Fasilitas dan Isi Taman Pintar Yogyarkata - Tempat Wisata yang Bernilai Edukatif


Wisata Edukatif ke Taman Pintar Yogyakarta

Dzargon - Berkunjung ke Yogyakarta, Anda tidak hanya dapat menikmati wisata alam dan kebudayaan khas Yogyakarta. Banyak hal lain yang dapat dinikmati di kota yang penuh romantisme ini. Salah satu wisata yang dapat dikunjungi oleh orang dewasa dan anak-anak adalah taman pintar Yogyakarta. Sesuai dengan namanya, berkunjung ke taman ini akan menambah wawasan Anda seputar dunia sains. Taman pintar memang sengaja didirikan untuk memperkenalkan dan mengedukasi masyarakat dengan berbagai hal yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan alam.Hal ini sebenarnya didasarkan pada perkembangan zaman yang pada dewasa ini sangat dipengaruhi oleh ilmu pengetahuan dan teknologi. 


Berdasarkan sejarahnya, taman pintar Yogyakarta didirikan berdasarkan gagasan Walikota Yogyakarta pada waktu itu, Herry Zudiant. Pembangunan taman pintar ini diawali pada tahun 2016, dan diakhiri pada tahun 2007. Sejak awal pembukaannya sebagai salah satu destinasi wisata di Yogyakarta ini selalu mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke taman ini. Taman pintar Yogyakarta sendiri memiliki mastot burung hantu yang mengenakan blankon.Burung hantu memiliki makna sebagai burung yang memiliki kepekaan yang tinggi terhadap lingkungan yang ada di sekitarnya, sedangkan blangkon merupakan bagian dari pakaian adat Yogyakarta. Sehingga melalui maskot ini, wisatawan akan mudah mengingat taman berkonsep sains dan teknologi yang berada di Yogyakarta ini. 

Sebagai destinasi wisata yang berupaya menawarkan sajian lain dari sudut Yogyakarta lainnya, Taman Pintar Yogyakarta memiliki beragam wahana edukatif yang dapat dinikmati oleh anak-anak. Hal ini tentu saja sangat menarik karena taman pintar dapat menjadi alternatif destinasi wisata yang tidak hanya menghibur, namun juga mengedukasi dan memberikan pengalaman baru bagi anak-anak terkait ilmu pengetahuan dan teknologi. Karena sebagaimana dipahami, bahwa untuk memiliki ketertarikan lebih terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi, anak-anak dapat menggunakan alat peraga yang akan membantunya memahami konsep ilmu pengetahuan dan teknologi.

Taman Pintar Wisata Edukatif

Lokasi dan Akses Menuju Taman Pintar Yogyakarta

Lokasi Taman Pintar Yogyakarta tergolong sangat strategis, karena terletak di pusat kota Yogyakarta, yang dekat dengan destinasi wisata lainnya. Lebih spesifik, Taman pintar Yogyakarta beralamat di Jalan Penembahan Senopati No.3, Yogyakarta. Lokasi ini beberada di area untuk shooping center dan taman Budaya Yogyakarta. Karena berada di pusat kota Yogyakarta, maka akses menuju lokasi Taman Pintar sangat mudah. Apabila Anda berangkat dari Stasiun Tugu, Anda dapat menggunakan berbagai transportasi umum khas Yogyakarta untuk mengantarkan Anda ke Taman Pintar.Karena lokasi stasiun Tugu atau stasiun Yogyakarta ini sangat dekat dengan lokasi Taman Pintar.Anda dapat menggunakan becak atau andong yang akan mengantarkan anda ke Taman Pintar.Biaya yang perlu Anda keluarkan ketika memilih menggunakan transportasi ini adalah sekitar Rp 15.000-Rp 20.000.Karena lokasi stasiun Tugu atau stasiun Yogyakarta ini sangat dekat dengan lokasi Taman Pintar. Anda dapat menggunakan becak atau andong yang akan mengantarkan anda ke Taman Pintar. Biaya yang perlu Anda keluarkan ketika memilih menggunakan transportasi ini adalah sekitar Rp 15.000-Rp 20.000.

