7 Tips Memanfaatkan Waktu Senggang Bagi Pengangguran Agar Lebih Bermanfaat


7 Cara Bijak Menggunakan Waktu Luang Sambil Menunggu Pekerjaan Bagi Pengangguran

Dzargon - Menurut badan pusat statistik, pengangguran berpendidikan di Indonesia sampai tahun 2020 diperkirakan mencapai angka 10 juta, nah jika anda salah seorang dari 10 juta tentu saja kondisi ini sangat tidak mengenakkan, terlebih jika embel-embel title dan almamater kampus juga ikut disalahkan atas status pengangguran anda, namun pengangguran bukan berarti hidup kita tamat, mungkin saja kita sedang dalam proses memperbaiki diri atau menanti pekerjaan, nah bagi agan yang sedang dalam status pengangguran, ini beberapa tips dari dzargon agar waktu luang agan tidak terbuang sia-sia dan lebih bermanfaat sambil menunggu atau melamar pekerjaan.

cara mudah mengatasi pengangguran

1. Amati, Pelajari dan Kembangkan

Selama menjalani status sebagai pengangguran tentu saja ada banyak waktu luang yang akan kita temukan setiap hari, nah jika waktu luang hanya digunakan untuk meratapi nasib tentu saja kedepannya bukannya anda bertambah baik malah akan menjadi semakin buruk, tips yang paling baik untuk kondisi ini adalah tutup telinga dari gunjingan tetangga dan fokus untuk menatap masa depan dan mengumpulkan energi positif.

Salah satu caranya adalah mengikuti perkembangan, perkembangan apa? yah tentu saja perkembangan apa saja, misalnya jalan-jalan ke teman yang memiliki produksi kerajinan seperti pembuatan sofa, penyedia jasa fotografi, gabung ke komunitas kreatif seperti penulis, pecinta motor bekas yang mungkin saja akan memberikan agan pengalaman baru atau kompetensi baru yang bisa jadi uang.

Yang perlu diamati adalah proses pembuatan, detail hal yang diperlukan agar karya bisa bernilai jual dan teknik menjadikan kompetensi yang dimiliki bisa menjadi uang, misalnya fotografer, tentu saja ada banyak orang yang mampu mengambil gambar tapi cuman sedikit yang berani sampai melangkah menjadi fotografer komersial seperti wedding fotografi. Penghasilan dari skill-skill seperti ini jangan dianggap remeh bahkan bisa sampai puluhan juta rupiah, lumayan jika hanya mau dibandingkan dengan pegawai atau tenaga sukarela.

Baca Juga: 10 Jenis Pekerjaan yang Akan Membuat Kamu Terlihat Seperti Pengangguran

2. Perbanyak Saring

Sharing mungkin tidak akan memberikan langsung anda pekerjaan, tapi sharing juga tetap dapat memberikan anda dampak positif sehingga pikiran negatif jauh dari otak anda. Daripada anda membuang waktu luang dengan melakukan hal yang tidak berguna sebaiknya anda sharing dengan teman untuk meringankan beban.

Tips lain adalah memperbanyak teman untuk sharing semakin banyak teman sharing semakin besar peluang untuk mendapatkan informasi atau peluang baik berupa peluang kerja atau peluang usaha. Hanya ada beberapa hal yang perlu dihindari misalnya hindari untuk sharing dengan teman-teman yang memiliki nasib lebih buruk dari anda karena mungkin jadi mereka tidak berdampak positif pada diri anda atau justru menjerumuskan anda, jadi jangan malu jadi pengangguran, malulah jadi orang yang nyaman jadi pengangguran.

tips mudah dapat kerja bagi pengangguran

3. Membaca

Kebanyakan para pengangguran sebenarnya tidak disebabkan dari kurangnya lapangan pekerjaan tapi karena tidak memiliki attitude untuk bekerja. Misalnya jika pengangguran tersebut menghabiskan waktu tanpa melakukan apa-apa, padahal ada banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan sebelum akhirnya mendapatkan pekerjaan.

