Kaleidoskop Indonesia : Berita Hangat Sepanjang Tahun 2016



Kaleidoskop Indonesia : Berita Hangat Sepanjang Tahun 2016

Dzargon. Kaleidoskop Indonesia tahun 2016 adalah sekumpulan berita-berita hangat yang menerpa Indonesia di sepanjang tahun 2106. Berita ini sengaja dikumpulkan untuk kita agar kita bisa lebih mudah bercermin dan mengambil dari kejadian di masa lalu. Banyak hal yang terjadi di Indonesia mulai dari Bom yang menggguncang Sharian di awal tahun sampai akhirnya Aksi Damai dengan hastag 411 berbuntut panjang dan berhasil melibatkan banyak pihak dari seluruh wilayah yang ada di Indonesia. Apa saja berita tersebut, berikut ini rangkuman dari Dzargon.

Kaleidoskop Indonesia : Berita Hangat Sepanjang Tahun 2016 terabru


Kejadian Penting Sepanjang Bulan Januari 2016

7 Januari 2016,- Paku Alam X dilantik menjadi Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta menggantikan Bapaknya yang telah wafat. Proses pelantikan ditandai dengan penyematan keris  Kanjeng Kyai Bontit oleh Jurumartani KPH Notoatmojo.


14 Januari 2016,- Tanggal 14 Januari, Ibu kota Jakarta dihantam ledakan BOM di cafe Starbucks dan diklaim oleh ISIS sebagai serangan pembukaan untuk negara di Asia Tenggara.  Bom tersebut menewaskan 4 orang warga sipil dan melukai sekitar 24 orang orang termasuk polis yang sedang berjaga di wilayah tersebut. Masyarakat Indoensia membalas serangan tersebut dengan #Kamitidaktakut.

15 Januari 2016,- Film Dokumenter berjudul Senyap (the Look of Silince) karya sutradara dair Denmark, Joshua Oppenheimer meraih nominasi dalam ajang penghargaan film paling bergensi Oscar untuk Nominasi Best documentary Feature. Film yang dibantu dengan co-Sutradara Anonim dari Indonesia berlatang belakang pembunuhan massal yang terjadidi Indoneis apada tahun 1965. Film ini mengundang berbagai reaksi di Masyarakat dan pembubaran paksa pemutaran film tersebut terjadi hampir diseluruh wilayah NKRI.
23 Januari 2016,-  Menristek melalui pidatonya di Universitas Indonesia menegaskan bahwa LBGT (Lesbian, Guy, Biseks, Guy dan Transgender) tidak sesuai dengan norma susila yang ada di Indonesia dan dinilai sebagai pelanggaran dan tidak diterima di Indonesia. LBGT menjadi trensenter pada awal tahun setelah Presiden Amerika, Barack Obama melegalkan hubungan tersebut di Amerika serikat.

29 Januari 2016,- Sirkuit Jaka Baring resmi dipersipakan untuk menjadi tuan rumah Moto GP 2017 setelah sebelumnya sirkuit Sentul di Bogor dinyatakan tidak memenuhi standar penyelenggraan MotorGP sebagai ajang motor terbaik di dunia. 

Kejadian Penting Sepanjang Bulan Februari 2016

15 Feruari 2016,- Pianis muda Indonesia, Joey Alexandar untuk pertama kaliny amendapatkan Standing Ovation di ajang Grammy Awards 2016 yang diberikah oleh seluruh penonton dai Staples Center.  Selain Standing Ovation, Joey juga menpdatakan dua nominasi pada ajang Grammy Awards 2016 yakni Best Improved Jazz Solo dan best Jazz Instrumental Album.

24 Februari 2016,- Rio Haryanto memuali karir pertamanya di Balapan mesin Jet paling elit seluruh dunia Formula 1. Meskipun banyak kontroversi yang muncul terutama terkait dana Sponsor Rio yang dimabil dair Pertamina namun Rio Haryanto berhasil mencatat Sejarah bahwa Indonesia juga bisa masuk pada ajang pertandingan dunia selaian Bulu Tangkis.

Rio Haryanto memuali karir pertamanya di Balapan mesin Jet paling elit seluruh dunia Formula 1. Meskipun banyak kontroversi yang muncul terutama terkait dana Sponsor Rio yang dimabil dair Pertamina namun Rio Haryanto berhasil mencatat Sejarah bahwa Indonesia juga bisa masuk pada ajang pertandingan dunia selaian Bulu Tangkis Balapan super hebat

Kejadian Penting Sepanjang Bulan Maret 2016

9 Maret 2016,- Peristiwa alam yang sangat jarang muncul melintasi Indonesia yakni gerhana Matahari total. Gerhana yang terakhir kali melewati Indonesia pada tanggal 24 Oktober 1995 kembali lagi melewati Indonesia pada tanggal 9 Maret 2016. Hal ini dimanfaatkan oleh dinas Pariwisata sebagai daya tarik tersendiri.

Cara memotret Gerhana



11 Maret 2016,- Lomba makan tercepat dalam waktu 5 menit yang diselenggarakan KFC terpaksa dihentikan karena merenggut korban jiwa. Lomba yang berhadia % Miliar ini memakan korban jiwa atas nama Fredy Jayadi warga perumahan Kasombi Jakarta Barat.

13 Maret 2016,- Indonesia berhasil membawa pulang satu gelar dari kejuaraan bulu tangkis tertua dunia yakni all England. Tradisi membawa pulang gelar akhirnya diteruskan setelah pasangan Preveen dan Debby berhasil mengalahkan pasangan unggulan ke liam, Joachim Fisher dan Christinna Pedersen dengan skor 21-12 dan 21 -17

Kejadian Penting Sepanjang Bulan April 2016

2 April 2016,- Berita duka merundung dunia anak Indonesia. Yuyu seorang siswi SMP di kabupaten Rejanglebong, Bengkulu menjadi korban perkosaan dan pembunahan sadis oleh 14 orang pemuda setelah mabuk di sebuah hutan tidak jauh dari rumah korban. Kasus ini menarik banyak perhatian termasuk menjadi landasan hukuman kebiri bagi pelaku pemerkosanaan anak dibawah umur di Indonesia.


Gelar Perkara KAsus Pemerkosaan Yuyun

Kejadian Penting Sepanjang Bulan Mei 2016

16 Mei 2016,- Parta Golkar mengajukan pemberian gelar pahlawan nasioanl kepada almarhum mantan Presiden Indonesia ke dua Mayjen Purnwirawan Soeharto  pada musyawarah nasional luar biasa partai Golkar. Ketua umum, Setya Novanto menginstrukian perjuangan kepada bapak Soeharto agar dijadikan pahlawan nasional atas seluruh jasa-jasa beliau selama 32 tahun memerintah Indonesia.
Pahlawna Superhero asli Indonesia

23 Mei 2016,- Kaporli mengeluarkan larangan penggunaan baju dengan Logo Turn Back Crime oelh masyarakat awam. Pelanrangan ini muncul setelah desain baju tersebut menjadi viral di media sosial internet karena bapak-bapak polisi yang meberantas Teroris dengan gagah berani mengenakan baju yang sama.

Kejadian Penting Sepanjang Bulan Juni 2016

1 Juni 2016,- Buntut dari kemenangan film "senyap" di ajang oscar berbuntut panjang Isu hangat PKI akan bangkit kembali mencuat. Sejumlah pensiunan TNI dan ormas islam di Indonesia kemudian melaksakana simposium gerakan anti PKI di hotel Arya Duta. Simposium ini dihadiri banyak tokoh penting seperti MUI, Haji Lulu, KH. Kholil Ridwan, Mantan Wapres Tri Sutrisno dan Habib Rizieq.

GErakan Anti PKI

Kejadian Penting Sepanjang Bulan Juli 2016



8 Juli 2016,- Game Pokemon GO yang sudah viral di Indonesia akhirnya resmi dirilis pada tanggal 8 Juli 2016. Game Aguemented Reality ini sempat diterpa isu miring seperti aplikasi mata-mata dan juga game besutan Yahudi, namun uforia Pokemon Go ternyata tidak bertahan lama karena kurangnya terobosan dari Niantic terkait game ini.
 
