Step By Step Belajar Teknik Pensil Menggambar Wajah Manusia Untuk Pemula



Pelajari cara Mudah Sketsa wajah dalam 8 langkah dari Darlene Nguyen

Dzargon - Darlene adalah seorang pelukis dan ahli sketsa wajah dengan menggunakan pensil. Seniman sudah sangat sering menunjukkan hasil karyanya ketika menggambar sketsa wajah manusia dengan detail. Untuk Memudahkan Darlene Nguyen memberikan 8 langkah sederhana untuk membuat gambar wajah menggunakan Sketsa dengan menggunakan Pensil. Bagaimana saja langkahnya Berikut ini tutorial sederhananya.

Catatan: Ingat untuk selalu menggunakan pensil HB agar lebih mudah di hapus. Dalam tutorial ini sendiri, pensil yang digunakan adalah pensil 4B untuk membuat gambar lebih terang dan mudah terlihat. Hal yang perlu diperhatikan adalah semakin gelap warna pensil yang digunakan maka semakin sulit menghilangkan garis guidelines atau garis bantu yang anda pakai. Baca juga : Teknik Gambar Perspektif.

Alat dan Bahan : 
  1. Pensil HB
  2. Penggaris
  3. Penghapus pensil kasar
  4. Penghapus pensil halus

Cara Menggambar Wajah yang Realistis

Langkah 1: Mulailah dengan lingkaran
wajah muka Mulailah dengan lingkaran

Gambar sebuah lingkaran besar dan buat garis lonjong pada bagian bawah untuk membuat gambar wajah bagian bawah. Lalu berilah garis vertikal yang membagi dua area sama besarnya (Simetris). Setelah itu berilah gambar dagu dan bagian rahang seperti pada gambar di atas.

Langkah 2: Buatlah garis bantu wajah
dagu dan sketsa pencil Buatlah garis bantu wajah

Disini ada dua jenis yang bisa dijadikan contoh yang pertama adalah untuk yang sudah mahir dan yang kedua untuk pemula. Tujuannya adalah untuk meletakkan bagian-bagian wajah. Untuk para pemula sangat direkomendasikan menggunakan metode garis. Garis-garis ini akan membantu membuat proporsi umum untuk meletakkan bagian bagian wajah seperti mata yang terletak pada garis pusat atau bagian yang membagi dua kepala sama besarnya.

Buatlah garis yang membagi wajah menjadi delapan ruang yang sama besarnya. Pembagiannya dilakukan melalui garis tengah atau centre line. berilah kode untuk daerah garis dengan A,B dan C sedangkan daerah bawah dengan angka 1,2 dan 3. Pemberian kode ini hanya untuk membantu penamaan saja.

Langkah 3: Gambarlah Sepasang Mata
Langkah 3: Gambarlah Sepasang Mata

Mata diletakkan di titik tengah wajah. Langkah dasarnya adalah membagi garis pusat (Centre line) menjadi lima area yang sama lebarnya (Perhatikan sketsa garis A). Kemudian buatlah mata pada area 2 dan 4 dari garis yang sudah buat. Mata akan memberikan aksen kuat pada gambar anda. Misalnya mata datar memberikan aksen teduh dan santai sedangkan untuk wajah sinis buatlah mata agak serong ke bawah menuju hidung.

Langkah 4: Gambarlah hidung yang proporsional

menggambar mata yang indah Langkah 4: Gambarlah hidung yang proporsional
Buatlah hari sejajar dengan garis tengah wajah yang ditarik dari masing masing mata sampai ke garis 3. Gambar hidung hanya akan dibatasi pada garis 2 sedangkan garis tiga bertujuan sebagai garis bantu untuk menggambar bibir.

Gambar hidung dimulai dengan menggambar lingkaran diatas garis 2. Kemudian buat garis sejajar dengan garis vertikal sebagai garis bantu. Garis ini bersingungan dengan keliling lingkaran yang dibuat. Lubang hidung akan diletakkan pada bagian sisa dari perpanjangan diameter vertikal lingkaran.

Langkah 5: Tambahkan alis
Langkah 5 menggambar wajah: membuat detail alis

Buatlah garis panjang alis dari perpanjangan garis ujung hidung. Kemudian tulang alis di buat dengan garis halus. Gunakan pensil berwarna gelap untuk membuat bulu alis. Setelah int buat detail kelopak mata dan hidung. Untuk detail ini akan ada teknik khusus yang digunakan namun bagi pemula buatlah sesuatu berdasarkan imajinasi kalian.

Langkah 6: Gunakan bentuk segitiga untuk menarik bibir
Langkah 6: Gunakan bentuk segitiga untuk menarik bibir wajah dengan bibir

Gambarkan garis vertikal dari tengah masing-masing mata. Garis ini akan berfungsi sebagai bagian ujung bibir, lalu tariklah garis segitiga dari garis bantu hidung yang diperpanjang ke baris 3. Garis ini membentuk segitiga tepat di tengah garis vertikal dan garis ke 2. Gunakan garis bantuk ini untuk membuat hidung.

Langkah 7: Gambar Telinga
teknik menggambar telinga sketsa wajah

Telinga manusia diletakkan pada mulai dari garis tengah sampai di garis ke 2.

Langkah 8: Menggambar rambut

Membuat rambut di mulai dari area tipis si sekitar lingkaran kepala, mulai dari telinga sampai ke daerah atas, Volume rambut tidak boleh jauh dari garis A. Bagaimana gambar sketsa wajah sudah selesai. Silahkan tambahkan detail untuk membuat sketsa wajah menjadi lebih realistis lalu hapus garis bantu dengan hati hati.

No comments