Laptop Acer Terendam Banjir, Lalu Dipendam di Dalam Beras, Akhirnya Laptop Mati Total ini Kembali Menyala


Pengalaman Memperbaiki Laptop yang Mati Total Karena Terendam Air

Dzargon. Postingan ini adalah postingan Repost dari Forum Kaskus dengan akun Sadako 88 yang memiliki pengalaman unik ketika mendapatkan musibah. Kali ini akan berbagai kisah mengenai sebuah Laptop dari Kaskuser yang pernah terendam banjir, semoga bermanfaat.


Kronologi Laptop Terendam Banjir.

Ceritnya di mulai pada awal 2016 yang lalu, tepatnya pada bulan Februari laptop dari Sadako88 sempat mengalami kebanjiran. Karena ceroboh saat selesai menggunakan Laptop, akhirnya Laptop tersebut terendam air banjir.

Laptop yang diletakkan di dalam tas, terendam air sampai ke dalam tas. Sadako sendiri baru sadar jika Laptopnya terendam Banjir pas pagi hari, dengan perasaaan kecewa, Laptop tersebut akhirnya sudah ikhlaskan sambil tetap berusaha memperbaiki Laptop tersebut.

Langkah pertama yang dilakukan adalah mengeringkan seluruh bagian Laptop dengan lap kering. Setalh itu di jemur di ruangan terbuka dan terik biar cepat kering. Saat itu Sadako tidak berani membongkar sendiri karena takut malah bikin Laptonya jadi semakin rusak.

Setelah itu beberapa hari kemudian Laptop tersebut di bawa ke Service Centre Acer, setelah mengisi Formulir, Sadako di tanya mengenai kronologi rusaknya Laptop Acer miliknya. Setelah itu, Costumer service sekaligus teknisi membongkar Laptop dan mengeringkan seluruh part satu demi satu. 

Setalah dibongkar, Harddisk dari dalam Laptop di serahkan kepada Sadako karena menurut tukang service, Hardisknya masih selamat dan seluruh datanya memang masih selamat, namun naasnya Laptopnya tidka selamat, menurut tukang CS kalau biaya servise bisa memakan biaya sekitar 2,5 juta rupiah. Kepalang tanggung mending beli Laptop baru sekalian.


Laptop Di Pendam di Gentong Beras

Karena biaya servise terlalu mahal, Laptopnya akhirnya saya bawa pulang. Sampai di rumah karena dapat info dari teman kalau barang elektronik yang basah sebaiknya di taruh di dalam beras. Saya taruh saja di dalam gentong beras.

NAh kejadianya sekitar dua atau tiga bulan berikutnya ketika sadako lupa dengan laptonya tiba-tiba disuruh emaknya untuk ngambil Lapton di Gentong Beras karena mengganggu.  Iseng-iseng laptopnya dibersihkan oleh Sadako lalu dinyalan, dan ternyata keajaiban terjadi. Laptop Tersebut menyala, meskipun tulisannya "no Bootable device" yah tentu saja karena Hardisknya sudah tercabut. 

Setelah Sadako kembali ke Service Center Acer untuk memasang Harddisk yang sudah di copot, bahkan Tukang Service di Service Centre Acer sendiri takjub mendengar cerita saya dan menemukan Laptop yang sudah terendam Banjir masih bisa nyala lagi. Setelah pasang Harddisk, sedikit di otak-atik akhirnya Laptonya menyala lagi.


Penampakan Laptop Acer Sekarang

Saat ini saat agan membaca tulisan ini sudah 2 tahun lebih berlalu, Laptop Acere Sadako masih dapat digunakan normal, hanya saja ada beberapa masalah, namun masih wajar mungkin karena usianya saja.

Laptop Acer Terendam Banjir, Lalu Dipendam di Dalam Beras, Akhirnya Laptop Mati Total ini Kembali Menyala

1. Baterianya Sudah Mati - Pasca terendam Banjir, saat ini Laptonya masih nyala dan berfungsi seperti gambar di atas, hanya saja baterainya sudah jebol. Jadi kalau dinyalain kudu pakai Chargerannya.

2. Sering Muncul Tulisan "no Bootable Device" - Penyakit lama terkadang muncul pada saat dinyalakan meskipun tidak sering yakni "no Bootable Device". Sarannya mudah kok saat ini ada banyak tutorial yang baik Youtube.com, chanelnya juga ada banyak kok.

3. Laptop Cepat Panas - Urusan yang lain adalah Laptonya jadi cepat panas, jadi saran-nya saya hanya menggunakan Kipas tambahan dari luar biar ada yang bantu coolling Down.

4. Suka Mati Mendadak - Mungkin bukan karena pengaruh dari Banjir tapi usia, kalau game-nya digunakan main game berat terkadang suka restart tapi kalau buat main Game Angry Bird masih aman sampai gempor masih bisa main.

Komentar dan Saran Kaskuser Lahir

  1. Saran Dibandingkan dengan Beras sebaiknya menggunakan Silica Gel karena dirancang khusus untuk menyerap Lembab. Banyak di jual di toko kimia atau di Apotik, satu botol Aqua kemasan 600 Ml biasanya di jual seharga 20.000
  2. Cabut segera baterai begitu Laptop terendam Banjir, jangan dipasang sebelum bisa dipastikan kering.

Laptop Acer Terendam Banjir, Lalu Dipendam di Dalam Beras, Akhirnya Laptop Mati Total ini Kembali Menyala Laptop Acer Terendam Banjir, Lalu Dipendam di Dalam Beras, Akhirnya Laptop Mati Total ini Kembali Menyala Reviewed by Wisata Holik on 22:11:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.