10 Puncak Gunung Tertinggi di Dunia yang Tidak Harus Kamu Daki Paling Tidak Tau Namanya - Dzargon

10 Puncak Gunung Tertinggi di Dunia yang Tidak Harus Kamu Daki Paling Tidak Tau Namanya

Daftar 10 Puncak Gunung Tertinggi di Dunia

Dzargon - Berikut ini daftar Puncak Gunung Tertinggi yang ada di Seluruh Dunia dengan ketinggian lebih dari 8.000 meter di atas permukaan air laut sampai dengan ketinggian Gunung Mount Everest. Jika kita cukup kenal dengan Gunung Everest dengan ketinggian 8.850 mdpl lantas gunung apa sajakah sembilan gunung lainnya.

10. Puncak Gunung Annapurna - 8,091 m (Nepal)

Gunung Annapurna berada di puncak pegunungan Himalaya. Puncak Gunung Annapurna atau Morshiadi memiliki ketinggian 8.091 mdpl dengan posisi geografis 28° 35′ Utara dan 83° 57′ Timur. Gunung yang selalu tertutup salju menjadi ramai dengan pendaki pada bulan April, May sampai akhir bulan September dengan jalur yang paling mudah ditempuh Pokhara Nepal.


gunung tertinggi di dunia

  • Ketinggian           : 8.091 mdpl
  • Pengunungan       : Himalaya
  • Negara                 : Nepal
  • Pendaki Pertama  : Maurice Herzog dan Louis Lachenal (Tahun 1950)

9. Puncak Gunung Nanga Parbat - 8,125 m (Pakistan)

Gunung Nanga Parbat atau dalam bahasa urdu disebut ننگا پربت terletak bagian utara di negara Pakistan. Es Abadi selalu terlihat menutupi puncak gunung dengan ketinggian 8.126 meter di atas permukaan laut. Salah satu pegunungan dengan tingkat kesulitan pendakian lebih sulit dari gunung Everest dan setara dengan K2. Hermann Buhl tercatat sebagai pendaki pertama yang berhasil mencapai puncak pada tahun 1953.

uncak Gunung Nanga Parbat sebutkan gunung tertinggi di dunia dan jelaskan letaknya tujuh gunung tertinggi dunia tujuh puncak gunung tertinggi dunia

  • Ketinggian             : 8.126 meter
  • Pengunungan         : Himalaya
  • Negara                   : Pakistan
  • Pendaki Pertama    : Hermann Buhl (Tahun 1953)

8. Puncak Gunung Manaslu - 8.156 mdpl (Nepal)

Puncak Manaslu (मनास्लु) atau juga dikenal dengan nama Puncak Kutang adalah gunung yang berada di daerah Mansiri Himal dan bagian dari pegunungan Himalaya. Dengan ketinggian mencapai 8.126 mdpl menempati posisi tertinggi kedelapan di dunia dan ditaklukkan pertama kali oleh Toshio Imanishi dan Gyaltsen Norbu.

Puncak Gunung Manaslu - 8.156 mdpl (Nepal) puncak tertinggi di dunia adalah gunung ranking gunung tertinggi di dunia sebutkan 3 gunung tertinggi didunia sebutkan 5 gunung tertinggi di dunia

  • Ketinggian           : 8.156 meter
  • Pengunungan       : Himalaya
  • Negara                 : Nepal
  • Pendaki Pertama  : Toshio Imanishi dan Gyaltsen Norbu (Tahun 1956)


7. Puncak Gunung Dhaulagiri - 8,167 m (Nepal)

Gunung Dhaulagiri memiliki ketinggian 8.167 meter diatas permukaan laut dengan berada di wilayah Asia atau lebih tepatnya di negara Nepal. Gunung Dhaulagiri pertama di taklukkan oleh Kurt Diemberger, P. Diener, E. Forrer, dan A. Schelbert pada tahun 1960 dan dibantu oleh dua orang Sherpa Nyima dan Nawang.

uncak Gunung Dhaulagiri - 8,167 m (Nepal) pegunungan tertinggi di dunia terdapat di pegunungan tertinggi di dunia terdapat di negara pegunungan tertinggi di dunia yang terdapat di asia adalah

  • Ketinggian              : 8.167 mdpl
  • Pengunungan          : Himalaya
  • Negara                    : Nepal
  • Pendaki Pertama    : Kurt Diemberger, P. Diener, E. Forrer, A. Schelbert, Nyima Dorje Sherpa, Nawang Dorje Sherpa  (Tahun 1960)


6. Puncak Gunung Cho Oyu -8,201 mdpl  (Tiongkok dan Nepal)

Pada urutan ke enam ada gunung Cho Oyu. Secara harfiah Gunung Cho Oyu dapat diartikan sebagai "Dewi Turquoise". Gunung berada di sebelah barat dari gunung Everest yang menjadi puncak gunung tertinggi di dunia dan termasuk dalam barisan pegunungan Himalaya. Gunung berada di dua negara yakni Tibet yang merupakan bagian dari China dan Nepal.


Puncak Gunung Cho Oyu -8,201 mdpl  (Tiongkok dan Nepal) kisah gunung tertinggi di dunia kumpulan gunung tertinggi di dunia letak gunung tertinggi di dunia letak gunung tertinggi di dunia adalah lihat gunung tertinggi di dunia

  • Ketinggian : 8.188 meter
  • Pengunungan : Himalaya
  • Negara : Nepal dan Tiongkok
  • Penakluk Pertama : Joseph Jöchler, Herbert Tichy dan Pasang Dawa Lama (Tahun 1954)


5. Gunung Makalu I - 8,463 m (Nepal)

Pada urutan berikutnya masih berada di Nepal yakni Gunung Makalu. Gunung Makalu masih berada satu deretan dengan Gunung Everest namun kendati pendakian puncak makalu baru dilakukan pada tahun 1995 oleh Lionel Terray dan Jeans Couzy. Gunung dengan ketinggian 8.643 mdpl ini juga masih tertutup salju abadi.


gunung vulkanik tertinggi di dunia gunung2 tertinggi di dunia info gunung tertinggi di dunia


  • Ketinggian : 8.463 meter
  • Pengunungan : Himalaya
  • Negara : Nepal dan Tiongkok
  • Penakluk Pertama : Lionel Terray dan Jean Couzy (Tahun 1955)

4. Puncak Gunung Lhotse I - 8,516 m (Nepal dan Tibet)

Dalam bahasa Nepal gunung ini di kenal dengan nama ल्होत्से. Gunung ini berada di dua negara yakni Nepal dan Republik Rakyat Tiongkok. Gunung yang terletak di bagian Utara Nepal ini memiliki ketinggian lebih dari 8.516 mdpl dan masih sebaris dengan Puncak Gunung Everest. Pendakian pertama yang berhasil menemukan puncak dilakukan oleh Fritz Luschinger dan Ernst Reiss pada tahun 1956.



Ketinggian : 8.516 meter
Pengunungan : Himalaya
Negara : Nepal dan Tiongkok (Tibet)
Penakluk Pertama : Fritz Luchsinger dan Ernst Reiss (Tahun 1956)

3. Puncak Gunung Kangchenjunga - 8,586 m (Nepal dan India)

Pada urutan berikutnya ada gunung Kangchenjunga (Nepali: कञ्चनजङ्घा) yang berada di sebelah selatan Nepal dan berbatasan dengan India. Gunung Kangchenjunga menjulang tinggi ke langit dan mencapai 8.856 mdpl. Gunung ini memiliki 4 puncak dan seluruh puncak tersebut lebih dari 8.450 mdpl. Konon ke lima puncak tersebut menyimpan harta karun berupa emas yang merupakan milik dewa.

Dengan ketinggian mencapai 8.450 meter di atas permukaan laut, Gunung Kangchenjunga menjadi puncak tertinggi ke dua di negara Nepal. Masayarakat di Nepal Percaya jika gunung yang memiliki lima puncak ini menyimpan banyak emas, perak, permata, biji-bijian dan juga kitab suci yang dikenal oleh masyarakat dengan nama Sealungma yang dalam bahasa Limbu dapat diartikan sebagai tempat yang disucikan oleh agama Kirant. Hal unik lainnya dari gunung adalah Fauna Endemik yakni Panda Merah dan burung khas Nepal sehingga World Wildlife Fund memasukkan dalam Area Konservasi alam


Ketinggian             : 8.586 meter
Pengunungan         : Himalaya
Negara                   : Nepal dan India
Penakluk Pertama : Joe Brown dan George Band (Tahun 1955)

2. Puncak Gunung K2 (Godwin Austen), 8.611 mdpl (Pakistan dan China)

Puncak gunung tertinggi di Dunia jatuh pada gunung K2 atau Gunung Godwin Austen yang terletak di bagian Karakoram, Himalaya. Gunung berada dalam kekuasaan dua negara yakni Pakistan dan China. Meskipun memiliki ketinggian yang lebih rendah dari Gunung Everest, namun Gunung K2 memiliki jalur pendakian yang jauh lebih ekstrem dari Puncak Gunung Everest. Hal ini disebabkan karena kondisi cuaca. Pada tahun 2005 saja, sekitar 30 % dari pendaki yang mencoba mendaki puncak Gunung Everest harus meregang nyawa.

Gunung K2 atau Godwin Austen masuk pada urutan dua daftar puncak tertinggi di dunia dengan ketinggian 8.611 meter. Meskipun hanya berada pada posisi nomor dua dunia, ternyata K2 adalah gunung dengan tipikal paling sulit untuk di daki. Penyebabnya adalah cuaca ekstrem yang ada di sekitar gunung, bahkan pad atahun 2004 sekitar 256 orang pendaki berhasil selamat sampai ke puncak namun menyisahkan 56 mayat yang termakan cuaca ekstrem pada gunung tersebut.


Ketinggian             : 8.611 meter
Pengunungan         : Karakoram
Negara                   : Pakistan dan Tiongkok (Xinjiang)
Sebutan lain          : K2 / Qogir
Penakluk Pertama : Lino Lacedelli dan Achille Compagnoni (Tahun 1954)

1. Puncak Gunung Everest - 8,850 m (Nepal dan Tibet)

Akhirnya kita sampai sampai pada puncak gunung tertinggi di dunia atau the mother of the mountain yakni puncak gunung Everest. Gunung yang menjadi pemisah antara Nepal dan Tibet pada puncaknya ini juga dikenal dengan nama "dahi langit" atau सगरमाथा : Sagarmatha, sedangkan dalam bahasa Tionghoa gunung ini dikenal dengan nama 珠穆朗瑪峰 (pinyin: Zhūmùlǎngmǎ Fēng). Nama inggris dari gunung diambil dari Sir George Everest yang bahkan tidak pernah mendaki gunung, barulah pada tahun 1953 Sir Edmund Hilarry dan dibantu oleh Seorang Sherpa bernama Tenzing berhasil menaklukkan puncak ini.

Baca juga:


Ketinggian Gunung Everest pertama kali di ukur oleh Radhanath Sikdar, beliau adalah seorang juru ukur dan ahli dalam bidang matematika dari Bengal. Metode penghitungan yang digunakan pada saat mengukur Puncak Gunung Tertinggi di Dunia ini hanya dengan menggunakan metode Trigonometri. Proses pengukuran yang dilakukan pada tahun 1852 dengan menggunakan teknologi Teodolit. Jarak pengambilan data dilakukan sekitar 150 mil dari kaki gunung atau dari India, oleh karena itu orang India kadang menyebut Gunung Everest sebagai Gunung Sikdar.

Hampir semua buku pengetahuan menuliskan ketinggian gunung berkisar 8.850 meter d atas permukaan laut, namun ternyata jika dicari informasi lebih lanjut mengenai Gunung Everest, ternyata terdapat banyak perbedaan bahkan pemerintah setempat baik China maupun Nepal belum merilis ketinggian resmi dari Gunung Everest. China sendiri masih menganggap ketinggian gunung ini sekitar 8.848 meter diatas permukaan laut, sedangkan proses pengukuran yang dilakukan tahun 1846 menyatakan bahwa ketinggian gunung ini mencapai 8.839 meter. Hasil pengukuran modern menggunakan Global Position System menunjukkan bahwa ketinggian Gunung Everest sudah mencapai 8.850 mdpl dan terus bertambah karena pergerakan lempeng di kawasan gunung tersebut.


Ketetinggian          : 8.848 meter
Pengunungan         : Himalaya
Negara                   : Nepal dan Tiongkok (Tibet)
Sebutan lain           : Sagarmatha / Chomolungma
Penakluk Pertama  : Tenzing dan Hillary (Tahun 1953)

Dengan ketinggian diatas 8.850 mdpl, Gunung Everest tercatat sebagai puncak gunung tertinggi di dunia, tapi untuk gunung tertinggi ternyata tidak jatuh pada gunung Everest. Gunung tertinggi di dunia versi ilmuawan adalah Gunung Mauna Loa di kepulauan Hawaii yang jika diukur dari dasarnya mencapai ketinggian 10.000 meter hanya saja paras yang muncul kepermukaan hanya sekitar 4.170 mdpl.

0 Response to "10 Puncak Gunung Tertinggi di Dunia yang Tidak Harus Kamu Daki Paling Tidak Tau Namanya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel