Lokasi dan Penginapan Di Pantai Indrayanti - Pesona Wisata Jogja

Wisata Alam ke Pantai Indrayanti Yogyakarta 

Dzargon - Belakangan ini kawasan Gunung Kidul menjadi sorotan para wisatawan yang mengunjungi Yogyakarta. Pasalnya di kabupaten Gunung Kidul yang letaknya cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta ini, nyatanya menyimpan berbagai destinasi wisata yang tidak kalah istimewa dengan destinasi wisata yang ada di kota Yogyakarta. Gunung Kidul diketahui memiliki destinasi wisata alam berupa beberapa pantai eksotis. Salah satu pantai yang menjadi tujuan wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta, adalah Pantai Indrayanti. Pantai Indrayanti ini memang sangat cocok untuk dijadikan tempat untuk melepas penat. Tidak hanya pemandangan pantai jernih yang mampu ditampilkan oleh pantai ini, melainkan juga fasilitas yang lengkap sangat mempermudah wisatawan untuk mengunjungi pantai ini. 


Tidak seperti nama pantai lainnya, yang umumnya diberi nama berdasarkan lokasi pantai tersebut berada. Pantai ini diberi nama Indrayanti karena ketidaksengajaan. Pada mulanya pantai ini belum diketahui keberadaannya oleh khalayak ramai, sehingga wisatawan yang datang hanya mengetahui pantai ini dari satu orang ke orang lain. Nama Indrayanti sendiri diambil dari nama sebuah restaurant yang ada di dekat pantai ini. Sehingga untuk mempermudah mengetahui pantai ini, wisatawan menggunakan nama restaurant Indrayanti tersebut untuk lebih mempermudah pengenalan pantai ini.

Untuk lebih mengenal pantai ini dan menambah informasi Anda seputar pantai Indrayanti, Wisata Holik akan membahas berbagai informasi seputar Pantai Indrayanti. 

Pantai Indrayanti indah

1. Lokasi dan Akses Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti berada di Dusun Ngasem, Nama pantai ini terdengar sedikit aneh, sebab namanya lebih mirip nama wanita Jawa. Pantai yang terletak di Dusun Ngasem, Desa Tepus, Kecamatan Gunungkidul. Lokasi ini sangat strategis, karena berdekatan dengan lokasi pantai lainnya. Sehingga, walaupun letaknya jauh dari pusat kota Yogyakarta, Anda tidak akan merasa rugi karena jajaran pantai indah akan menyambut Anda. 


Untuk dapat sampai ke lokasi pantai ini, apabila Anda berada di kota Yogyakarta, Anda disarankan menggunakan kendaraan pribadi. Selain akan lebih mudah, Anda akan lebih bebas untuk mengunjungi pantai lain yang ada di sekitar pantai Indrayanti. Akses yang dapat Anda tempuh menuju lokasi ini, Anda perlu menuju kota Wonosari, Gunung Kidul. Dari Kota Wonosari, Anda menuju ke arah selatan menuju pantai Baron, yang kemudian sekitar 9 km, Anda akan menemukan pertigaan besar di Desa Mulo. Dari pertigaan Mulo ini. Anda berbelok ke arah kiri, yakni arah Tepus. Kemudian, Anda akan melewati beberapa desa, hingga nanti Anda akan menemukan pertigaan di desa Tepus. Dari pertigaan Desa Tepus ini, Anda mengambil arah ke kanan menuju pantai Indrayanti.

cewek cantik pakai baju ketat dan rok mini cewek Igo seksi Lokasi dan Akses Pantai Indrayanti

Jika Anda berasal dari luar kota, Anda dapat menggunakan berbagai transportasi untuk sampai ke Yogyakarta. Jika Anda menggunakan pesawat, Anda dapat menuju bandara Adi Sucipto, dan jika Anda menggunakan kereta api, Anda nantinya akan sampai di stasiun Tugu Yogyakarta atau stasiun Lempunyangan. Atau jika Anda menggunakan bis, Anda dapat turun di terminal Giwangan atau terminal Jombor. Dari bandara, stasiun, mupun terminal, Anda dapat menyewa kendaraan di tempat penyewaan kendaraan yang umumnya berada di dekat bandara, stasiun atau terminal. Anda dapat menyewa kendaraan beroda dua atau beroda empat dengan harga yang bervariasi. Umumnya, kendaraan bermotor akan dikenakan tariff Rp 60.000 per-hari atau Rp 300.000 untuk kendaraan beroda empat per-harinya. 