Bila Anda berangkat dari Bandara Adisucipto, Anda dapat menggunakan bus Trans Jogja trayek 3B atau 3A via jalan Malioboro, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit, Anda di depan Taman Pintar. Biaya yang dikenakan mengguanakan bus Trans Jogja ini adalah sebesar Rp 3.500.

Sedangkan bagi Anda yang berangkat dari Terminal Giwangan, Anda dapat menggunakan bus kota jalur 4 atau 10 via Jalan Malioboro. Sekitar 30-45 menit, Anda akan sampai di depan Benteng Vredeburg yang berada di jalan Malioboro. Dari benteng ini, Anda hanya cukup berjalan kaki sekitatar 100 meter ke arah timur untuk dapat sampai ke Taman Pintar Yogyakarta. Biaya yang perlu Anda keluarkan ketika menaaiki bus kota ini adalah sekitar Rp 5.000 – Rp 10.000. 

Taman Pintar memiliki berbagai wahana menarik yang dapat Anda kunjungi.Tiket masuk yang ditawarkan oleh destinasi wisata ini pun tergolong cukup terjangkau.Harga tiket masuk di Taman Pintar bervariasi, mulai dari Rp. 3.000,- hingga Rp. 20.000,- bergantung dengan wahana yang dituju.Taman Pintar sendiri mulai beroperasi pukul 09:00 hingga 16:00 WIB, dari hari Selasa hingga hari Minggu. Sedangkan untuk hari Senin, Taman Pintar tutup, kecuali pada hari Senin tersebut bertepatan dengan hari libur Nasional, Taman Pintar akan buka seperti hari lainnya.

Wisata ke Taman Pintar Yogyakarta 

Sejak berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia barat, berbagai upaya dilakukan oleh banyak negara untuk dapat mengikuti arus ini. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengikuti arus peradaban tersebut adalah mengenalkan masyarakat pada sains, dan taman pintar adalah sebagian kecil dari upaya tersebut. Taman pintar hadir dengan konsep arena wisata sekaligus arena untuk mengedukasi masyarakat, terutama anak-anak untuk mengenal dan mengasah anak dalam penguasaan sains dan teknologi.

Berbagai wahana yang ada di Taman Pintar diantaranya, Zona Playground, gedung PAUD, Gedung Oval Kotak, Gedung Memorabilia dan Planetarium. 

a. Zona Playground

Zona playground merupakan zona awal yang akan wisatawan lalui ketika memasuki area taman pintar. Pada zona playground ini terdapat beberapa arena bermain yang menarik bagi anak-anak.Di Zona playground ini terdapat berbagai peralatan peraga yang dapat digunakan oleh anak-anak, seperti adanya air mancur yang menjadi salah satu wahana yang digemari oleh anak.Arena ini pun terhitung cukup aman bagi anak, karena lantai di arena beralaskan karpet.

Zona playground merupakan zona awal yang akan wisatawan lalui ketika memasuki area taman pintar. Pada zona playground ini terdapat beberapa arena bermain yang menarik bagi anak-anak.Di Zona playground ini terdapat berbagai peralatan peraga yang dapat digunakan oleh anak-anak, seperti adanya air mancur yang menjadi salah satu wahana yang digemari oleh anak.Arena ini pun terhitung cukup aman bagi anak, karena lantai di arena beralaskan karpet

b. Gedung PAUD

Sesuai dengan namanya, gedung ini menyediakan berbagai wahana permainan yang edukatif bagi anak-anak, terutama anak-anak yang berusia di bawah 3 tahun.Gedung PAUD sendiri di bagi menjadi dua bagian, yakni gedung PAUD barat dan gedung PAUD timur.Di gedung PAUD barat, terdapat 4 wahana bermain, yakni religi dan budaya, ruang profesi, sains dan teknologi serta perpustakaan.Semua arena ini dapat digunakan secara bebas oleh anak-anak. Walaupun berbentuk seperti wahana permainan, namun anak-anak tetap akan memperoleh edukasi melalui permainan tersebut. 

Setelah puas bermain di gedung PAUD barat, Anda dapat berkunjung ke gedung PAUD timur.Di gedung PAUD ini terdapat berbagai wahana menarik, diantaranya computer kids and puzzle, ruang flora dan fauna, ruang petualangan, dan ruang pertunjukan. Berbagai wahana yang ada di gedung sangat menyenangkan dan mengundang rasa ingin tahu anak, sehingga belajar sains tidak akan membosankan karena anak-anak dapat mencoba berbagai wahana. Jika Anda bermaksud untuk mengunjungi taman pintar ini secara berobongan dengan anak-anak PAUD atau TK, maka Anda akan didampingi oleh pemandu yang akan memperkenalkan dan mendampingi anak-anak selama belajar dan bermain. 

Sesuai dengan namanya, gedung ini menyediakan berbagai wahana permainan yang edukatif bagi anak-anak, terutama anak-anak yang berusia di bawah 3 tahun.Gedung PAUD sendiri di bagi menjadi dua bagian, yakni gedung PAUD barat dan gedung PAUD timur.Di gedung PAUD barat, terdapat 4 wahana bermain, yakni religi dan budaya, ruang profesi, sains dan teknologi serta perpustakaan.Semua arena ini dapat digunakan secara bebas oleh anak-anak. Walaupun berbentuk seperti wahana permainan, namun anak-anak tetap akan memperoleh edukasi melalui permainan tersebut.

c. Gedung Oval-Kotak

Jika gedung PAUD, lebih dikhususkan permainan bagi anak-anak PAUD, maka paa gedung oval kotak ini seluruh wahana dapat dinikmati oleh anak, remaja bahkan dewasa. Di gedung ini seluruh wahana sains disajikan dalam bentuk wahana permainan sehingga tidak akan membuat wisatawan merasa bosan, bahkan wisatawan cenderung tertarik karena permainan berbasiskan konsep, teori maupun hukum dalam sains. Alat peraga dan permainanan yang ada di gedung kotak ini dibagi menjadi 8 zona, yaitu zona keris, zona batik, zona candi Borobudur, zona teknologi otomotif, zona planning city, zona peraga turbulensi, zona pengolah, dan zona air untuk kehidupan.

Sedangkan di gedung oval, terdapat 12 zona alat peraga dan permainan, diantaranya, zona TV Trainer, zona Cuaca Iklim & Gempa, zona agro, generator pedal, zona kehidupan purba, Generator Van De Graaf, ICT melihat bumi, pojok kreasi sains, terowongan ilusi, zona nuklir, zona teknologi komunikasi dan aquarium air tawar.

Berdasarkan zona yang ada di kedua gedung ini, wisatawan tidak hanya akan mendapatkan pengetahuan seputar sains melainkan juga akan mendapatkan informasi mengenai kebudayaan tanah air, terutama seputar provinsi Yogyakarta. Hal ini menunjukkan bahwa taman pintar Yogyakarta, bukan hanya ingin mengedukasi masyarakat seputar ilmu pengetahuan dan teknologi, melainkan juga memperkuat pengetahuan masyarakat seputar kebudayaan Nusantara.

Sedangkan di gedung oval, terdapat 12 zona alat peraga dan permainan, diantaranya, zona TV Trainer, zona Cuaca Iklim & Gempa, zona agro, generator pedal, zona kehidupan purba, Generator Van De Graaf, ICT melihat bumi, pojok kreasi sains, terowongan ilusi, zona nuklir, zona teknologi komunikasi dan aquarium air tawar.

d. Gedung Memorabilia

Bukan hanya di gedung oval-kotak, informasi seputar kebudayaan Yogyakarta akan Anda dapatkan, melainkan juga di gedung Memorabilia. Ruangan yang ada di dalam gedung ini menampilkan berbagai informasi mengenai sejarah kebangsaan.Secara umum, gedung ini terbagi menjadi tiga zona, yakni zona sejarah Kesultanan Yogyakarta, zona tokoh pendidikan dan zona kepustakaan kepresidenan.

e. Planetarium

Setelah menyusuri empat gedung Taman Pintar Yogyakarta, gedung lain yang menarik perhatian di taman ini adalah Planetarium. Sesuai dengan namanya, pada gedung ini Anda akan menyaksikan film yang berkaitan dengan tata surya. Hal menarik yang ditawarkan oleh gedung Planetarium ini adalah wisatawan akan menyaksikan film dengan layar di langit-langit gedung, selain itu tempat duduk penonton dibuat senyaman mungkin sehingga Anda akan merasakan seolah-olah Anda sedang mendarat di luar angkasa dan melihat tatanan tata surya dari jarak yang dekat. 

Selama pemutaran film, Anda akan diberikan penjelasan mengenai berbagai benda langit, seperti bumi, matahari, planet, satelit dan lainnya. Hal ini tentu saja sangat menarik, karena pengetahuan mengenai tata surya yang pada masa lalu belum terjamah oleh manusia, namun karena perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, hal tersebut menjadi lebih mudah untuk diketahui.Bagi anak-anak, hal ini juga dapat menjadi motivasi agar kelak memiliki keinginan untuk mendalami bidang kajian berupa keastronomian.

Selain berbagai wahana permainan dan alat peraga yang ada di Taman Pintar, Taman Pintar juga memiliki program kreativitas, yang menyajikan berbagai fasilitas untuk wisatawan untuk menuangkan ide kreasinya. Beberapa program kreativitas yang ada di Taman Pintar ini, diantaranya: lukis kaos, lukis gerabah, kreasi gerabah, kreasi batik, presenter TV, hand on science, pelatihan robotik, kontes robotic dan kontes roket air. 

Selama pemutaran film, Anda akan diberikan penjelasan mengenai berbagai benda langit, seperti bumi, matahari, planet, satelit dan lainnya. Hal ini tentu saja sangat menarik, karena pengetahuan mengenai tata surya yang pada masa lalu belum terjamah oleh manusia, namun karena perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, hal tersebut menjadi lebih mudah untuk diketahui.Bagi anak-anak, hal ini juga dapat menjadi motivasi agar kelak memiliki keinginan untuk mendalami bidang kajian berupa keastronomian.

Fasilitas Taman Pintar Yogyakarta

Bukan hanya berbagai wahana menarik yang mampu disajikan oleh Taman Pintar Yogyakarta, yang menjadikannya diminati oleh wisatawan, melainkan juga karena tersedianya beragam fasilitas penunjang yang dibutuhkan oleh wisatawan. Berbagai fasilitas yang ada di taman pintar diantaranya, perpustakaan, mushola, toilet, ruang pertunjukan indoor dan outdor. Selain itu di area sekitar taman pintar, Anda akan dengan mudah menemukan berbagai macam toko yang menjajakan cenderamata khas Yogyakarta, apalagi lokasi taman pintar ini sangat dekat dengan jalan Malioboro. Bagi Anda penikmat kuliner, Anda juga tidak perlu khawatir karena berbagai makanan dijajakan di luar area taman ini. 

Kemudian, hal menarik lain dari sudut taman pintar ini adalah adanya beragam toko buku yang menjajakan berbagai jenis buku. Umumnya masyarakat Yogyakarta, terutama pelajar yang menempuh pendidikan di Yogyakarta,akan mencari buku yang mereka perlukan di area taman pintar ini. Lokasi ini menjadi lokasi favorit bagi pemburu buku, karena harga buku yang ditawarkan sangat murah, bahkan Anda masih dapat menawar dengan harga yang lebih murah.

Destinasi Wisata di Sekitar Taman Pintar

Berada tepat di pusat kota Yogyakarta, menjadikan Taman Pintar sangat tepat untuk dijadikan pilihan untuk berlibur ketika berada di Yogyakarta. Selain dapat mendapatkan tambahan wawasan seputar ilmu pengetahuan dan kebudayaan, banyak destinasi wisata lain yang berada dekat dengan taman pintar yang dapat Anda kunjungi. Beberapa destinasi wisata yang berada dekat dengan Taman Pintar diantaranya: 

1.Taman Budaya Yogyakarta

Berada tepat di samping gedung taman pintar, taman lain yang dapat Anda kunjungi adalah Taman Budaya Yogyakarta. Taman Budaya ini dikenal sebagai tempat diselenggarakannya berbagai kegiatan seni. Beberapa contoh kegiatan yang umumnya diselenggarakan di gedung ini diantaranya: pentas teater, seni tari, pagelaran musik, workshop seni dan diskusi sastra. Gedung ini pun memiliki agenda khsusus setiap tahunnya, yakni kegiatan Festival Kesenian Yogyakarta, yang berisikan kegiatan sastra dan seni.

2. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta diketahui sebagai ikon kota Yogyakarta. Hal menarik dari keraton Yogyakarta adalah keraton ini masih aktif digunakan sebagai tempat tinggal raja Yogyakarta. Keraton yang berjarak sekitar 100 meter dari taman pintar ini juga dibuka untuk umum, sehingga anda dapat menyaksikan bagian dalam keraton serta barang-barang yang berkaitan dengan kerajaan Yogyakarta. Untuk masuk ke area keraton ini, Anda hanya dikenakan biaya sebesar Rp 10.000.

3. Museum Sonobudoyo

Berjarak sekitar 30 meter dari keraton Yogyakarta, Anda dapat berkunjung ke museum Sonobudoyo.Dengan tiket masuk Rp 3.000, Anda dapat masuk ke museum ini dan mengamati berbagai koleksi kebudayaan Yogyakarta. Beberapa contoh hasil kebudayaan yang dapat Anda amati di museum ini adalah koleksi wayang, koleksi keramik, koleksi arkeologi dan lainnya yang berkaitan dengan kebudayaan Nusantara.


4. Benteng Vredeburg

Berada di jalan Malioboro dan berjarak sekitar 100 meter dari taman pintar, Anda dapat berkunjung ke benteng Vredeburg. Jika keraton dan museum Sonobudoyo menjadi destinasi wisata yang berhubungan dengan kebudayaan Yogyakarta, benteng ini lebih berkaitan dengan perjuangan rakyat Indonesia dalam melawan penjajah.Di museum ini, Anda dapat mendapatkan informasi terkait perjuangan rakyat Indonesia, terutama rakyat Yogyakarta dari berbagai bukti sejarah. Selain itu, Anda juga akan disuguhkan film yang berkitan dengan sejarah benteng dan peristiwa bersejarah seputar perang yang terjadi di Yogyakarta. Tiket masuk ke museum ini tergolong sangat murah yakni Rp 2.000.

5. Jalan Malioboro

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta, jalan Malioboro seperti tidak dapat lepas dari daftar kunjungan.Selain menjajakan berbagai aksesoris dan makanan khas Yogyakarta dengan harga yang miring.Jalan Malioboro memiliki pesona tersendiri, apalagi pada saat ini jalan Malioboro menjadi lebih cantik dengan adanya bangku-bangku di tepi jalannya serta berbagai warna lampu yang menjadikannya semakin terlihat romantis.

6. Pasar Bringharjo

Destinasi wisata lain yang dapat Anda kunjungi di sekitar taman pintar adalah pasar Bringharjo. Berjarak sekitar 120 meter dari taman pintar, Anda dapat menemukan berbagai keperluan di pasar ini. Umumnya wisatawan akan berburu batik dan pakaian di pasar ini. Pasar Bringharjo ini dikenal dengan harganya yang murah, sehingga jika Anda berniat berbelanja ke pasar ini, pastikan Anda mampu menawar agar mendapatkan harga yang murah.

Tips Wisata Taman Pintar
Bagi Anda yang hendak menghabiskan waktu liburan di sekitar taman pintar Yogyakarta, Anda dapat menyewa penginapan yang berada di sekitar taman pintar. Cukup banyak wisma atau hotel di area ini, dengan harga yang bervariasi.Umumnya satu kamar dapat Anda sewa mulai dari harga Rp 150.000 hingga Rp 2.000.000 per-malamnya.Hal ini tentu saja disesuaikan dengan fasilitas yang Anda ingin dapatkan dari penginapan tersebut. Beberapa contoh penginapan yang ada di sekitar taman pintar. Selain itu, Anda juga dapat menikmati berbagai kuliner yang berada di sekitar area ini, mulai dari wedang ronde, bakmi jogja dan banyak lagi. Anda juga akan dengan mudah menemukan pedagang atau kios-kios yang menjual berbagai macam buah tangan khas Yogyakarta.

Fasilitas dan Isi Taman Pintar Yogyarkata - Tempat Wisata yang Bernilai Edukatif  Fasilitas dan Isi Taman Pintar Yogyarkata - Tempat Wisata yang Bernilai Edukatif Reviewed by Ahmad Dahlan SPd on 03:22:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.