7 Puncak Gunung Tertinggi di Provinsi Jawa Timur (7 Summits In East Java)


7 Puncak Gunung Tertinggi di Jawa Timur yang Patut untuk Didaki

Dzargon - Pulau Jawa terkenal sebagai gunung-gunung yang menjulang tinggi di Indonesia. Bahkan beberapa gunung tersebut mencapai ketinggian di atas 3.000 meter diatas permukaan laut. Beberapa gunung bahkan masih aktif dan karena pulau Jawa masuk dalam jajaran bentang pegunungan Ring of Fire. Nah berikut ini daftar seven summits di Jawa Timur.

7. Gunung Suket (2.950 mdpl) - Banyuwangi

Pada urutan pertama ada gunung Suket dengan ketinggian kurang 50 meter untuk mencapai ketinggian 3.000 mdpl. Gunung ini terletak di bagian timur pulau jawa yakni Kabupaten Banyuwangi dan berdekatan dengan gunung Raung.

Padang cantik pemandangan Gunung Suket (2.950 mdpl) - Banyuwangi

6. Gunung Argopuro (3.088 mdpl) - Probolinggo

Pada urutan ke enam ada gunung Argopuro dengan ketinggian 3.088 meter di atas permukaan laut. Gunung Argapura termasuk dalam bagian dari pegunungan Iyang di Kabupaten Probolinggo dengan beberapa puncak yang mengjulang tinggi seperti gunung Semeru, dan Gunung Raung. 

pemandangan indah dan cantik Gunung Argopuro (3.088 mdpl) - Probolinggo

5. Gunung Welirang (3.156 mdpl) - Malang dan Mojokerto

Gunung Welirang berada di kabupaten Malang dan Mojokerto, JAwa Timur dengan ketinggian mencapai 3.156 meter di atas permukaan laut. Dikatakan Welirang karena dalam bahas Jawa, Welirang berarti Belerang karena menjadi tempat orang-orang lokal melakukan penambangan belerang secara tradisional. Di daerah lereng gunung Welerang ada hutan Dipterokarp dengan tanaman endemik yang dikenal dengan nama Manis Rejo.


pemandGunung Welirang (3.156 mdpl) - Malang dan Mojokertoangan indah di Raung

4. Gunung Lawu (3.265 mdpl) - Karanganyer dan Magetan

Gunung Lawu dengan bukit tertinggi bernama Hargo Dumilah yang mencapai ketinggian 3.265 mdpl merupakan gunug tertinggi ke 4 di daerah Jawa Timur. Gunung Lawu adalah gunung api yang telah lama tidak aktif namun tanda-tanda berapi masih terlihat dari fumarol atau mata air berbentuk uap dan solfatara. Gunung ini memiliki hutan alami yang tumbuh hingga jenis hutan Montane.

pemandangan Gunung Lawu (3.265 mdpl) - Karanganyer dan Magetan

3. Gunung Raung (3.332 mdpl) - Banyuwangi, Bondowoso dan Jember

Gunung Raung merupakan gunung dengan ketinggian mencapai 3.332 mdpl, meskipun bukan gunung tertinggi di pulau Jawa, namun puncak Gunung Raung memiliki tingkat kesulitan yang tinggi bahkan lebih sulit dari Gunung Semeru. Di puncak gunung ada sebuah kaldera luas dengan kedalaman 500 meter. Gunung masih aktif dan masih menunjukkan kepulan asap dan api sesekali dengan letusan gunung terbesar terjadi tahun 1638. Gunung bahkan sanggup terlihat dari pulau Bali yakni dari sekitar Pantai Lovina.

pemandangan biru langit Gunung Raung (3.332 mdpl) - Banyuwangi, Bondowoso dan Jember

2. Gunung Arjuna (3.339 mdpl) - Malang

Gunung Arjuni adalah Gunung bertipe Strati dengan ketinggian 3.339 mdpl dan berada di daerah Taman hutan Raya Raden Soeryo. Gunung ini memiliki tiga jalur pendakian yang paling umum dilalai yakni Lawang, Batu dan Tretes. Arjuno sendiri di ambil dari nama tokoh dalam dunia wayang. Puncak gunung berdekatan dengan gunung Welirang dengan objek wisata andalah air terjun Kakek Bodo.

Pemandangan Gunung Arjuna (3.339 mdpl) - Malang padang cantik indah

1. Gunung Semeru (3.676 mdpl) - Malang dan Lumajang

Pada urutan nomor satu ditempati oleh Gunung Semeru dengan popularitas paling tinggi di Indonesia. Nama Semeru sering dibawakan sebagai judul atau tema cerita bahkan Grup Band Dewa pernah menggunakan sebagai judul album. Gunung dengan pengunjung terdapat di Indonesia ini memiliki sebuah danau yang sangat indah yakni Ranukumbolo yang menjadi tempat pengambilan air bagi para peziarah Hindu di sekitar Tengger dan banyak pendakian gunung Semeru hanya berakhir di titik ini.

Gunung Semeru (3.676 mdpl) - Malang dan Lumajang dan Ranukumbolo

Nah itulah daftar nama-nama puncak gunung tertinggi yang berada di Daerah Provinsi Jawa Timur. Ingat jika kalian punya rencana untuk mendagi gunung tersebut, pesan yang paling utama kalau tidak membersihkan gunung jangan me
Loading...

0 Response to " 7 Puncak Gunung Tertinggi di Provinsi Jawa Timur (7 Summits In East Java)"