4 Kasta Minuman Kopi Hitam Paling Terkenal : V 60, Long Black Coffee, Americano dan Kopi Tuburuk


4 Kenali Jenis-Jenis Kopi Hitam Paling Enak : Long Black Coffee, Americano dan Kopi Tubruk

Dzargon - Kopi bolah sama hitamnya tapi tentu saja rasa dari segelas kopi hitam ditentukan dari cara penyajian dan penyeduhannya. Perbedaan cara seduh mungkin berbeda sedikit tapi jangan heran jika rasanya terpaut jauh, ada baiknya bertanya kepada sang barista mengenai kopi yang disajikan biar lebih tau.

Tiga Varian Kopi Hitam

Mungkin kopi hitam menjadi kopi yang paling pertama kali dicoba, termasuk kopi yang diberikan oleh orang tua dirumah, ketika bertamu dirumah teman, atau sedang menunggu maling di pos ronda. Kopi hitam ini menjadi kopi yang paling terkenal di Indonesia adalah kopi Tubruk tapi tahukah anda kalau jenis dna varian kopi Hitam tidak satu jenis, tapi beberapa jenis.

#1. Long Black Coffee

Long Black Coffe merupakan salah satu kasta dari Kopi Hitam yang terbuat dari Air Panas dan espresso. Minuman ini disajikan dari campuran espresso dan air panas. Cara penyajiannya adalah menuangkan air panas terlebih dahulu ke dalam gelas lalu ditambahkan dengan espresso. Long Black merupakan resep kopi yang berasal dari Asutralia dan Selandia Baru sedangkan masalah takarannya masih berbagai macam mulai dari 160 mL air tapi ada juga yang mengatakan hanya 30 mL air panas. 

Penyajian tidak boleh terbalik, karena merujuk pada negara pembuat kopinya. Long Black sangat identik dengan sisa Krema di permukaan kopi karena espresso yang dituangakn setelah air pana membuat krema di atas kopi tetap utuh.  

rasa kopi nikmat dan manis

#2. Americano 

Americano adalah sebuah kopi yang diambil dari ejekan kepada orang-orang Amerika yang menganggap kopi epresso sangat pekat dan kental. Orang Amerika sering mengeluh rasa kopinya terlalu pekat sehingga ditambahkan air. Perbedaannya dengan Long Black berada dalam proses dalam pembuatan, Kopi Americano dibuat dengan cara menuangkan espresso terlebih dahulu lalu ditambahkan dengan air panas. Proses pembuatan ini membuat krema di atas gelas menjadi pecah sehingga kopi Americano terlihat tanpa krima.

cara membuat kopi tidak pahit tanpa gula


#3. Kopi Tubruk

Bicara mengenai masalah kopi hitam tentu saja Kopi Tubruk menjadi salah satu kasta yang tidak boleh ketinggalan. Kopi ini adalah kopi tradisional Indonesia dimana bubuk kopi giling direbus ke dalam air panas lalu dinikmati bersama ampasnya. Cara penyajiannya cara menikmatinya dicampur dengan dengan simpel syrup atau dengan gula merah. Di beberapa daerah di Indonesia kopi ini dinikmati dengan gula batu. Karena kopi ini dinikmati dengan ampasnya, biasanya rasa kopi ini sangat pahit karena rasa bit keluar dari kopi. Kopi ini pula yang membuat orang-orang Indonesia menyebut kopi itu pahit.

cara membuat kopi yang paling manis tanpa gula dari makassar

#4. Kopi V60

Kopi V 60 adalah kopi yang disajikan dengan teknik penyaringan menggunakan Filter kertas yang ditaru ke dalam wadah berbentuk corong dengan kemiringan 60 derajat dan berbentuk huruf V. Teknik pembuatan ini akan mengeluarkan seluruh rasa buah dan manis dari kopi jika berhasil dilakukan. Bubuk kopi yang sudah digrind kemudian diletakkan di dalam kertas saring lalu di tuangkan air panas dengan suhu 92 sampai dengan 95 derajat celcius dan paling enak dinikmati ketika ketika kopinya masih bersuhu 90 derajat. Semakin turun suhu kopi ini akan membuat rasa asam dari kopi keluar.

4 Kenali Jenis-Jenis Kopi Hitam Paling Enak : Long Black Coffee, Americano dan Kopi Tubruk

Nah Itu tadi kumpulan dari resep Kopi Hitam yang ada tentu saja tidak hanya sebatas kopi yang sedang disebutkan di atas masih banyak teknik lain dalam pembuatan kopi hitam seperti French Press atau Aero press tapi nanti saja dilanjutkan pembahasannya.

0 Response to "4 Kasta Minuman Kopi Hitam Paling Terkenal : V 60, Long Black Coffee, Americano dan Kopi Tuburuk"