Daftar 10 Puncak Gunung Tertinggi di Indonesia


10 Gunung dengan Puncak Tertinggi di Indonesia

Dzargon. Gunung adalah dataran tinggi yang menjulang ke atas dengan ketinggian lebih dari 1000 meter di atas permukaan laut. Gunung tidak terlalu menarik, akan tetapi puncak dari gunung gunung tersebut. Sebagai negara kepulauan yang masuk dalam daftar dua pegunungan terpanjang di dunia, yakni pegunungan ural yang terbentang dari ujung utara pulau Sumatra sampai Nusa Tenggara dan Pegunungan ring of Fire yang ada di Papua, Indonesia tentu saja memiliki banyak puncang gunung yang berdiri kokoh. Gunung-gunung ini tersebar di seluruh pulau induk di Indonesia kecuali Pulau Kalimantan yang sama tidak dilalu jalur pegunungan tinggi. 

Salah satu gunung yang masuk dalam daftar sevent summits atau 7 puncak tertinggi di dunia, Indonesia memiliki puncak Jaya (puncak Cartens) dengan ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut. Puncak ini selalu tertutup salju alias es abadi meskipun karena pengaruh pemanasan Global saat ini luas area lapisan es di puncak Jaya semakin sempit sangat berbeda dengan puncak Gunung tertinggi Everest di Nepal. Lantas apa saja gunung tertinggi di Indonesia? Mari kita lihat daftarnya hanya di Dzargon.

1. Puncak Jaya (4.884 mdpl) - Papua

Puncak Jaya adalah nama sebuah puncak tertinggi yang ada di Indonesia dan menjadi salah satu bagian dari Barisan Sudirman, Provinsi Papua, Indonesia. Puncak Jaya berada pada ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut dan menjadi puncak tertinggi di Indonesia. Ketinggian dan udara yang tipis di puncak ini membuat Gunung ini selalu ditutupi Gletser yang merupakan satu-satunya Gletser di Indonesia, namun Gletser tropika ini kemungkinan besar akan hilang karena pengaruh pemanasan Global yang terjadi.

Jauh sebelum bangsa Eropa datang ke Indonesia, Dataran di sekitar puncak sudah didiami oleh penduduk papua dengan nama Nemangkawi, kemudian ketika orang belanda bernama Jan Carstenszoon melihat Gletser untuk pertama kali di puncak tersebut, puncak tersebut diberi nama Piramida Carstensz pada tahun 1623. Padang Salju di gunung ini pertama kali didaki oleh penjelajah asal Belanda bernama Hendrikus Albertus Lorentz yang dibantu oleh kuli panggul dari Kenyah. Setelah pendakian dilakukan, daerah tersebut dijadikan taman nasional dengan nama Taman Nasional Lorentz.

nama gunung dna puncak Jaya gunung tertinggi di Indonesia


Sejarah Pendakian Pertama Puncak Jaya - Ketika pertama kali ditemukan, tahun 1963 dilakukan upaya pendakian puncak yang diberi nama ekspedisi Carztensz, namun terkendala oleh data. Tidak ada data awal mengenai puncak tertinggi dari masing masing puncak, ekspedisi ini kemudian memutuskan untuk mendaki masing-masing puncak dengan pemimpin Anton Colijn, Jean Jacques Dozy, dan Frits Julius Wissel dan berhasil mendaki puncak Ngga Pulu dengan ketinggian 5.000 meter ketika didaki untuk pertama kalinya, namun karena pengaruh pemanasan Global dan mencairnya Glester di Punccak Ngga Pullu, Ketinggianya berkurang menjadi  4.862 meter.

Setelah pendakian puncak pertama dilakukan, pendakian tidak pernah lagi dilakukan sampai tahun 1962. Tahun yang sama dibentuk sebuah ekspedisi yang di pimpin oleh Heinrich Harrer dari Austria. Tahun 1963, nama puncak Cartens kemudian diganti menjadi Puncak Soekarno lalu diganti lagi menjadi Puncak Jaya sampai hari ini tetap nama Piramida Carstensz masih tetap digunakan oleh para pendaki.

Nemangkawi
Ngga Pulu ("Ngga" berarti gunung)
Gunung Carstensz
Piramida Carstensz
Puncak Carstensz
Puncak Jayadikesuma
Ndugundugu

2. Puncak Mandala (4.760 mdpl) – Papua

Puncak Mandala menjadi puncak gunung tertinggi ke dua di Indonesia dengan ketinggian 4.760 meter di atas permukaan laut atau lebih pendek 120 meter di bawah puncak Jaya. Pada masa penjajahan Belanda, Puncak ini dikenal dengan nama Puncak Juliana atau Juliana Top. Dahulu, puncak ini tertutup oleh es tebal namun permukaan Es tersebut menghilang seiring dengaan naiknya suhu Global. Saat ini foto Puncak Mandala dari jauh bahkan hampir tidak ditutupi oleh lapisan es lagi karena tipisnya lapisan es di puncak tersebut.

Sejarah Pendakian Puncak Mandala - Sejarah pendakian pendakian pertama dilakukan oleh Herman Verstappen, dan timnya Jan de Wijn, Max Tissing, Piet ter Laa dan Arthur Escher pada tahun 1959. Sejarah pendakian lainnya pernah dilakukan oleh pendaki Australia pada tahun 1996 namun mereka gagal mencapai puncak.

gunung tertinggi di Indonesia

3. Puncak Trikora (4.750 mdpl) – Papua

Pada posisi ada puncak Trikora yang dikenal juga dengan nama Ettiakup dengan ketinttian mencapai 4.751 meter di atas permukaan laut. Posisi ini lebih rendah 10 meter di bawah puncak Mandala. Puncak Trikora memiliki sebuah aaawasan Hutan Dipterokarp yang terbagi ke dalam dua wilayah yakni Dipterokarp bukit dan Dipterokarp atas. Kemudian terdapat juga hutan Ericaceous, hutan Montaen dan hutan Gunung. Pada masa penjajahan, Pemerintah Hindia Belanda menggunakan nama Wilhelminatop untuk puncak ini kemudian di rubah oleh Presiden Soekarno menjadi Puncak Trikora sesuai dengan usaha Pemerintah Republik Indonesia untuk membebaskan Papua dari negara Boneka Belanda.

Sejarah Pendakian Puncak Gunung Trikora - Puncak ini pertama kali di taklukkan oleh Pendaki gunung asal Belanda bernama Hermala Versteeg pada tahun 1913. Ekspedisi dari Mapala Indonesia dilakukan oleh Mapala UI yang dipimpin oleh ketua tim Ekspedisi Fandhi pada tanggal 27 Januari 2013.

Sejarah Pendakian Puncak Gunung Trikora

4. Puncak Ngga Pilimsit (4.717 mdpl) – Papua

Papua memang dipatok oleh gunung-gunung tinggi dengan ketinggian lebih dari 4.000 meter di atas permukaan laut. Puncak Ngga Pilimsit memeiliki ketinggian 4.717 meter di atas permukaan Laut. Permukaan gunung dengan suhu dingin namun tidak cukup rendah untuk membuat air membeku di membuat pemandangan alam di lembah Ngga Pilimsit sangat indah dan dijuluki sebagai idenberg.

Sejarah Pendakian Ngga Pilimsit - Ngga Pilimsit pertama kali di taklukkan oleh pendaki asal Belanda bernama Heinrich Harrer dan Philip Temple pada tahuan 1962. Gunung terletak sejauh 21 km dari puncak Jaya ini cukup dingin dan tertutupi oleh salju abadi di beberapa bagian puncak meskipun terancam hilang karena pemanasan Global.

Gunung tertinggi di dunia Puncak Ngga Pilimsit

5. Gunung Kerinci (3.805 mdpl) – Jambi
Jauh bergeser ke barat, pulau Sumatera ternyata memuliki puncak gunung dengan ketinggian 3.805 meter di atas permukaan laut. Gunung yang dulu memiliki nama Peak of Indrapura kini diganti dengan nama gunung Kerinci pertama kali ditaklukkan oleh Arend Ludolf van Hasselt en Daniël David Veth pada tahun 1877. Gunung Kerinci adalah puncak gunung yang masih aktif dan merupakan bunung berapi paling tinggi di Indonesia.

6. Gunung Rinjani (3.726 mdpl ) Lombok
Salah stau gunugn dengan pemandangan terindah di Indonesia, yakni pincak gunung kerinci membuatnya menjadi gunung yang banyak di incar oleh para pendaki gunung. Gunung Rinjani terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat yang berdiri kokoh dengan ketinggian 3.726 meter. Dari puncak gunung terdapat sebuah danau yang disebut danau Sentani yang indah.
Jalur pendakian gunung Rinjani

7. Gunung Semeru (3.676 mdpl) Jawa Timur
So Hok Gie bisa dikatakan menjadi orang pertama yang mempopulerkan gunung ini meskipun bukan dirinya yang menjadi penakluk gunung rinjani pertama. Setelah So Hok Gie, film 5 cm yang meledka dari novel dengan judul yang sama membuat semakin banyak pendaki alay yang mendaki gunung dan mebuat ini gunung menjadi tempat sampah yang paling menyedihkan karena di kotori oleh mereka yang mengaku pecinta alam. Sampah sampah ini terkumpul camping ground terutama di Kalimati. Gunung semeru pertama kali di taklukkan oleh Clignet pada tahun 1838 dan merupakan gunung berapi yang sangat aktif dengan aktifitas puncak dimulai dari jam 9 pagi.
Bahaya ornag hilang di Gunung jalur pendakian semeru

8. Gunung Sanggar (3.564 mdpl ) – Lombok
Gunung Sanggar adalah puncak tertinggi di Nusa Tenggara Barat setelah puncak Rinjani. Puncak terletak di pegunungan yang sama dengan puncak Rinjani, Puncak gunung Sanggar berdiri dengan ketinggian 3.564 meter di atas permukaan laut sehingga lumayan cukup untuk memacu adrenalin anda dalam perjalan menuju ke puncak.

9. Puncak Rantemario (3.478 mdpl ) – Enrekang
Sulawesi selatan yang juga terkenal dengan para pendaki yang santun juga memiliki gunung dengan puncak 3.478 meter di atas permukaan laut. Puncak Rantemario berada di gunung Latimojong kabupaten Enrekang memiliki ketinggian yang cukup untuk memasukkan dalam daftar gunung tertinggi kesembilan di Indonesia.
Siapa nama penkaluk gunung Altimojong pertama

10. Gunung Slamet (3.428 mdpl) – Jawa tengah
Di Jawa Tengah, terdapat sebuah gunung dengan nama gunung Slamet memiliki ketinggian 3.428 meter di atas permukaan laut. Gunung ini berada di Jawa Tengah dangn status masih aktif. Gunung Slamet juga menjadi salah satu gunugn dengan jumlah pendaki teramai meskipun sering di tutup untuk jalur pendakian karena keadaan cuaca ekstrim dan sering membuat para pendaki gunung tersesat.
Loading...

0 Response to "Daftar 10 Puncak Gunung Tertinggi di Indonesia"