6 Tips dan cara Mudah menanam Strawberi di daerah Panas



6 Tips dan cara Mudah menanam Strawberry di daerah Panas.

Dzargon. Buah Strawberi adalah salah satu buah berry dengan warna merah, cantik dengan rasa asem manis ini memang sangat digemari, selain nikmat di hidangkan langsung dan di buat bahan jus atau selai, ternyata Strawberi memiliki banyak manfaat baik itu untuk kesehatan dan juga kecantikan seperti menjadi bahan anti oksidan alami dan juga pemuith gigi dan kulit. Dengan manfaat dan rasa yang luar biasa, tidak heran jika penggemar buah merah kecil ini menjadi banyak dan semakin digilai. Salah stau cirinya adalah banyak orang yang berupaya menanam strawberry di dalam pot atau di halaman rumah mereka namun akhirnya kecewa karena tanaman tersebut mati.

Strawberi adalah tanaman yang dapat tumbuh dengan ideal pada ketinggian 1000 meter sampai dengan 2000 meter dipermukaan air laut dengan suhu udara berkisar dari 10 sampai dengan 18 derajat celcius dan kelembababn udara tinggi, namun hal ini tidak berarti bahwa Strawberry tidak dapat tumbuh di daerah panas atau dataran rendah. Strawberi dapat ditanam di daerah panas namun tentunya dengan pemberian perlakuan khusus adapun tata cara pemberian perlakuan khusus ini sebagai berikut:

1. Strawberi tumbuh subur di media tanaman yang mengandung zat organik tinggi dan kelembaban yang tinggi.
Strawbery adalah tanaman semak yang memiliki daun lebar dengan efek gutasi yang besar. Hal ini berarti Strawberi membutuhkan asupan air yang lebih banyak terutama pada daerah panas. Oleh karean itu tugas anda menyediakan air yang melimpah namun harus pula diperhatikan bahwa air tersbeut tidak boleh menggenangi akar, dengan kata lain pemberian air harus dilakukan sedikit-sedikit namun kontinu. Caranya dengan menggunakan mesin penyiram tanaman yang dapat di atur jumlahnya. Air disiramkan sepanjang hari mulai dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore. 

Selain kondisi air, Strawberi juga tumbuh subur dengan tanah yang mengandung banyak zat organic karena tanaman ini bersifat porous. Media tanam yang baik untuk Strawberry baiknya campuran dari pupuk kandang dan sekam padi dengan perbandingan 2:1. Persiapan media tanam harus dibiarkan selama tiga hari karena gaz yang bersifat asam tidka baik untuk akar tanaman, selain itu hal yang perlu dibedakan adalah pupuk kandang tidak sama dengan kotoran ternak langsung. Diperlukan beberapa penyesuaian agar kotoran tersebut bisa bermanfaat bagi tanaman.
 
6 Tips dan cara Mudah menanam Strawberi di daerah Panas setek strawberry
Teknik Meidahkan Bibit Strawberi
 

2. Gunakan Media Tanam Hydroponik.
Menanam Strawberi di daerah terbuka seperti kebun di daerah panas hamper mustahil di lakukan kecuali dengan sistem penyiraman tingkat rendah namun kontinu sepanjang hari, namun ada cara mudah yang paling baik untuk menanam strawberi yakni dengan cara Hidroponik. Cara penanaman hidroponik menjamin kebutuhan nutrisi dan air yang dibutuhkan oleh tanaman sehingga tanaman Strawberi dapat tumbuh dengan subur akan tetapi teknik penanaman hidroponik ini membutuhkan keterampilan dan peralatan yang khusus. Untuk mendapatkan anda bisa berkunjung ke tokok tani dan memesan Hidropnik starter kit.
 
Siapkan tanaman strawbery Gunakan Media Tanam Hydroponik
Starterkit Hidroponik Strawbery
 

3. Pengendalian Hama dan Penyakit.
Pada daerah tropis, Tanaman Strawberi lebih diuntungkan dengan serangan hama pengerat yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan daerah bersuhu sedang. Hama yang paling sering menyerang strawberi pada kondisi seperti terdiri dari kutu kuning, thrips, belalang dan juga Meali bug atau serangga Meali yang mengerat batang daun. Seluruh hama tersebut dapat dikendali dengan curacron dengan dosis 1 sampai dengan 2 ml untuk setiap liter air. Selain dari serangan tersebut, penyakit yang paling sering menyerang strawberi adalah akar dan daun busuk, penanganan nya adalah dengan memberikan sistem pengairan yang memadai sehinga air tidak tergenang atau mengurangi intensitas penyiraman. Selain itu bagian tanaman yang yang terserang harus segera dihilangkan. Untuk menghidari serangan hama yang mewabah, penggunaan sistem penanaman dengan Hot House jauh lebih baik dan tentunya lebih subur.

4. Bungkus Bakal Buah Strawberry.
Setelah melalui pertumbuhan, tanaman Strawberi normal akan berbuah 2 sampai 3 bulan. Pada usia ini bakan bunga akan nampak dan tumbuh, tunggu sampai bunga tersebut tumbuh menjadi buah kemudian bungkus dengan plastic berwarna hitam. Keguaan plastic berwarna hitam ini bertujuan untuk mengurangi penguapan pada daerah buah dan juga melindungi buah strawberi muda dari sengata matahari. Hal ini tidak perlu lagi dilakukan jika anda menanam Strawberi pada rumah kaca dengan sistem penyiraman tanaman terpadu.

5. Pemupukan pohon strawberi.
Proses pemupukan tanaman strawberi tidak dilakukan pada saat tanaman sudah tumbuh namun dilakukan pada saat media tanam disiapkan. Umur yang relatik pendek dari semak strawberi tidak begitu membutuhkan pemupukan pasca tanam oleh karena setiap kali tanaman strawberi akan ditanam kembali, media tanam harus di sipakan dengan pemberian pupuk. Jika dibutuhkan, pemupukan strawberi bisa dilakukan melalui media pupuk daun. Untuk saat ini pupuk daun yang direkomendasikan berdasarkan pengelaman penulis adalah Gandasil.
 
6. Panen Strawberi
Waktu panen adalah waktu yang paling baik bagi anda penggemar Strawberi namun tetap ada beberap ahal yang perlu diperhatikan yakni
  • Strawberi adalah tanaman berusia pendek namun tidka berarti hanya dapat dipanen sekali oleh karena proses pemanena dibutuhkan perhatian khusus.
  • Cara terbaik memanen Strawberi dengan menggunakan gunting atau tang, bagian yang digunting adalah pangkal dari buah sekaligus meskipun ada buah yang masih hijau pada kelompok yang sama, biarkan bagian buah hijau pada pangkal yang berbeda tumbuh dengan subur setelah buah masakdi panen.
  • Hindari pemetikan buah dnegan tangan atau dengan cara diputar putar kerna batang Strawberi akan mengalami patah dan stress sehingga kemungkinan serangan batang busuk lebih besar.

No comments