15 Fakta Unik Tentang Pendakian Gunung Prau yang Jarang di Ketahui



17 Fakta Unik Tentang Pendakian Gunung Prau yang Jarang di Ketahui

Dzargon - Popularitas dari Puncak Gunung Prau menjadi semakin terkenal sejak foto-foto pemandangan dan View Sunset di Gunung Prau jadi viral di media sosial. Namun apakah kalian ada banyak fakta menarik dari Gunung Prau yang mungkin ada salah kaprah dengan Gunung yang satu ini. Apa saja, berikut ini ulasannya.

Tinggi Maksimum - Sebagian besar pendaki mengira membangun tenda di puncak gunung Prau pada ketinggian 2565 meter diatas permukaan laut. Hampir 90% pendaki mngira tempat tersebut adalah titik yang paling tinggi, namun ketinggian maksimum gunung prau ada pada titik 2590 meter di atas permukaan laut.

Jalur Patak Banteng - Sebagian besar pendaki hanya mengetahui jalur Patak Banteng untuk naik puncak gunung Prau. Jalur ini jalur paling pavorit karena hanya membutuhkan waktu 2 sampai 3 jam. Hal ini juga yang menjadi penyebab utama mengapa puncak 2590 mdpl tidak pernah menjadi perhatian, ada sebuah jalur dari Kendal yang dikenal dengan nama jalur utara yang kurang populer karena membutuhkan waktu tempuh paling tidak 6 jam untuk mencapai puncak dan bukit Teletubbies.

Gunung Prau di Wonosobo - Banyak orang salah tafsir jika gunung Prau hanya ada di Wonosobo, Dieng, padahal Gunung yang menjulang panjang menyerupai Perahu ini masuk dalam 5 kabupaten yakni Wonosobo, Banjarnegara, Temanggung, Batang dan Kendal.

Jadwal Tutup Gunung Prau - Pusat pelayanan wisata gunung Prau mengeluarkan jawdal tutup Gunung Prau dari aktifitas pendakian, yakni pada tanggal 5 januari sampai 5 april dengan tujuan mengembalikan ekosistem di atas gunung agar tetap indah bagi para pengunjung. Hal ini diperlukan kanrena kondisi ekosistem sangat buruk terutama setelah tahun baru.

Kawasan Hutan Lindung Gunung Prau - Gunung Prau merupakan wilayah dibawah kawasan Hutan Lindung yang pengelolaannya ada pada PT Perhutani. Jadi para pendaki membayar tiket bukan sebagai kawasan hutan konservasi melainkan kawasan hutan lindung.

8 jalur pendakian Gunung Prau - Tidak hanya Patak Banteng dan jalur utara, Kendal. Plaing tidak ada 8 jalur pendakian gunung ini, yakni jalur Campurejo, Kalilembu, Dieng, Banteng, Dwarawati, Pranten dan Kenjuran.

Musim Kemarau dan Suhu Paling dingin - Hal yang unik lain di Dieng, adalah Suhu terdingin justru tidak terjadi pada musim penghujang, melainkan pada musim Kemarau. Beberap akondisi tertentu akan pengunjung akan melihat es yang menempel pada permukaan tanah di pagi hari. 

Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing - Sebagain besar pengunjung dan pendaki yang ada di Gunung Prau, justru lebih mengabadikan pemandangan Gunung Sumbing dan Sindoro, sedangkan gunung Prau itu sendiri sangat jarang.

Cuaca cerah dan Gunung Prau - Gunung Prau memang tidak menarik dari segi tracking, tapi dari segi pemandangan mungkin gunung ini palung terkenal. Jika cuaca cerah kita dapat melihat 5 gunung lain dari Gunung Prau, yakni Sindoro, Sumbing, Merapi, Merbabu dan Lawu dari satu titik di bukit teletubbies bahkan di sisi barat terkadang akan muncul Gunung Slamet.

Bunga Daisy dan Gunung Prau - Bunga Edelweiss yang terkenal sebagai vegetasi alami pegunungan justru tidak akan ditemukan di Gunung Prau, di gunung Prau punya Flora khas bunga Daisy yang mekar dengan penuh warna, orang setempat menyebutnya bunga Lonte Sore.

Rajasai fakat pendakian gunung Prau dan Bunga Daisy indah

Suara Hantu di Gunung Prau - Pada pendakian malam hari dan suasana sunyi terkadang para pendaki mendengar percakapan yang samar-samar. Berkembang mitos bahwa suara tersebut adalah suara hantu penghuni gunung Prau, padahal itu adalah suara dari menara pandang yang terdengar karena sunyi dan tidak ada angin.

Sunset di Prau - Gunung Prau terkenal akan dua hal yakni Sunset dan Sunrise yang indah namun sebagian besar pendaki hanya menikmati Sunrise-nya saja. Hal ini disebabkan oleh budaya mendaki Gunung Prau pada malam hari dan turun di siang hari.

Tangkuban Perahu - Bagi para pendaki awam, nama Gunung tidak terkenal bahkan banyak yang mengira kalau Gunung Prau adalah Gunung Tangkuban Perahu padahal Keduanya terpisah sejauh satu provinsi, yakni jawa barat dan jawa tengah, orang awam lainya menganggap Gunung Prau sebagai Gunung dieng.

Naik Puncak Gunung Prau Lalu Turun - Para pendaki akan naik ke puncak paling tinggi ke gunung Prau pada ketinggian 2590 Meter di atas permukaan laut, lalu turun ke Camping ground pada ketinggian 2565 mdl dan mengira itu adalah puncak gunung Prau.

Gunung Prau atau Gunung Prahu - Nama Gunung Prau lebih terkenal di dunia maya dan dunia nyata dibandingkan dunia Prahu, meskipun namanya diambil dari kata Perahu yang merujuk pada bentuk gunung yang memanjang seperti perahu.

No comments