Hard Skill dan Soft Skill yang Harus dimiliki Mahasiswa Di Era Teknologi dan AFTA

5 Keterampilan yang Harus Dimiliki Mahasiswa Masa Kini 

Dzargon - Melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi mungkin menjadi tujuan setiap orang yang telah menuntaskan pendidikannya pada jenjang menengah. Terlebih adanya stigma yang beranggapan bahwa seseorang akan lebih mudah mencapai kesuksesan jika memiliki latar belakang pendidikan tinggi. Memang pada pendidikan tinggi, seseorang akan diberikan waktu beberapa tahun untuk menguasai suatu bidang keilmuan. Namun, di zaman yang telah mengalami perkembangan pada hampir seluruh aspek kehidupan ini, mahasiswa tidak hanya diharapkan memiliki kemampuan yang biasa-biasa saja. Melainkan, mahasiswa diharapkan memiliki nilai diri yang lebih sehingga dapat turut serta dalam persaingan di era global. 

Jika menilik sejarah pada masa lalu, sebenarnya peranan mahasiswa lebih dari belajar di dalam ruang kelas. Sejarah mencatat bahwa mahasiswa memiliki peran yang besar terhadap kemajuan bangsa. Mahasiswa yang dikenal sebagai kaum idealis yang selalu berjuang atas nama kepentingan rakyat dalam mengkritisi kebijakan pemerintah. Perkembangan-perkembangan yang ada tidak pernah luput dari perjuangan mahasiswa, sehingga lahirlah sebutan Agent of change (agen perubahan) bagi mahasiswa. 


Namun, pada saat ini, mahasiswa tidak hanya dituntut untuk mengkritisi masalah-masalah sosial, melainkan juga mahasiswa diharapkan menjadi bagian dari pemberi solusi dari masalah yang ada. Karena pada dewasa ini, lebih dibutuhkan solusi ketimbang kritikan semata tanpa memberikan solusi. Selain menggunakan kemampuan akademik, mahasiswa perlu mengasah beragam keterampilan lainnya agar nantinya dapat menjadi bagian dari agen perubahan sosial. Keterampilan yang perlu dimiliki mahasiswa ini, nantinya akan menjadi bekal bagi mahasiswa ketika mengaplikasikan keilmuannya. Berikut ini beberapa keterampilan yang harus dimiliki mahasiswa pada masa kini.

1. Softskill 

Umumnya kita mengenal soft skill sebagai pasangan dari hard skill. Jika hardskill berbicara mengenai kemampuan akademik, maka soft skill lebih berbicara tentang keterampilan non-teknis atau kecakapan yang dimiliki oleh seseorang untuk berinteraksi dengan dirinya sendiri dan orang lain. Beberapa contoh dari soft skill diantaranya kemampuan: komunikasi, kejujuran, bekerjasama, mampu beradaptasi, menganalisis serta pemecah masalah (problem solver). 

Seseorang yang mampu mengasah soft skill-nya tentu akan lebih mudah diterima oleh orang lain, dibandingkan dengan seseorang yang hanya mengedepankan hard skill. Karena pada dasarnya, pada dunia profesional, hal utama yang diperlukan adalah soft skill terutama kemampuan adaptasi dan bekerjasama dalam tim. Untuk itu, untuk dapat mengembangkan berbagai keterampilan soft skill ini, seharusnya dimulai sejak bangku kuliah. 

Selain belajar di kelas, mahasiswa dapat melatih berbagai keterampilan soft skill dengan berperan aktif pada organisasi mahasiswa. Karena di organisasi, secara tidak langsung seseorang akan belajar di dalam tim yang memiliki suatu tujuan yang hendak dicapai. Oleh karena itu, keseluruhan aktivitasnya tentu berkaitan dengan pengasahan soft skill. Soft skill sendiri memang tidak dapat dilatih dalam waktu yang sebentar, namun memerlukan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, pelibatan diri dalam organisasi tentu akan sangat melatih soft skill Anda. 

cewek cantik hijab manis dan seksi di dalam perpustakaan UGM UI ITB UNY UNHAS

2. Penguasaan Bahasa Asing

Perkembangan teknologi menghantarkan kita pada zaman yang memudahkan kita mendapatkan beragam informasi dari berbagai sumber. Agar kita mendapatkan hal positif dari beragam informasi yang masuk ini, maka kita memerlukan kemampuan untuk dapat memahami dan mengolah informasi tersebut. Salah satu cara untuk dapat memahami informasi tersebut adalah dengan menguasai asing. 

Dengan menguasai bahasa asing, seperti bahasa Inggris, Anda akan dengan mudah memilih dan memahami informasi yang bermanfaat bagi Anda. Selain memahami informasi yang ada, penguasaan bahasa asing akan sangat membantu Anda dalam berbagai aspek, seperti interaksi dengan orang lain, melanjutkan pendidikan di dalam maupun luar negeri, mendapatkan pekerjaan serta membangun relasi usaha. 

Penguasaan bahasa asing bukan lagi menjadi suatu momok atau menjadi suatu perdebatan mengenai nasionalisme yang sebenarnya tidak ada keterkaitannya sama sekali. Penguasaan bahasa asing mutlak diperlukan pada saat ini, karena penguasaan bahasa asing dapat menjadi bekal bagi diri Anda untuk dapat semakin berkembang. Oleh karena itu, selama Anda masih duduk di bangku kuliah, upayakanlah mempelajari bahasa asing dan upayakanlah Anda menguasainya dengan fasih. 


Walaupun iklim mempelajari bahasa asing di lingkungan keluarga atau teman-teman Anda kurang kondusif atau kurang mendukung, tetaplah kukuh untuk mempelajarinya. Anda dapat memanfaatkan beragam prasarana, seperti kursus secara klasikal, atau anda dapat belajar secara otodidak dengan menggunakan lagu, film, aplikasi atau website yang dapat digunakan untuk melatih kemampuan bahasa asing Anda. Setelah mempelajarinya, beranikanlah diri Anda untuk mempraktikan penggunaan bahasa asing tersebut dalam komunikasi Anda. Karena mempraktekan secara langsung akan mempercepat kefasihan Anda. 

Mahasiswi ITENAS MAnis dan cantik dan manis Penguasaan Bahasa Asing

3. Keterampilan Dalam Bidang TI 

Berbicara mengenai penguasaan teknologi informatika, bukan hanya diperuntukan bagi mahasiswa bidang informatika, melainkan penguasaan teknologi informatika sudah semestinya dimiliki oleh seluruh mahasiswa. Karena perkembangan zaman yang berbasiskan teknologi ini hanya akan mampu diikuti oleh seseorang yang memiliki keterampilan dalam mengoperasikan teknologi informatika. 

Saat ini telah banyak media yang dapat digunakan untuk mengembangkan diri dalam bidang teknologi informatika. Media informatika yang dapat Anda pelajari selain Microsoft, diantaranya photoshop, corel, coding, cloud computing. Karena program-program tersebut sangat diperlukan pada saat ini, baik untuk keperluan desain, pengembangan program, penyimpanan data dan lainnya. Jika Anda memiliki keterampilan yang mempuni di bidang ini tentu orang lain akan memiliki pandangan yang lebih pada diri Anda, walaupun Anda tidak berkuliah di jurusan informatika. 

Memiliki keterampilan dalam bidang IT juga nantinya akan membuat Anda semakin ingin mempelajari bidang IT yang lebih luas lagi. Karena orang yang menguasai bidaang IT masih tergolong sedikit yang kemudian mengembangkannya pada bidang lain, seperti wirausaha berbasis informatika. 

Keterampilan Dalam Bidang TI  cewek cantik dan manis jago Coding

4. Keterampilan Memanfaatkan Teknologi Digital

Teknologi sudah sangat berkembang pada dewasa ini, maka keterampilan berbasis teknologi digital sangat diperlukan. Jika Anda memiliki keterampilan dalam dunia digital, Anda akan mudah menemukan situs yang dapat membantu mengembangkan potensi diri Anda. Anda dapat menemukan beragam artikel yang sesuai kebutuhan Anda, atau situs-situs yang bermanfaat bagi Anda. Karena akan sangat disayangkan, jika kemampuan dalam mengoperasikan dunia digital, hanya digunakan untuk bermedia sosial. Perkembangan teknologi dewasa ini sejatinya tidak hanya berkaitan dengan media sosial, melainkan banyak platform lain yang lahir dari teknologi digital, maka banyak hal yang dapat Anda pelajari dari teknologi digital. 

Lebih jauh lagi, perkembangan teknologi yang sangat pesat sebenarnya dapat menjadi peluang bagi Anda untuk berpartipasi di dalamnya. Sehingga Anda tidak lagi hanya menjadi konsumer dari teknologi tersebut. Anda dapat lebih mengasah keterampilan Anda dengan memanfaatkan dunia maya sebagai media belajar Anda. Anda dapat memanfaatkan situs, blog, video blog atau media online lainnya yang dapat menjadikan diri Anda sebagai digital content creator seperti blogger, vloger atau app developer. 

Dengan memiliki keterampilan memanfaatkan media digital, setiap harinya Anda akan selalu merasa tertantang untuk menghasilkan beragam karya. Hal ini secara tidak langsung akan melatih sisi kreativitas Anda. Hal ini tentu saja akan menjadi nilai plus bagi diri Anda, karena Anda akan dinilai sebagai seseorang yang tidak gagap teknologi, bahkan dianggap sebagai seseorang yang tanggap teknologi. 

Sebagaimana diketahui telah banyak anak muda Indonesia yang mengembangkan beragam aplikasi berbasiskan media digital. Bahkan yang lebih membanggakan lagi, aplikasi tersebut telah memberikan manfaat dan kemudahan bagi orang lain. Dengan media digital, kita mampu menghilangkan batas-batas yang selama ini menjadi kendala bagi pengaplikasian suatu program. 

Peluang untuk berperan aktif dalam teknologi digital sangat terbuka lebar, karena hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat telah berbasiskan teknologi digital, bahkan dikatakan masyarakat telah masuk ke sebuah era baru, yakni era digital. Era digital ini ditandai dengan berkembangnya penggunaan media digital dalam kehidupan masyarakat. Semakin pesatnya penggunaan media digital, menunjukkan bahwa media digital mudah diterima masyarakat karena keefektifan dan keefisienan yang ditawarkan. 

Hal ini dibuktikan dengan hasil berbagai riset yang menunjukkan bahwa setiap tahunnya selalu terjadi peningkatan penggunaan internet di kalangan masyarakat. Oleh karena itu, peluang untuk berkecimpung di dunia digital sangat terbuka lebar. Maka, akrabkanlah diri Anda dengan teknologi digital sejak saat ini, karena mengembangkan aplikasi berbasiskan teknologi digital sangat besar peluangnya. 

mahasiswi Vlogger cantik selalu pakai Tanktop

5. Keterampilan Berwirausaha

Mahasiswa pada dewasa lebih perlu mengasah kreativitas dan inovasi. Kreativitas dan inovasi yang dihasilkan oleh mahasiswa tersebut, nantinya dapat dituangkan dalam aktivitas wirausaha. Sehingga mahasiswa tidak lagi berorientasi mencari pekerjaan, namun juga dapat membuat pekerjaan sendiri. Hal kecil yang dapat mahasiswa lakukan untuk melatih kemampuannya berwirausaha dapat dimulai dari dunia maya. 

Jika seorang mahasiswa telah mampu memanfaatkan media digital dan ia memiliki konsistensi di bidang tersebut, maka mahasiswa itu dapat memanfaatkan media digital yang memberikan penghasilan. Contohnya menjadi programmer, atau menjadi blogger yang membuat situs yang memuat beragam artikel bermanfaat, menjadi vlogger yang membuat konten video tutorial, app developer, teknopeuneur yang memanfaatkan e-commerce, serta masih banyak lagi. 

Selain itu banyak lagi aktivitas yang dapat dilakukan mahasiswa untuk mengasah keterampilannya berwirausaha, asalkan Anda jeli melihat peluang yang ada. Karena sebenarnya telah banyak pengusaha yang mulai membangun usaha sejak menjadi mahasiswa. Jika usaha telah dirintis sejak di bangku kuliah bukan tidak mungkin nantinya usaha tersebut akan berkembang dan dapat bermanfaat bagi banyak orang, bahkan dapat menciptakan lapangan kerja bagi banyak orang. Hal ini tentu saja menjadi solusi terbaik, karena sabagaimana diketahui salah satu masalah sosial yang ada adalah tingginya angka pengangguran. Anda dapat memilih menjadi wirausaha biasa, wirausaha teknopreuner (wirausaha berbasiskan teknologi) atau keduanya. 

Keterampilan Berwirausaha mahasiswi jago jualan adalah tipe mahasiswi manis

Demikianlah 5 keterampilan yang perlu dimiliki mahasiswa masa kini. Sebagai mahasiswa yang memiliki banyak waktu untuk belajar, pelajarilah juga hal lain di luar bidang Anda. Penguasaan terhadap bidang yang Anda geluti juga memang sangat penting, karena hal itulah yang nantinya akan menjadi dasar bagi Anda untuk mengembangkan diri Anda. Namun, di sisi lain banyak hal yang perlu Anda pelajari untuk semakin meningkatkan kualitas diri Anda. Terlebih di era yang berbasiskan teknologi ini, semakin banyak keterampilan yang harus Anda miliki, agar dapat bersaing di era digital. Maka, mulailah diri Anda untuk mengasah beragam keterampilan tersebut.

0 Response to "Hard Skill dan Soft Skill yang Harus dimiliki Mahasiswa Di Era Teknologi dan AFTA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel