Anak Kos Harus Hindari Menu Makan Ini BIar Tidak Lemas Saat Puasa Ramadhan

Makanan yang Membuat Cepat Lapar dan Lemas Saat Puasa di Bulan Ramadhan

Dzargon - Mahasiswa adalah salah satu mahluk yang kehidupan terkenal kurang teratur untuk masalah makanan karena terlalu banyak tugas atau memang karena tidak mampu mengelola keuangan dengan baik. Hasilnya di bulan Puasa, kebanyakan Mahasiswa akan kesulitan dalam mengatur pola makan dan menu yang harus di makan, ditambah dengan kesibukan di kampus yang tentu saja padat membuat tenaga menjadi cepat habis.


Salah satu solusi agar tidak mudah lemas di tengah kesibukan yang menumpuk saat puasa, tentu saja kuncinya adalah makanan yang masuk saat Sahur tiba. Sahur merupakan hal yang penting saat puasa di bulan Ramadhan, tidak hanya karena perintah mengakhirkan sahur adalah sunnah, tapi juga karena di sahur tersebut menjadi bekal energi yang akan digunakan saat siang hari. Nah Agar tidak mudah lemas, paling tidak saat sahur dilakukan hindari makanan yang sangat akrab dengan kehidupan mahasiswa berikut ini:

#1. Mie Instan

Anak Kos, Mahasiswa dan Mie Instan sepertinya tiga hal yang sulit dipisahkan, mungkin karena sangat efektif membuat kenyang, mudah dibuat dan yang paling utama murah meriah. Tak ayal menu ini menjadi sangat laris bagi anak kos yang sering bangun telat atau malas untuk makan. Padahal Mie Instan mengandung banyak natrium dan Garam sehingga membuat tubuh lebih mudah dehidrasi. Selain garam, Karbohidrat di Mie Instan sangat seberhana sehingga akan di cerna dengan cepat jadinya lebih cepat mengantuk dan tentu saja lapar.

cewek cantik baru bangun tidur makan mie instan

#2. Makanan Pedas dan Berminyak

Makanan jenis yang ke dua yang harus di Hindari adalah makanan Pedas berminyak. Makanan pedas tentu saja akan membuat perut menjadi tidak nyaman dan memicu peningkatan Asam Lambung. Hasilnya tentu saja bisa jadi kembung, mules, nyeri perut dan yang paling parah adalah diare yang akan mengganggu aktivitas selama berpuasa/Kalau keterusan bisa-bisa puasa tahun ini tidak pool gegara BAB.


Makanan berlemak juga sangat tidak pentingnya untuk sahur, kadar lemak tinggi yang kebanyakan dari Minyak bisa memperlambat perdaraan darah sehingga tubuh jadi kehilangan tenaga dan cenderung mengantuk. Orang Indonesia memang sangat identik dengan makanan sambal dan berminyak, bukannya dilarang sama seklai tapi sebiaknya porsinya dikurangi selama bulan Ramadhan.

cewek gila mahasiswi Makanan Pedas dan Berminyak

#3. Makanan Manis

Makanan manis memang menjadi salah satu teman ngemil mahasiswa, hanya saja sangat sayang jika makanan ini juga di bawa di waktu sahur. Makanan manis bisa jadi  kue, biskuit, cake, Coklat, sampai permen adalah jenis makanan manis yang memiliki kandungan Gula Sederhana. Makanan ini sangat cepat diubah menjadi energi oleh tubuh hasilnya akan membuat cepat kenyang namun tidak bertahan lama, sehingga belum siang hari, tubuh sudah mulai merasa lapar. 

Kabar baiknya ada dua, yakni Makanan manis sangat cocok dijadikan menu buka puasa yang baik dna juga untuk sahur makanan bisa digantikan dengan menu sahur yang mengandung kadar gula kompleks seperti buah-buahan yang mengandung banyak serat.

Makanan Manis jilbab hijab manis

#4. Kopi dan Teh

Gak ngopi gak asik, atau gua mahasiswi biar keren harus ngopi, yah mungkin ada betulnya namuan paling tidak hindari ngopi atau ngeteh pada saat sahur. Kedua minuman tersebut bersifat deuretik atau membuat tubuh terangsang agar lebih sering mengeluarkan urine, hasilnya tubuh akan dengan cepat kehilangan cairan tubuh dan hasilnya jadi lebih cepat lemas.

Kopi dan Teh cewek manis sahur saat bulan ramadhan di dalam rumah

Nah itu dia tadi 4 makanan yang sebaiknya di kurangi dan kalau perlu di hindari oleh mahasiswa ketika sedang sahur di bulan Ramadhan. Mungkin makanan tersebut terlihat nyaman dna mudah disajikan namun masih banyak makanan lain yang lebih murah dan juga sehat untuk puasa seperti Tempe atau Sayur Lodeh

No comments