Salah satu kegiatan positif yang berdampak baik bagi para pengangguran bahkan siapa saja adalah membaca. Membaca tidak sebatas membaca koran dan mencari lowongan pekerjaan yang ternyata tidak ada yang sesuai dengan latar belakang pendidikan dan akhirnya jadi semakin pesimis. Ada banyak hal pengetahuan yang ada di dunia dan tentu saja semuanya bisa dijadikan uang, hanya saja perlu banyak pengetahuan untuk mengubah hal yang kita baca menjadi penghasilan.

4. Menjadi Lebih Kreatif.

Seperti yang telah dijelaskan pada point 1, 2 dan 3. point ke tiga ini seperti ide pamungkasnya, yakni bagaimana mengkonversi skill dan pengetahuan yang ada menjadi uang. Skill yang dibiarkan tinggal tentu saja tidak memiliki nilai jual, oleh karena itu pamerkan. Misalnya seseorang yang sering menulis di forum postingan kaskus atau memiliki blog yang isinya foto-foto jalan-jalan. Hal ini tidak akan berbuah menjadi uang jika dibiarkan begitu saja, sedikit kreatifitas malah bisa membuat kantong anda terisi dengan uang bahkan Dollar.

Seperti pada artikel dari Blog ini. Semakin lama anda membaca artikel ini semakin banyak pula yang pemilik blog dapatkan. Idenya hanya perlu memasang iklan, anda sebagai pembaca tidak perlu bayar biar pengiklan yang memberikan uang kepada pemilik blog agar konten-konten kreatif terus di update. Jadi idenya adalah kreatifitas dalam mengkorversi skill menjadi uang.

5. Cari Batu Lancatan

Tipe penganggur biasanya adalah mereka yang tidak ingin melakukan pekerjaan yang tidak sesuai dengan fashion Hidupnya, hasilnya ada banyak lowongan yang ditinggalkan begitu saja karena tidak sesuai dengan bidang kompetensi yang ditekuni. Keputusan ini tentu saja ada baiknya, namun yang jadi masalah, lambung tengah tidak seperti itu.

Menolak pekerjaan yang tidak sebidang tentu saja tidak membuat kebutuhan hidup berhenti karena hidup harus tetap jalan. Nah sembari menunggu pekerjaan yang sesuai dengan fashion, ada baiknya menerima pekerjaan lain sebagai batu loncatan atau memenuhi kebutuhan hidup sambil tetap berusaha untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi bidang.

6. Buat Pekerjaan

Nah saran yang satu ini seperti sangat nyeleneh, pasalnya jika mencari pekerjaan itu susah, mending buat pekerjaan. Sebagai contoh jika anda adalah seorang sarjana teknik sipil, jika sangat sulit menemukan perusahaan sipil yang mau menerima anda, ada baiknya untuk membuat pekerjaan seperti mencari orang yang ingin membangun rumah dengan skala kecil lalu coba tangani dengan keahlian anda, enaknya tidka perlu cari pekerjaan malah sekarang anda yang mencari pekerja.

7. Berdo'a

Jika semua langkah di atas sudah dilakukan namun anda tidak kunjung mendapatkan pekerjaan, mari tetap positif thinking, ini bukan azab, tapi cobaan. Berdoalah kepada sang kuasa agar cobaan tersebut segera berlalu dan menangkan hati. Hati yang tenang membuat fikiran jernih dan positif mengalir lebih banyak sehingga hidup akan terasa lebih nikmat.

7 Tips Memanfaatkan Waktu Senggang Bagi Pengangguran Agar Lebih Bermanfaat 7 Tips Memanfaatkan Waktu Senggang Bagi Pengangguran Agar Lebih Bermanfaat Reviewed by Wisata Holik on 07:52:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.