Walaupun jarak yang ditempuh cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta atau dari kabupaten Sleman, namun Anda tidak akan merasa kecewa, karena Pantai Indarayati menawarkan keindahan panorama pantai yang sangat indah dan menyejukkan mata. Paduan antara pasir putih dan air laut jernih ditambah suasana yang hening menjadi suatu hal yang sulit untuk dilewatkan. Dengan kondisi yang sangat mendukung tersebut, banyak aktivitas air yang dapat dilakukan di pantai ini. 

Untuk memasuki pantai Indrayanti ini, Anda akan dikenakan tiket masuk. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena tiket masuk ke lokasi pantai ini tidak terlalu mahal, yakni hanya Rp 10.000. Harga Rp 10.000 ini, dapat Anda gunakan untuk memasuki pantai lain yang berada di sekitar Indrayanti, seperti Drini, Sepanjang, Sundak, Krakal dan Poktunggal. Harga ini sangat terjangkau. Biaya tambahan lain yang perlu Anda bayarkan hanyalah ketika Anda memarkir kendaraan. Di setiap pantai Anda akan dikenakan biaya parker Rp 4.000 untuk kendaraan beroda dua dan Rp 15.000 untuk kendaraan beroda empat. 

2. Wisata yang ada di Pantai Indrayanti

Panorama pantai Indrayanti tersusun atas tebing, pasir putih dan air laut yang jernih. Perpaduan ini menjadikan pantai Indrayanti menjadi tempat favorit bagi wisatawan untuk melepas penat. Walaupun telah cukup banyak diketahui olwh wisatawan, pantai ini tetap terjaga kebersihan dan kejernihan airnya. Hal ini jugalah yang menjadi pendukung bagi wisatawan untuk berwisata ke pantai ini. Berbagai aktivitas dapat Anda lakukan di pantai ini. Anda dapat menyusuri tebing yang ada di tepi pantai ini. Dari tebing ini, Anda akan dapat melihat keindahan pantai Indrayanti dari ketinggian. Anda juga dapat menikmati pemandangan hamparan lautan luas di area pantai Indrayanti. 

Bagi Anda yang gemar bermain air, pantai ini sangat cocok sekali untuk Anda. Karena Anda dapat bermain bekejaran dengan ombak di bibir pantai. Karna jernihnya pantai ini, di pinggir pantai Anda akan menemukan sekumpulan karang dan alga hijau. Tak jarang juga di rongga karang terdapat bulu babi. Selain itu, hal menarik lain dari pantai ini adalah pasirnya putih terbentuk dari campuran pasir dan cangkang hewan laut. Sehingga Anda akan melihat beraneka ragam warna cangkang hewan laut yang tercampur bersama pasir. Namun, Anda disarankan untuk tidak mengambil pasir ini. 

Apabila ombak tidak tinggi, Anda dapat berenang-renang di pantai ini, karena pantai ini cukup aman, namun Anda disarankan untuk tetap waspada. Selain itu, hal menarik lain yang ditawarkan pantai ini adalah pantai ini dapat digunakan untuk berkemah. Anda dapat membawa perlengkapan kemah sendiri atau menyewa perlengkapan kemah yang ada di sekitar pantai ini. Keuntungan jika Anda berkemah di pantai ini, Anda dapat merasakan tidur di sekitar suasana pantai yang tentu merupakan kesempatan yang jarang akan anda dapatkan. Anda juga dapat menikmati pemandangan tenggelam dan terbitnya matahari dengan lautan sebagai latarnya. 

wisat aindah dan keren

3. Fasilitas di Pantai Indrayanti

Sebagai pantai yang mulai dikenal oleh wisatawan, pantai Indrayanti telah memiliki berbagai fasilitas yang menunjang kenyamanan wisatawan. Di tepi pantai telah banyak warung makan yang berjajar rapih menjajakan berbagai panganan khas laut. Selain itu, tersedia juga berbagai jenis makanan lain dan minuman dengan harga yang sangat terjangkau. Di antara rumah makan ini juga terdapat toilet dan kamar mandi. Sehingga setelah Anda puas bermain air, Anda dapat membersihkan diri di kamar mandi yang tersedia. Tarif untuk penggunaan kamar mandi juga sangat terjangkau yakni hanya Rp 2.000.

