Daftar 11 Puncak Gunung Tertinggi di Negara Anggota Asean


Mulai dari Ketinggian 164 Meter di Atas Permukaan Laut Sampai Dinginnya Salju Abadi Hkakabo Razi

Dzargon - Region Asean atau wilayah yang berada di bawah asosiasi negara-negara di Asia Tenggara tepatnya di Malaya, Indochina, Kepulauan Filipina dan Kepulauan Indonesia menjadi salah satu wilayah yang dilalui oleh lempeng - lempeng pegunungan dari kerak bumi. Oleh karena sangat lazim jika daerah daerah di Asia Tenggara di Patok oleh Gunung-Gunung Tinggi. 

Gunung - gunung apa saja yang menjadi puncak tertinggi ada di masing masing negara di Asia Tenggara? Berikut ini ulasannya.


11. Bukit Timah - 164 mdpl (Singapura)

Sebagai negara paling kecil dari segi bentul Pulau, Singapura tidak beruntung perihal masalah gunung. Negara berlambang patung singa muntah ini sama sekali tidak memiliki gunung. Titik tertinggi di Singapura berada di District 11 yang dikenal dengan nama Bukit Timah.

Bukit Timah - 164 mdpl (Singapura)


10. Gunung Phnom Aural - 1.813 mdpl (Kamboja)

Puncak Gunung Tertinggi di Kamboja berada di puncak gunung a Phnom Aural. Gunung berada di wilayah Distrik Aoral, Provinsi Kampong Speu atau di bagian sebelah timur pegunungan Cardamom. Pemerintah Kamboja menetapkan kawasan ini konservasi sebagai taman nasional Phnom Aural Wildlife Sanctuary dengan puncak tertinggi berada pada ketinggian 1.813 meter atau rata-rata tinggi wilayah di Lembang Bandung.

pemandangan sawah dan gunung Gunung Phnom Aural - 1.813 mdpl (Kamboja)

9. Gunung Pagon - 1.850 mdpl (Brunei Darussalam)

Pada urutan ke 9 ada gunung Pagon, sebagian orang menyebutnya Bugik Pagon dengan ketinggian 1.850 mdpl. Puncak ini berada di negara Brunai Darussalam. Meskipun negara kecil dan hampir sama sama dengan Singapura, namun posisi Brunei Darussalam yang berada di pulau Kalimantan membuatnya juga mendapatkan gunung dengan ketinggian lebih dari 1.500 meter di atas permukaan laut.

hutan memalukan Gunung Pagon - 1.850 mdpl (Brunei Darussalam)


8. Gunung Doi Inthanon - 2.576 mdpl (Thailand)

Negeri Gajah Putih memiliki gunung dengan ketinggian yang lumayan tinggi yakni mencapai 2.576 meter di atas permukaan laut. Doi Inthanon adalah gunung yang membentang ke selatan dari daerah Daen Lao Range. Lokasi ini sudah dijadikan oleh pemerintah setempat sebagai lokasi wisata pegunungan dengan View pemandangan, suasana hutan, air terjun dan kehidupan Burung.

gunung cantik dan menarik Gunung Doi Inthanon - 2.576 mdpl (Thailand)

7. Gunung Phou Bia - 2.817 mdpl (Laos)

Di Posisi Ke tuju adalah Gunung Phou Bia yang terletak di Annam Cordillera yang berbatasan dengan Xiangkhoang Plateau di Provinsi Xiangkhoung di Laos. Ketinggian gunung yang mencapai 2.817 meter di atas permukaan laut membuatnya selalu diselimuti kabut tebal, awal dan udara dingin. Wilayah ini juga sudah dijadikan kawasan Wisata Alam oleh pemerentah setempat.

Gunung Phou Bia - 2.817 mdpl (Laos)

6. Gunung Apo - 2.954 mdpl (Filipina)

Meskipun kurang 44 meter lagi agar tembus di angka 3000 mdpl, Gunung Apo di Filipina sudah cukup tinggi di untuk menempati urutan ke 6 sebagai gunung tertinggi di Asean. Gunung ini terletak di Porvinsi Davao Del Sur di Porvinsi Cotabato kawasan XI. Penduduk di kaki gunung memanfaatkan kesuburan tanah gunung untuk bercocok tanam, selain gunung paling tidka ada lima puncak gunung di negara ini yang mencapai ketinggian 2 ribu mdpl.

wisata menarik Gunung Apo - 2.954 mdpl (Filipina)

5. Gunung Ramelau - 2.986 (Timor Leste)

Timor Leste, sebelah tenggara dari Nusa Tenggara memiliki sebuah gunung dengan ketinggian mencapai 2.986 meter di atas permukaan laut. Gunung Ramelau adalah gunung yang terletak di Distrik Ainaro sekitar 70 km dari sebelah selatan kota Dili. Gunung ini menjadi gunung menjadi pusat kunjungan agama dan budaya rakyat Timor.

gunung religous kristen di Gunung Ramelau - 2.986 (Timor Leste)

4. Gunung Fansipan - 3.143 mdpl (Vietnam)

Pada Posisi empat ditempati oleh negara Vietman dengan Gunung Fansipan dengan ketinggian 3.143 mdpl. Gunung menjadi gunung tertinggi di Indochina yang terdiri dari Loas, Vietnam dan Kamboja. Pada puncak gunung dibangun sebuah tugu berbentuk limas segitiga dan menjadi salah satu gunung yang ramai di kunjungi oleh para pendaki dari berbagai negara.

mata dajjal di gunung Fansipan - 3.143 mdpl (Vietnam)


3. Gunung Kinabalu - 4.095 mdpl (Malaysia)

Negara tetangga Malaysia boleh bangga karena menempati urutan ke tiga dari puncak tertinggi di masing masing negara anggota Asean. Kinabalu berdiri kokoh dengan ketinggian 4,095 mdpl yang berada di pulau Kalimantan. Gunung ini masuk sebagai salah satu warisa dunia versi Unesco dengan tingkat keanekaragaman hayati berupa 6000 spesies Flora, 326 jenis burung dan 100 lebih jenis mammalia. Dikawasan ini juga dapat ditemukan bunga Raflesia arnoldi dan Orang utan khas pulau Kalimantan.

gersang dan tandus Gunung Kinabalu - 4.095 mdpl (Malaysia)

2. Puncak Jaya - 4.884 mdpl (Indonesia)

Pada posisi ke dua ada negara tercinta, yakni Negara Kesatuan Republik Indonesia. Negara dengan jumlah kepulauan terbanyak di dunia ini, memang memiliki banyak gunung dengan puncak yang menjulang ke langit. Puncak Gunung Tertinggi di Indonesia sendiri ada banyak dengan ketinggian lebih dari 3.500 mdpl, namun yang paling tinggi adalah Puncak Jaya yang berada di Pulau Papua. Pada saat pertama kali ditemukan gunung ini memiliki ketinggian 5.000 mdpl namu ketinggian tersebut berkurang dengan mencairnya sebagian lapisan ES di puncak gunung karena pemanasan Global yang terjadi. 

es tebal dan puncak tertinggi Puncak Jaya - 4.884 mdpl (Indonesia)


1. Gunung Hkakabo Razi - 5.881 mdpl (Myanmar)

Gunung Hkakabo Razi - 5.881 mdpl (Myanmar)

Pada urutan pertama ada Gunung Hkakabo Razi yang terletak di Provinsi Kachin, di bagian utara Myanmar. Gunung merupakan wilayah dari taman Nasional Hkakabo Raziyang diresmikan sejak tahun 1998. Gunung menjadi pembatas kokoh bagi tiga negara yakni China (Tibet), India (Arunachal Pradesh) dan Myanmar sendiri. Dengan ketinggian hampir mencapai 6.000 mdpl, gunung selalu ditutupi salju dan es tebal dan berdekatan dengan kaki gunung Everest di Tibet. Gunung pertama kali ditaklukan oleh orang jepang bernama Takahashi Ozaki.
Loading...

0 Response to "Daftar 11 Puncak Gunung Tertinggi di Negara Anggota Asean"