Tips Dan pertanyaan Seputar Jalur, Rute Perlengkapan dan Waktu Pendakian Gunung Rinjani


Tips Aman dan Nyaman Melakukan Pendakian Gunung Rinjani

Dzargon - Salah satu daftar gunung tertinggi di Indonesia yang paling baik untuk dikunjungi adalah Gunung Rinjani yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara. Nah berikut ini beberapa tips agar pendakian gunung Rinjani yang anda lakukan dapat terlaksana dengan baik dan nyaman.

1. Kapan Waktu paling baik untuk melakukan pendakian Gunung Rinjani?

Waktu yang paling untuk melakukan pendakian gunung Rinjani adalah ketika pendakian telah dibuka yakni mulai dari rentang bulan Maret sampai bulan Januari, sedangkan waktu yang paling direkomendasikan adalah awal bulan mei sampai dengan akhir bulan September. Waktu ini adalah awal musim kemarau sehingga hujan tidak lagi menjadi masalah dan jalur pendakian masih terlihat hijau dan kering belum terlalu kering.

Waktu yang kurang disarankan adalah pada bulan Agustus terutama pada bulan Agustus, banyak pendaki yang menjadikan Rinjani sebagai lapangan upacara, waktu natal dan tahun baru juga sangat disarankan karena Rinjani seperti Over load kapasitas. Jika memang tetap ngotot ingin mendaki pada bulan tersebut, hubungi dan booking porter paling tidak satu bulan sebelum pendakian dilakukan.

2. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendaki Gunung Rinjani?

Waktu pendakian sebenarnya tergantung dari kemampuan dari pendaki dan tim, semakin banyak tim maka pergerakan semakin lambat terutama jika tidak ada porter yang membantu proses pendakian, namun pada umumnya, untuk pendakian dibutuhkan waktu paling tidak 4 sampai lima hari. Rutenya sebagai berikut:
  1. Hari Pertama: Gerbang pendakian menuju Pos 2.
  2. Hari ke dua: Pos 2 Plawangan sembalun
  3. Hari ke tiga: Plawangan Sembalun sampai Puncak
  4. Hari ke empat: Plawangan Sembalu sampai ke Segera Anak
  5. Hari ke lima: Segera Anak sampai ke Senaru
Waktu pendakian sebenarnya tergantung dari kemampuan dari pendaki dan tim, semakin banyak tim maka pergerakan semakin lambat terutama jika tidak ada porter yang membantu proses pendakian, namun pada umumnya, untuk pendakian dibutuhkan waktu paling tidak 4 sampai lima hari. Rutenya sebagai berikut:

3. Apa Saja yang perlu dibawa untuk mendaki gunung Rinjani?

Peralatan yang harus disiapkan untuk melakukan pendakian adalah peralatan pendakian seperti pendakian pada umumnya, terutama trekking pole dan gaiter yang berguna ketika berada di puncak gunung.  Di Segera Anak ad sebuah pemandian air panas jadi bawalah keperluan pendakian untuk berendam air panas, terus bagi kalian yang sedikit ingin rempong dengan alat pancing, di Segera anak ada danau yang pada musim tertentu terdapat banyak ikan.

4. Rute manakah yang paling baik antara Senaru dengan Sembalun?

Seperti yang sudah disebutkan di atas sebaiknya menggunakan memiliki jalur Sembalun karena jalur Senaru lebih sulit untuk ditempuh pada saat pendakian. Jalur Sembalun memang lebih terbuka dan panas, terutama mulai dari pos 1 sampai dengan dengan Pos 3, terus akan disusul dengan jalur naik turun sampai di Plawangan.

Jalur Senaru memang lebih landai namun sangat panjang dan kebanyakan mereka yang memakai porter menggunakan jalur ini karena biasanya barang bawaan mereka di bawakan oleh Porter, sehingga pendakinya bisa dengan santai bawa Daypack. 

Jalur Senaru memang lebih landai namun sangat panjang dan kebanyakan mereka yang memakai porter menggunakan jalur ini karena biasanya barang bawaan mereka di bawakan oleh Porter, sehingga pendakinya bisa dengan santai bawa Daypack.
Plnaetbell.me


5. Persiapan Logistik dan Ransum harus dibeli di bagian mana?

Di daerah luar bandara Lombok ada Indormart yang jual beberapa persediaan penting namun di Semablun juga ada toko Klontong yang menjual banyak Ransum kaleng. Terserah dih mau beli dimana kalau mau bawa dari dekat bandara juga boleh.


6. Tempat yang baik untuk mendirikan tenda selama pendakian dimana?

Kalau hal ini sih tergantung dari kekuatan tim dan ketersedian dari porter. Bagi para pemula sebaiknya jangan melakukan pendakian ketika malam hari, namun bagi mereka yang sudah biasa melakukan perjalanan sampai malam hari jauh lebih nyaman karena terhindar dari terik. Tempat yang paling baik adalah Pos 2, sangat tidak disarankan untuk melanjutkan perjalanan ke pos 3 karena rute yang beratm jadi harus istirahat terlebih dahulu. Posisi ke dua adalah Plawangan adalah cari tempat dekat dengan mata air, jangan bangun tenda di area Plawangan. Perjalan dari sini ke puncak hanya butuh 15 sampai 20 menit.

7. Dimana titik pengambilan air di jalur pendakian Gunung Rinjani?

Spot pengambilan air yang availabel untuk diminum adalah :
  1. Pos 2 daerah ithir-ithir di bawah jembatan
  2. Pos 3, jalur sembaun tapi harus digali dulu sekitar 20 sampai 30 cm dan dibiarkan mengendap agar airnya jernih (jarang ada yang tahu)
  3. Plawangan Sembalun (Campung ground)
  4. Segera anak (Danau) 
Sebelum turun  gunung melalui Senaru sebaiknya siapkan air, karena sangat sulit ditemukan titik air. Saranya sih satu orang sebaiknya siapkan dua liter air.


8. Apakah sebaiknya menggunakan jasa porter atau tidak?

Sarannya sih karena rute yang panjang sebaiknya menggunakan porter selain membantu membawa barang bawaan, Porter juga berfungsi sebagai pemandu jadi kemungkinan untuk tersesat sangat kecil. Rute pendakian yang ditempuh selama 4 hari termasuk jauh dan membutuhkan banyak Ransum, jasa Porter sangat berguna.

9. Saluran GSM yang baik di sana?

Berdasarkan pengalaman untuk saat ini jaringan yang paling baik di Rinjani adalah Kartu XL bahkan sampai di dananu Segera Anak pun masih ada jaringan.
Loading...

0 Response to "Tips Dan pertanyaan Seputar Jalur, Rute Perlengkapan dan Waktu Pendakian Gunung Rinjani"