Apabila Anda ingin menikmati hening di tepi pantai, Anda dapat menyewa tikar dan payung besar untuk menunjang kenyamanan Anda. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, yakni Rp 20.000. Dan bagi anda yang beragama muslim, Anda akan dengan mudah menemukan mushola di area pantai. Selain itu, bagi Anda yang masih ingi menikmati pantai Indrayanti dan pantai lainya, Anda dapat menyewa kamar di penginapan yang ada di sekitar pantai Indrayanti ini. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 100.000. 

Namun, bagi Anda yang ingin menikmati suasana pantai dengan cara yang berbeda, Anda dapat berkemah dengan membuat tenda di tepi pantai. Peralatan berkemah dapat Anda bawa sendiri atau menyewa di tempat penyewaan yang ada di area pantai ini. Jika Anda membawa perlengkapan kemah sendiri, Anda hanya dikenakan biaya Rp 20.000 per-tenda/ malam. Namun, jika Anda menyewa perlengkapan kemah di area pantai, Anda perlu membayar sesuai dengan banyaknya perlengkapan yang Anda sewa. Umumnya, tenda disewakan seharga Rp 100.000. Apabila Anda bermalam di area pantai, usahakanlah bangun pada pagi hari dan pergilah ke tebing yang ada di tepi pantai. Jika cuaca cerah, Anda dapat menikmati pemandangan matahari terbit dari atas tebing. 

4. Destinasi Wisata Lain di Sekitar Pantai Indrayanti

Karena berada di wilayah jajaran pantai, maka akan banyak pantai yang dapat Anda kunjungi ketika berada di pantai Indrayanti. Berikut ini beberapa pantai yang berlokasi dekat dengan pantai Indrayanti:

#1. Pantai Pok Tunggal

Salah satu pantai Gunung Kidul lainnya yang namanya sudah dikenal oleh masyarakat adalah pantai Pok Tunggal. Pantai ini hanya berjarak beberapa meter dari pantai Indrayanti, namun untuk memasuki pantai ini Anda perlu melalui jalanan beralas tanah dan berbatu telebih dahulu sepanjang beberapa meter. Anda tidak perlu khawatir, karena jalanan ini dapat dilalui oleh kendaraan. Sama seperti karakter pantai Indrayanti, pantai Pok Tunggal tersusun atas tebing, pasir putih dan air laut yang jernih. Akan sangat mengesankan apabila berkunjung ke pantai ini. 

pantai indah dan manis cewek cantik dan manis Pantai Pok Tunggal

#2. Pantai Watualang

Berbeda dari pantai Indrayanti dan pantai Pok Tunggal, pantai Watualang tergolong pantai yang masih sepi pengunjung. Walaupun, karakter pantai selatannya tetap sama yakni pasir putih dan air laut yang jernih, namun pantai ini belum banyak diketahui oleh wisatawan. Dengan begitu menjadi suatu keuntungan bagi Anda, karena Anda dapat dengan puas bermain-main di pantai ini. Anda pun tidak perlu khawatir karena di pantai ini juga terdapat warung yang menyediakan makanan dan minuman serta kamar mandi. 

pasir putih indah dan manis

#3. Pantai Ngandong

Bagi Anda yang bertanya-tanya, apakah pantai di Gunung Kidul terdapat aktivitas snorkeling. Pertanyaan Anda akan terjawab di pantai ini. Di Pantai Ngandong, Anda dapat melakukan olahraga air snorkeling. Anda akan dapat melihat keindahan bawah laut dengan hanya menyewa alat snorkeling sebesar Rp 25.000. 

#4. Pantai Drini

Pantai lain yang jaraknya dekat dengan Pantai Indrayanti adalah pantai Drini. Berkunjunglah di hari yang tepat, karena Anda akan dengan bebas menikmati pantai ini. Karena jika di hari libur, pantai Drini termasuk pantai yang sudah dikenal oleh wisatawan sehingga akan sangat ramai pengunjung. 

pasir putih indah dan mnais cewek cantik dan keren

#5. Pantai Sarangan

Jajaran pantai lain yang berdekatan dengan pantai Indrayanti adalah pantai Sarangan. Di pantai Sarangan ini Anda dapat menikmati pantai indah dengan batuan yang besar. Pantai ini pun tergolong pantai yang sepi sehingga Anda dapat dengan bebas bermain air di pantai ini. Namun, Anda perlu hati-hati karena di tepi pantai ini terdapat rongga karang yang berisi bulu babi. Anda perlu berhati-hati apabila tidak menggunakan alas kaki berjalan di antara karang ini. 

6. Bukit Kubengan 

Jika beberapa wisata di atas membahas mengenai pantai, satu tempat wisata yang jaraknya dekat dengan pantai Indrayanti ini merupakan bukit. Bukit yang menjulang tinggi ini, sangat tepat untuk disinggahi. Karena sejauh mata memandang, Anda akan disuguhi oleh pemandangan lautan yang luas diiringi ombak bekejaran menerpa tebing. Pada waktu-waktu tertentu tak jarang Anda akan mendapati warga sekitar yang memancing di sekitar tebing ini.

Perkiraan Akomodasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Indrayanti

Menyewa kendaraan roda 4 : Rp 300.000 
Tiket masuk pantai Indrayanti : Rp 10.000 
Parkir kendaraan : Rp 15.000 
Penyewaan alat snorkeling : Rp 25.000 
Biaya perkemahan : Rp 20.000 

Tips Kunjungan dan LaranganWisata di Pantai Indrayanti

  • Jika Anda ingin menikmati suasana yang sunyi khas pantai Indrayanti, maka pilihlah waktu yang tepat/ bukan waktu libur bersama 
  • Mengecek kondisi alam menuju Gunung Kidul 
  • Menyiapkan perbekalan apabila Anda hendak bermalam di kawasan pantai Gunung Kidul 
  • Menyiapkan berbagai keperluan apabila Anda bermain hingga malam hari. Karena penerangan di beberapa pantai Gunung Kidul belum merata, maka Anda harus mempersiapkan diri Anda 
  • Perhatikan beberapa peraturan yang dibuat kebijakan masyarakat sekitar mengenai pengelolaan wisata di sepanjang kawasan pantai Gunung Kidul. Beberapa peraturan yang perlu ditaati oleh wisatawan diantaranya: 
  • Wisatawan tidak diperkenankan membuang sampah sembarangan di pantai maupun di laut 
  • Wisatawan tidak diperkenankan menangkap biota perairan dengan alasan apapun 
  • Wisatawan tidak diperkenankan mengambil pasir pantai dengan alasan apapun 
  • Aktifitas snorkeling tidak diperbolehkan menginjak dan merusak terumbu karang 
  • Wisatawan tidak boleh merusak lingkungan dan menebang pohon yang ada di area pantai 
  • Wisatawan harus mengikuti peraturan-peraturan lainnya yang berlaku di lokasi wisata tersebut, termasuk menghormati nilai dan norma-norma masyarakat 
  • Wisatawan yang hendak berkemah harap memberitahu petugas yang berjaga di pantai, untuk menjaga keamanan diri Anda 
  • Apabila Anda berkemah, pastikan tenda Anda berjarak cukup jauh dari bibir pantai karena ketika malam hari terjadi pasang air laut yang menyebabkan air laut naik hingga menyentuh bibir pantai 
  • Carilah informasi yang lebih spesifik mengenai lokasi dan biaya penginapan yang ada di sekitar pantai Indrayanti karena penginapan yang ada sangat bervariasi 

Tips Untuk Snorkling di Wisata Pantai Indrayanti

Jika Anda tertarik untuk melakukan snorkeling, maka Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut:
  • Periksa terlebih dahulu peralatan yang akan Anda gunakan, pastikan semua peralatan dalam dapat digunakan dengan baik. 
  • Berlatihlah bernafas terlebih dahulu menggunakan snorkel selama beberapa menit 
  • Mintalah bantuan pemandu atau teman Anda untuk mendampingi Anda selama Anda menyelam 
  • Usahakan untuk menyelam bersama dan jangan melepaskan diri terlalu jauh dari teman-teman Anda 
  • Pemandangan bawah laut mungkin sesuatu yang baru bagi Anda, upayakan agar Anda tetap memperhatikan keadaan sekitar demi keselamatan Anda 
  • Beradaptasilah dengan cepat ketika Anda berada di dalam air, agar Anda dapat menikmati panorama laut Indrayanti yang indah

0 Response to "Lokasi dan Penginapan Di Pantai Indrayanti - Pesona Wisata Jogja"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel