Mengenal Lebih Dekat Dataran Tinggi Tibet (Negeri Atap Dunia) Kaki dari Puncak Pegunungan Tertinggi di Dunia


Dataran Tinggi Tibet Negeri Atap Dunia 

Dzargon - Nama Tibet tentu saja sudah tidak asing lagi di telinga kita sebagai salah satu daerah disertai dengan pemukiman tertinggi di Dunia. Nama Tibet sangat tidak asing karena sering muncul di berbagai scene film silat dengan biksu dari Shaolin, belum lagi puncak gunung tertinggi di Dunia ada di dataran ini, yakni Puncak Gunung Everest. Tidak hanya Everest, beberapa puncak gunung tertinggi di dunia ditempuh melalui dataran tinggi Tibet.

Tibet merupakan wilayah dataran tinggi di China yang berbatasan dengan India, Myanmar, Bhutan dan Nepal, karena posisinya yang pada dataran tinggi dengan ketinggian lebih dari 4.500 mdpl. Tibet selalu tertutupi oleh salju dan tentu saja memiliki banyak pesona yang luar biasa dari segi pemandangan maupun budaya. Nah apa saja keunikan dari Tibet, berikut ini ulasan dari Dzargon.

#1. Topografi
Tibet merupakan daerah Otonomi Khusus Republik Rakyat China dengan ibukota Provinsi Lhasa yang juga diberi nama oleh China sebagai Xizang. Tibet menjadi salah satu kota yang menjadi kaki gunung Everest sehingga banyak Sherpa yang berasal dari Tibet.

Tibet adalah negara dengan istana kerajaan yang terletak di china


#2. Sejarah Tibet
Pada Zaman dahulu, Tibet adalah kerajaan bebas dan merdeka dari jajahan yang sering berinteraksi dengan dinasti-dinasti china. Meskipun Dinasti china bergejolak, namun Tibet tidak pernah mendapatkan dampak buruk dari perebutan kekuasaan di China. Tibet dipimpin oleh seorang raja bernama Dalai Lama, dimana Dalai Lama yang sekarang adalah Tenzing Gyatso yang merupakan Dalai Lama yang ke 14. 

Tibet justru menjadi bagian dari China ketika invasi China dilakukan tahun 1950 di wilayah ini. Penyerbuan yang menggunakan senjata lengkap tentu saja dapat dimenangkan dengan mudah oleh China pada tahun 1951, China berhasil mendongkel Dalai Lama dari kekuasaannya.

Dalai lama yang sangat bersahabat
Dalai Lama 14 Terkenal sebagai Pemuka Agama yang Sangat Ramah dan juga Anti Rasis


#3. Agama Tibet
Mayoritas penduduk Tibet adalah penganut agama Budha, namun beberapa tempat di Tibet juga dihuni oleh komunitas-komunitas kecil Muslim yang dikenal sebagai Kachee. Kachee merupakan orang-orang pendatang dari tiga negara yakni Kashmir (Kachee Yul), Ladakh, dan Turki. Islam Tibet sangat kental dengan budaya Parsi. Meskipun berasal dari tiga negara, namun nenek moyang muslim Kachee adalah etnis Hui China yang pertama kali mendapatkan syiar pada aban ke-12. Pola masuknya islam di Tibet adalah melalui proses pernikahan, dan interaksi sosial.

Islam di China


#4 Pariwisata
Paling tidak ada dua warisan dunia yang berada di Tibet, yakni Tibet, Potala Palace dan Norbuligka. Istana Potala adalah bekas kediaman raja tibet yang disebut sebagai Dalai Lama. Selaian warisa dunia, Tibet juga sangat terkenal sebagai basecamp pendaki dunia yakni titik awal menaklukkan puncak Everest.

0 Response to "Mengenal Lebih Dekat Dataran Tinggi Tibet (Negeri Atap Dunia) Kaki dari Puncak Pegunungan Tertinggi di Dunia"