 

Lah Dosa apa yang bikini Bahagia? Yah Dosa ini dibuat di Dapur. Stop buruk sangka dulu, cukup dunia politik aja yang panas, Dzargoner gak usah ikut-ikut panas. Mending langsung simak saja biar Suzhon tidak berlama-lama.

Resep Masala Dosa Khas India yang Lezat

Dosa Nikmat 

Dosa atau Dosai adalah penganan khas India yang sangat khas di negeri Mahatma Gandhi. Dosa berbentuk seperti Crepes yakni terbuat dari adonan tepung yang di panggang dalam bentuk layer tipis di atas teflon sampai kering sehingga rasanya agak krispi.

Dosa merupakan jajanan kategori Street Food atau jajanan pasar. Rasanya yang khas membuat Dosai tidak hanya digemari oleh orang India namun juga jadi incaran para pelancong yang datang ke Negeri Taj Mahal.

Dosa berbahan dasar adonan terigu dan rempah yang diferementasi. Kuliner India memang suka makhanan berempah. Rasanya yang unik dari teknik masak di atas wajan panas dengan adonan yang sangat tipis dan sedikit minyak. Beberapa penjual Dosai yang masak dengan teflon bahkan tidak menggunakan minyak sama sekali. 

542 resep masakan india enak dan sederhana dosa


Setelah masak adonan tadi dijadikan sebagai kulit yang tentu saja ada isinya. Isinya terbuat dari banyak jenis bahan seperti kari daging, kari ayam, yogurt, kari ikan, buah-buahan dan acar khas India. Setelah di tuangkan di atas kulit lalu ditutup dengan saus dan dilipat menyerupai crepes. 

Dosai untuk anak-anak bahkan hanya diolesi atau selai buah-buahan seperti strawbey, anggur, nenas, dan apel. Tentu saja agar cita rasanya lebih disukai anak-anak anak nikmat.

Dosa Bersejarah

Dosai merupakan salah kuliner tertua di India. Bahkan Kuliner ini sudah dikenal sejak abad ke 5. Pada awal kemunculannya, Kuliner ini hanya disediakan untuk para raja dan bangsawan elit. Namun karena proses akulturasi dan tumbuhnya budaya di India, Dosai sudah bisa dinikmati dari berbagai kalangan bahkan banyak ditemukan di pinggir jalan di Andhra Praddesh, Karnataka, Kerala dan Tamil Nada.

Kedekatan antara Dosa dan orang India mungkin bisa dianalogikan antara orang Indonesia dengan Nasi Goreng atau Nasi Kuning yang biasa dijadikan sebagai sarapan. Dosa tergolong makanan tinggi karbohidrat namun rendah lemak, sehingga aman dari kolesterol.

Dosa sendiri sangat banyak variasinya tergantung dari ketebalan dan juga isi dari Dosa itu sendiri. Paling tidak ada sembilan jenis Dosa yang dikenal secara Umum:
  1. Muttai Dosa - Dosa yang dicampur dengan telur kocok
  2. Masala Dosa - Dosa dengan isian kentang dengan bumbu rempah-rempah dan bawang goreng
  3. China Masala Dosa - Dosa dengan yang diberi isi mie sebagai ganti dari kentang dan juag ditambah saus schezwan.
  4. Mysore Masala Dosa - Dosa yang erbuat dari bawang dan kelapa dengan isian dari bahan makanan yang berwarna merah.
  5. Palak Masalah Dosa - Dosa yang diisi dengan sup ayam kental dengan kentang dan bawang merah lokal / Bawang Bombay
  6. Neer Dosa - Dosa yang kulitnya terbuat dari tepung beras
  7. Rava Dosa - Dosa yang terbuat dari Semolina atau Rava, jadi proses pembuatan tidak perlu difermentasi
  8. Chili Paneer Dosa - Dosa modern dengan cita rasa Amerika yang diisi dengan keju Tumis dan Paprika serta Taco
  9. Uppu Huli Dosa - Dosa yang yang terbuat dari Tempung Gandum, Gandung (uppu) dan asam (huli yang diadon.
Nah itu dia 9 jenis dosa yang sering dibuat oleh orang India. Gimana tergiur mencoba dosa mereka. Kalau sudah tau rasanya makan dosa silahkan komentar dan berbagi pengalaman.

0 Response to "9 Jenis Dosa yang Paling Sering Dibuat Oleh Orang India - That Bollywood Lover Must Read!!!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel