3 Langkah Mudah Mendapatkan Kerja dan Hidup di Jerman


5 Hal yang harus Anda lakukan untuk Dapat Bekerja di Jerman

Dzargon - Mendapatkan pekerjaan di Luar Negeri di Era Globalisasi ini bukanlah hal yang sulit, sumber informasi dan teknologi telah memudahkan kita untuk mencari pekerjaan ke negara manapun yang anda sukai. Salah satu negara tujuan tersebut adalah Jerman. Mengapa Jerman? yah karena nama orang Indonesia di Jerman cukup baik dan dapat diterima oleh masyarakat Jerman. Nah berikut ini lima langkah mudah untuk hidup dan mendapatkan pekerjaan di Jerman dikutip dari www.make-it-in-germany.com.

1. Mendapatkan Pekerjaan di Jerman

Berburu Pekerjaan - German adalah negara yang memiliki pasar kerja sangat besar. Ada banyak kesempatan berkarir di Jerman. Lantas bagaimana cara mendapatkan pekejaan di Jerman? Berikut ini langkah-langkahnya.

Cari Informasi Tempat Kerja - Hal yang pertama yang anda harus lakukan adalah mencari tempat kerja dan informasi mengenai pekerjaan tersebut. Paling tidak ada 3 pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para penerima atau agen penyalur tenaga kerja di Jerman. Yakni apakah yang anda ingin lakukan di jerman? Apakah anda memiliki kualifikasi berupa kemampuan tertentu atau memiliki latar belakang pendidikan di Universitas? dan yang paling terakhir adalah dimanakah anda mendapatkan keterampilan/ijazah tersebut?. Hal tersebut adalah pertanyaan pembuka sisanya anda akan diarahkan sesuai dengan kualifikasi yang anda miliki.

Mengajukan Visa Pekerjaan - Setiap negara tentu saja memiliki peraturan yang berbeda. Demikian halnya dengan Jerman. Bagi para pengunjung yang berasal dari luar Jerman. Pemerintah mengawasi mereka dengan ketat dan bergantung dari tujuan mereka berkunjung di Jerman. Uni Eropa sendiri memberikan Visa Biru bagi mereka yang ingin bekerja di Negara-negara uni Eropa.

Mencari Lowongan Pekerjaan - Sumber informasi mengenai lowongan pekerjaan di Jerman ada banyak, namun sebagai langkah awal bagi anda, kami menyarankan make-it-in-germany.com sebagai portal awal anda. Pada halaman di situs ini ada banyak bursa kerja dan Agen pencari kerja seperti Federal Employment Agency, jaringan EURES dan banyak lagi. Silahkan pilih pekerjaan seusia dengan kompetensi yang anda miliki. Perlu diketahui, berbeda dengan beberapa perusahaan di Indonesia, Jerman mencari pekerjaan yang memiliki kemampuan serta skill meskipun latar belakang pendidikannya bertolak belakang. 

Melamar Pekerjaan - Setelah mendapatkan salah satu target pekerjaan yang diinginkan, langkah berikutnya adalah mengajukan lamaran pekerjaan. Tips-nya adalah bagaimana cara anda meyakinkan mereka bahwa anda memiliki keterampilan dan perilaku yang baik, rapi dan serta sopan. 

Mengenali Kualifikasi dan Skill anda - Perihal kompetensi tentu saja bukan sesuai dengan pengakuan anda. Ada beberapa lembaga yang melakukan uji kompetensi yang anda miliki sehingga perusahaan calon penerima kerja tidak perlu bersusah payah menguji anda. Sertifikat dari lembaga-lembaga tersebut sangat ampuh tapi tentu saja akan dikeluarkan sesuai dengan kemampuan anda.

Wawancara Kerja - Jika anda menunjukkan kesan yang baik, perusahaan tentu saja akan mengundang anda untuk melakukan wawancara kerja. Kami akan membahas beberapa Tips untuk menyusun CV dan wawancara kerja di dzargon. Hati hati dengan lowongan kerja palsu.

Tanda Tangan Kontrak - Anda butuh pekerjaan? tentu saja tidak demikian di Jerman, tapi Perusahaan yang membutuhkan anda. Sehingga yang akan menandatangani kontrak kerja adalah anda. Jika kualifikasi yang dibutuhkan ada pada diri anda, Perusahaan akan mengajukan penawaran kontrak kerja terkait gaji dan fasilitas. Pertimbangkan baik-baik mengenai besaran gaji paling tidak gaji tahunan untuk pekerja profesional di Jerman sekitar 30 ribu sampai dengan 50 ribu Euro (Mata uang Uni Eropa)

cara mencari di Jerman


2. Pengajuan Visa Kerja 

Visa Kerja di Jerman sangat mudah untuk mereka yang berasal dari Uni Eropa, Liechtenstein, Swiss, Norwegia dan Islandia namun untuk pekerja di luar negara tersebut tentu saja anda harus mengunjungi Kedutaan Jerman di negara masing-masing, Uni Eropa sendiri mewajibkan Visa biru untuk semua pekerja dari luar negara yang disebutkan di atas.

3. Pindah ke Jerman 

Selamat jika anda sudah melalui seluruh fase tersebut, selamat Anda resmi menjadi pekerja di Jerman, tapi tentu saja usaha anda sudah selesai. Langkah selanjutnya adalah pindah ke Jerman yah negara tempat dimana anda akan bekerja. 

Tempat Tinggal Pertama - Tempat pertama yang disarankan bagi para pekerja dan pelajar yang berasal dari luar jerman adalah hotel, hostel untuk pelajar atau rumah sewa jangka pendek biasanya disewakan bulanan atau sebuah flat dari apartemen, namun tentu saja anda harus segera mencari tempat tinggal permanen untuk biaya hidup yang lebih murah.

Mencari Rumah Tinggal Permanen - Informasi mengenai rumah tinggal permanen dapat ditemukan di situs properti atau iklan kecil di media cetak setempat. Informasi yang lebih detail bisa anda tanyakan pada pemilik rumah tinggal sementara anda atau sumber informasi di kedutaan masing masing negara. Memiliki rumah di Jerman tetap diperbolehkan bagi warga negara non German namun tentu saja sangat mahal dan hanya dimiliki dalam kurung waktu tertentu.
Loading...

0 Response to "3 Langkah Mudah Mendapatkan Kerja dan Hidup di Jerman"