22 Juli 2016,-  Hingar bingar Formula one danRio Haryanto harus berakhir dengan miris. Pihak Rio yang tidka mampu membayar penuh dana sponsor untuk penyelenggaraan formula One akhirnya harus menyelesaikan balapan terakhirnya di Hunggaria sebelum musim ini selesai. Kendati demikian ada banyak testimoni tengtang pembalaap Rockie ini.
 
29 Juli 2016,-  Rumor Kiamat yang disebarkan oleh kelompok End Times Propechies lagilagi tidka terbukti. Kelompok yang meyakini bahwa kiamat akan terjadi pada tanggal 29 Juli melalui sebuah Video berjudul "Why the World End Surely on 29 July 2016" juga sempatmenarik perhatian banyak orang termasuk di Indonesia.


Dunia akan Kiamat

Kejadian Penting Sepanjang Bulan Agustus 2016

17 Agustus 2016,- Pasangan Tantowi Ahmad dan Liliyana Natsir memaksa panitian Olimpiade Rio De Jeneiro menyanyikan lagu Indonesia Raya di Brazil bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia. Pasangan emas bulutangkis ganda cammpuran ini berhasil mendulang satu emas diajang Olimpiade musim panas dan menjadi kado terindah untuk perayaan HUT RI ke-71. 

20 Agustus 2016,- Ratusan Jemaah Haji Indoensia di tangkap di Filipina terkait embarkasi keberangkatan dengan menggunakan Paspor Filipina. Sindikat Haji bodong memanfaatklan situasi haji di Indonesia yang sudah daftar tunggu dalam waktu yang bahkan mencapai 20 tahun. Kebakanyakan dari Jemaaah Haji tersebut bersala dari Sulawesi Selatan.
 

Kejadian Penting Sepanjang Bulan September 2016

7 September 2016,-  Arcandra kembali dipanggil oleh Presiden, Jokowi Widodo. Arcandra kemabli mendapatkan posisi menteri ESDM setelah sebelumnay terhalang oleh status dua kewarganegaraan yakni Amerika dan Indonesia.

15 September 2016,-  Kasus pajak antara Dirjen Pajak dan perusahaan raksasa Google mencuat terkait penghasilan Google dari indonesia yang dikelola di Singapura. Prgram Tax Amnesty juga mneyasar Google yang melebarkan usaha Iklan di Indonesia namun sayangnya keuangan dikelola di Singapura sehingga Indonesia kesulitan untuk menagih pajak ke Perusahaan Google.


Kejadian Penting Sepanjang Bulan Oktober 2016


27 Oktober 2016,- Jessica Kumolo Wongso tersangka kasus pembunuhan Kopi Sianida yang viral akhirnya dijatuhi hukuman penjara 20 Tahun penjara. Pembacaan Hukuman setelah rentetan drama sidang yang panjang menyusul kematian dari sahabat dekatnya, Mirna Salihin setelah meminum kopi pesanan dari Jessica.

Jessica Kumolo Wongso membunuh kopi sianida

Kejadian Penting Sepanjang Bulan November 2016

4 November 2016 ,- Sekitar 2 juta umat muslim dari seluruh Indonesia datang ke Jakarta untuk melakukan aksi damai terkait dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh salah satu calon gubernur DK Jakarta Basuki Tjahya Purnomo atau Ahok di Kepulauan seribu. Aksi ini adlaah aksi demo pertama yang paling besar namun tetap damai.

Sekitar 2 juta umat muslim dari seluruh Indonesia datang ke Jakarta untuk melakukan aksi damai terkait dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh salah satu calon gubernur DK Jakarta Basuki Tjahya Purnomo atau Ahok di Kepulauan seribu. Aksi ini adlaah aksi demo pertama yang paling besar namun tetap damai. aksi

9 November 2016,- Presiden Amerka ke 49 jatuh ke tangan Donal Trump, setleh berhasil mengalahkan Hillary Klinton. Kememangan disambut berbagai tanggapan negatif dari seluruh dunia mengingat gaya berpolotik dan bicara Donal Trump yang sangat rasis dan mendiskrimanasi kelompok tertentu terutama Islam di Amerika Serikat.
Loading...

No comments