7 Makanan Khas Pada Bulan Ramadan dari Berbagai Negara di Penjuru Dunia


7 Menu Spesial Bulan Puasa dari Mancanegara

Dzargon - Bulan Ramadhan memang bulan penuh berkah, meskipun pad siang hari seluruh umat Muslim yang memenuhi syarat menjalankan ibadah puasa dilarang makan dan minum namun hal ini tidak menjadi pertanda jika bulan puasa adalah bulan kering.

Salah satu hal yang sangat identik dengan bulan Ramadhan adalah Makanan untuk berbuka puasa dan sahur. Bahkan bulan puasa selalu menjadi waktu dimana makanan di dapur menjadi makanan yang spesial. Hal ini sangat lumrah di Indonesia, namun tahukah anda jika kebiasaan menyediakan makanan Khas pada bulan puasa tidak hanya ada di Indonesia tapi juga hampir diseluruh negara mayoritas muslim di dunia? Lantas apa saja menu spesial tersebut, simak sajian khas dari Dzargon.

Bubur Lambuk - Malaysia
Bubur Labak adalah penganan dari Malaysia yang menyerupai Bubur Ayam, namun sedikit berbeda. Bubur labak adalah bubu dari beras dengan campuran daging sapi dengan cita rasa kulit kayu manis, cengkeh dan lain-lain. Makanan ini nikmat dihidangkan dengan udang kering dan dinikmati pada saat sahur atau berbuka puasa.

menubuka puasa Bubur Lambuk - Malaysia


Falooda - Pakistan
Falooda adalah makanan khas Pakista yang sering menjadi menu buka puasa di negara pecahan India tersebut. Rasanya tidak jauh beda dengan Smoothies dan Milkshake. Bahan dasar dari pembuatan Falooda adalah sirup bunga mawar yang dicampur dengan yogurt. Falooda bisa jadi bahan minuman manis yang menyegarkan untuk menghilangkan rasa haus. Tidak hanya di Pakistan, Falooda juga banyak ditemukan di Iran, Persia dan India.

makanan unik dari bunga


Bolani - Afghanistan 
Bolani secara fisik memiliki bentuk menyerupai martabak telur, Bolani merupakan roti tipis yang berisi sayuran. Bolani dapat dihidangkan dengan cara dipanggang atau digoreng di dalam minyak panas. Sebagai pelengkap kuah dari santan yang gurih dapat menjadi pendamping dari Bolani.

pure tidak masak martabak afganistan


Haleem - India
Meskipun India merupakan negara dengan penduduk mayoritas Hindu, namun india utara yang berbatasan dengan Bangladesh dan Pakistan banyak dihuni oleh penduduk yang mayoritas beragama Islam. Nah penduduk yang sedang berpuasa di India biasanya menyantap Haleem sebagai hidangan buka puasa mereka. Haleem hampir sama dengan bubur ayam hanya saja tidak berbahan baku utama beras melainkan Gandum yang dimasak selama 12 jam bersama rempah-rempah lainnya. Selain gandum, daging sapi atau kambing dijadikan sebagai bahan yang menambahkan cita rasa khas dari Haleem.

 Haleem - India menu buka puasa


Malfouf - Palestine
Negara Kiblat pertama Islam ternyata memiliki hidangan buka puasa Pavorit berupa Malfouf. Malfouf berbahan utama kol/kubis gulung yang berisi daging cincang, minyak zaitun dan bawang cincang. Makanan ini sering ditemukan disepanjang tahun namun namun sangat banyak dihidangkan ketiak bulan Ramadhan tiba.

Malfouf - Palestine bukan puasa murah di palestina


Luqaimat - Arab Saudi
Jajanan khas negara Arab Saudi pada bulan ramdhan adalah cemilan manis berukuran seperti bola ping pong. Luqaimat adalah roti goreng yang ditaburi sirup kurma kemudian disantap langsung sebagai makanan kecil pada saat berbuka puasa. 

Luqaimat - Arab Saudi masakan khas arab


Kolak - Indonesia
Kolak Pisang, Ubi, Labu tentu saja bukan hal asing bagi lidah orang-orang Indonesia. Popularitas Kolak di Indonesia pada bulan Ramadhan tidak bisa dianggap remeh. Makanan yang berbahan pisang dengan saos tepung terigu yang dicampur santan ini bahkan mampu mengalahkan pesaing utama di bulan Ramadhan yakni es Cendol atau Dawet. Kolak tentu saja banyak dihidangkan di masjid-masijd dan rumah-rumah muslim di Indonesia pada saat buka puasa.

Kolak - Indonesia kolak makanan istimewa


Nah itulah makanan Khas yang ada di berbagai Negara Muslim di Dunia. Makanan tersebut tentu saja bisa dihidangkan pada hari lain diluar bulan puasa, namun entah mengapa rasanya akan lebih nikmat ketika disantap pada bulan Ramadhan. Tidak sabar ingin mencobanya, silahkan mencobanya di rumah yah tentu saja pada saat bedug maghrib sudah di tabuh.
Loading...

0 Response to "7 Makanan Khas Pada Bulan Ramadan dari Berbagai Negara di Penjuru Dunia"