5 Perguruan Tinggi Negeri yang Terakreditasi A di Kawasan Indonesia Timur

Loading...
Loading...

Tidak Perlu ke Jawa Berikut ini 5 perguruan Tinggi Negeri yang Ter-akreditasi A di Kawasan Indonesia Timur

Dzargon - Pulau memang terkenal dengan dunia pendidikan yang maju, terutama untuk pendidikan tinggi, namun saat ini kalian yang berasal dari Indonesia Timur, tidak perlu jauh-jauh untuk masuk PTN yang terakreditasi, karena di Indonesia timur ternyata ada lima perguruan tinggi berakreditasi A.

1. Universitas Hasanuddin - Provinsi Sulawesi Selatan

Urutan pertama ada Universitas Hasanuddin mendapatkan predikat akreditasi A sesuai dengan nomor SK 079/SK/BAN-PT?Ak-IV/2013 dan berlaku Hingga tanggal 21 Februari 2018. Universitas yang berdiri di tengah kota Makassar pada tanggal 10 September 1956 memiliki 14 Fakultas dengan Fakultas paling terkenal adalah Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Kelautan dan Perikanan dan Fakultas Hukum.

Unhas juga termasuk dalam kategori kampung PNT-BH atau perguruan tinggi Negeri Berbadan Hukum. Universitas Unhas juga sering masuk 10 besar Perguruan Tinggi terbaik Indonesia bahkan pernah meraih posisi ke 6 berdasarkan penialai Kementerian Risert, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

keramat dan hhoror Universitas Hasanuddin - Provinsi Sulawesi Selatan

2. Universitas Negeri Makassar - Provinsi Sulawesi Selatan

Selanjutnya masih di Provinsi Sulawesi Selatan, ada Universitas Pecahan dari Universitas Hasanuddin yang resmi menyandang nama UNM pada 4 Agustus 1999 setelah sebelumnya menginduk sebagai Fakultas Ilmu Pendidikan UNHAS lalu membentuk IKIP Ujungpandang. UNM pernah bertengger di urutan 28 dari 100 Peringkat tertinggi Perguruan Tinggi Non Poleteknik di Indonesia tahun 2017.

Universitas ini meraih predikat Akreditasi A dengan nomor SK 1465/SK/BAN-PT/Akred/PT/V/2017 yang berlaku sampai 23 Mei 2022. Andalan dari Universitas Negeri Makassar sendiri adalah Fakultas Mate-Matika dan Ilmu Pengetahuan Alam serta Fakultas Psikologi. Kampusnya sampai berada di 3 kabupaten kota yang berbeda seperti di Pare-Pare, Bone dan Makassar.

kampus Keramat unik dengan bentul perahu layar

3. Universitas Udayana - Provinsi Bali

Bergeser di sebalah timur dari dari Jawa Timur ada Provinsi Bali yang yang memiliki Universitas Udayana yang memiliki Akreditasi A dengan nomor SK 2999/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016. SK ini berlaku hingga tanggal 20 Desember 2021. Udayana memiliki 13 Fakultas dan Menempati urutan 17 versi Ristekdikti tahun 2017.

Udayana sendirina adalah cabang dari Fakultas Sastra dari Universitas Airlangga lalu dinyatakan berdiri sendiri pada tanggal 17 Agustus 1961 dan menjadi perguruan tertua di pulau wisata Bali, namun karena hari lahir Udayan bertepatan dengan hari kemerdekaan Republik Indonesia, maka Harla dialihkan ke tanggal 29 September yang diambil dari tanggal terbentuknya Fakultas Sastra pada tahun 1959.

Universitas Udayana - Provinsi Bali cewek dan mahasiswi manis cantik

4. Universitas Sam Ratulangi - Provinsi Sulawesi Utara

Masih di pulau Sulawesi, terletak di Provinsi Sulawesi Utara, ada Universitas Sam Ratulangi yang memiliki Akreditasi berdasarkan SK Band PT Nomor 5236/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2017 yang berlaku hingga 27 Desember 2022.

Universitas yang berdiri sejak tanggal 14 September 1965 ini merupakan universitas kebanggaan warga Manado yang menempati urutan ke 47 dari 100 perguruan tinggi non Politeknik versi Menristekdikiti tahun 2017.

korupsi pihak kampus dan Universitas Sam Ratulangi - Provinsi Sulawesi Utara

5. Institut Seni Indonesia Denpasar - Provinsi Bali

Selanjutnya ada Institut Seni Indonesia Denpasar yang berada di Provinsi Bali. Kampus yang berada di wilayah Kopertis VII ini mendapatkan Akreditas A melalui SK nomor 3/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2018 yang berlaku hingga 3 Januari 2023. Meskipun terbilang masih muda karena berdiri pada tanggal 26 Mei 2003 yang merupakan integari dari Sekolah Tinggi Seni Indonesia Denpasar dan prgoram Studi Senirupa dan Desain Udayana, namun kualitas tergantung Sumber daya manusianya.

Institut Seni Indonesia Denpasar - Provinsi Bali akreditasi A di Indonesia Timur

Na Itu dia 5 PTN yang memiliki Akreditasi A di kawasan Indonesia Timur sesuai dengan SK yang dikeluarkan BAN PT. Menengok geliat universitas di Indonesia timur sepertinya mencerminkan Tingkat Pendidikan Indonesia sudah tidak berpusat di Jawa Saja
Loading...
5 Perguruan Tinggi Negeri yang Terakreditasi A di Kawasan Indonesia Timur 5 Perguruan Tinggi Negeri yang Terakreditasi A di Kawasan Indonesia Timur Reviewed by Ahmad Dahlan SPd on 04:12:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.