Mancing Goliath Tigerfish: Ikan Bandeng Raksasa dari Pedalaman Sungai Kongo


Mancing Goliath Tiger fish: Ikan Bandeng Raksasa dari Pedalaman Sungai Kongo

Dzargon. Mendengar nama Goliath tentu saja akan terbayang sebuah mahluk raksasa dengan wajah garang, dan Goliath Tigerfish tentu saja akan memiliki bentuk dan wajah yang sama garangnya dengan nama yang ia miliki. Goliath Tigerfish adalah ikan air tawar asli lembah sungai Kongo, Afrika, yakni daerah sekitar sungai Luala, Dana Upemba, Dan Danau Tanganyika. Ikan in i merupakan anggota family Tigerfish paling besar dari spesies pemangsa hebat. Di Konggo, Ikan ini bisa tumbu hhingga mencapai 154 kilogram atau setara dengan seorang pegulat kelas berat.

Penduduk setempat menyatakan bahwa Ikan Goliath Tigerfish merupakan satu-satunya mahluk yang tidak akan lari melihat buaya bahkan beberapa ikan ukuran besar akan memangsa anak buaya rawa di danau danau Kongo. Beberapa kasus bahkan ditemukan bahwa ikan ini pernah menyerang manusia meskipun sangat sedikit laporan mengenai serangan manusia. Berbobot berat, ikan ini dilengkapi dengan senjata mematikan alami berupa kecepatan dan kegesitan ketika bergerak di dalam air. Para pemancing sungai di Kongo bahkan harus membaca manual guide untuk mengenai langkah antisipasi ketika kail mereka disambar oleh ikan ini karena tidak jarang dari para pemancing akan ditarik turun ke air jika tidak berhati-hati dengan ikan ini.

ikan bolu raksasa
Jeremi Wade dan Ikan Goliath Tiger Fish di Kongo

Penunggu Cekungan Kongo

Ikan Goliath Tigerfish memiliki warna kulit zaitu seperti ikan bandeng dengan bagian perut berwarna perak. Ketika tersenyum, ikan sungguh tidak memiliki tampang manis sekalipun karena gigi  gig tajam berukuran 1 inci akan terlihat dengan jelas ketika ikan ini menganga. Ggi ikan Goliath tepat berada pada tepi rahang dan hampir tidak memiliki bibir. Ketika gigi ini menemukan mangsa yang lebih besar, dapat dipastikan luka robek berukuran lebar akan muncul tidak berapa detik setelh gigi tersebut menancap pada otot. Hal yang lebih buruk akan terjadi karena ukuran ini super besar sehingga setiap gerakan akan berubah menjadi deru mesin penggiling daging alami made in Kongo River.

Ikan Goliath merupakan ikan perenang yang gesit dan hidup di air berarus kuat. Kondisi ini membuat ikan menjadi sangat sulit untuk diserang terutama jika diperhatikan ukuran badannya yang besar. Semuah mahluk yang berenang dekat ikan ini dapat dikatakan sial, karena frekuensi serangan yang dilakukan oleh ikan ini hampir sama dengan ikan piranha. Ikan Patin berukuran 30 Kg akan dengan mudah dibelah menjadi dua oleh ikan goliat dengan sekali terkam. Belum ada laporan resmi mengenai umur ikan ini, namun di penangkaran ikan mampu bertahan 10 sampai 15 tahun.

Teknik Memancing Goliath Tiger Fish

Ikan Goliath sangat sulit untuk ditaklukkan, kecuali dengan alat pancing berat, mata pancing yang tajam dan berukuran besar serta selalu waspada. Ikan Goliath bukan tipikal ikan Pemalu, Umpan akan langsung disambar dan dihentakkan sekuat tenaga sehingga jika beruntuk, kail akan menancap cukup dalam di dalam mulut. Aturan pertama adalah melakukan pengendoran karena hentakan ikan Goliath cukup kuat untuk menggoyangkan perahu anda. Berhati-hati ketika ikan ini sudah cukup dengan perahu karena ada perlawanan terakhir yang sering ditunjukkan yakni dengan cara melompat, tipsnya adalah turun ujung jorang anda serata dengan air dan jangan lupa kendurkan sedikit senarnya agar tidak putus.


Mengapa Ikan Goliath Harus Dilepas Kembali?

Ikan Goliath butuh waktu lama untuk dapat tumbuh besar yakni sekitar 14 tahun. Jumlahnya di alam tidak dapat tumbuh dalam jumlah massal oleh karena sangat disarankan untuk melepasnya ketiak sudah menangkapnya untuk memastikan jumlahnya cukup untuk terus bertahan hidup dan beregenerasi di alam.
Loading...

0 Response to "Mancing Goliath Tigerfish: Ikan Bandeng Raksasa dari Pedalaman Sungai Kongo"