Fakta Ilmiah dan Unik tentang Nyamuk


Fakta Ilmiah dan Unik tentang Nyamuk

Dzargon. Nyamuk merupakan hewan yang paling akrab di telinga manusia, meskipun nyamuk bukanlah hewan yang paling sering diambil dagingnya untuk dimakan seperti sapi dan ayam. Nama nyamuk menjadi terkenal karena ulahnya yang sering menggigit manusia dan menjadi vektor deman berdarah terbesar di sleuruh duni sehingga dirinya menjadi mahluk pembunuh nomor satu di dunia setelah manusia. Akan tetapi dibalik kebiasaan buruk yang dilakukan oleh nyamuk, seluruh peringai itu tidak lain adalah bentuk bertahan hidup nyamuk yang dikendalikan oleh insting.

Bisa dipastikan kalau hampir seluruh orang sangat jengkel dengan hewan pengisap ini, rasa gatal dan juga bentol merah adalah kenangan yang tersisa di malam hari, namun tahukah anda dibalik semua ada fakta unik yang juga ilmiah mengapa nyamuk suka mengigit manusia. Apa saja fakta tersebut: mari kita simak bersama-sama:

1. Nyamuk menyukai Tubuh Manusia yang berkeringat.

Nyamuk mengisap darah manusia bukan karena menyukai darah anda akan tetapi karena menyukai karbon dioksida yang keluar dari tubuh manusia. Frekuensi datangnya nyamuk berbading lurus dengan banyak karbon dioksida yang anda produksi. Orang yang berkeringat atau bau badan menyengat tentu saja akan diserang jauh lebih nyamuk dibandingkan mereka yang baru saja mandi.

Nyamuk adalah serangga dengan jumlah mata yang sangat banyak namun, nyamuk tidak memiliki penglihatan yang oleh karena itu terbang nyamuk tidak lurus akan tetapi berputar-putar tanpa arah yang jelas. bau Karbon dioksida memberikan respon lebih dari indera nyamuk dengan bantuan sensor infra merah. Kualitas dari sensor ini jauh lebih baik pada nyamuk tipe betina karena bisa mengetahui asal bau tersebut dari jarak 35 meter. Ketika nyamuk mencium bau karbon dioksida maka tubuhnya akan terbang dan mengeluarkan frekuensi khas yang lemah akan tetapi di identifikasi nyamuk lain sebagai "sumber makanan sudah dekat" atau "mari makan". Hal inilah yang menyenbakan nyamuk tidak pernah menyerang sendirian.

Fakta Ilmiah dan Unik tentang Nyamuk Betian menghisap darah


2. Nyamuk Jantan Tidak Mengisap Darah

Tahukan anda bahwa makanan utama nyamuk bukanlah darah manusia akan tetap nektar dari tanaman. Nyamuk memiliki mulut pengisap yang kebanyakan dimiliki oleh serangga penghisap sari sari pati bunga seperti pada lebah oleh karena itu makanan pokok nyamuk adalah nektar seperti lalat, lebah, dan tawon.

Nyamuk yang mengisap darah manusia untuk kebutuhan berkembang biak dan dan memberikan asupan nutris bagi telur-telur nyamuk, oleh karean hanya nyamuk betina yang menggigit anda. Tidak sampai disitu, nyamuk betina yang menggigit pun adalah nyamuk betina yang dalam proses perkembang biakan atau mengandung telur, sedangkan yang masih remaja dan anak-anak sama sekali tidak menyerang anda. Jika diperhatikan secara seksama ukuran nyamuk yang megisap darah anda relatif sama.

Fakta Ilmiah dan Unik tentang Nyamuk Jantan Menghisap Nektar


3. Nyamuk Tidak Suka darah Manusia

Sebelum manusia membangun rumah-rumah dan menggusuru hampir sebagian bersa penghuni bumi lainnya, Nyamuk tidak memakan darah manusia dan cenderung tidak menyukai darah manusia. Nyamuk bahkan lebih menyukai darah sapi yang mengeluarkan gas karbon dioksida lebih banyak dibandingkan dengan manusia akan tetapi kondisi diperkotaan yang sangat kejam bagi keluarga nyamuk membuat para nyamuk betina bertaruh nyawa mengisap darah manusia karena darah sapi jauh lebih susah.

4. Nyamuk menyukai Bir

Nyamuk tidak meminum Bir karena kesulitan membukanya, akan tetapi meskipun terdapat bir yang sudah terbuka, nyamuk tetap tidak akan menghinggapinya. Yang disukai nyamuk adalah orang yang sering meminum Bir. Bagi para penikmat alkohol akan mengalami perubahan susuna zat kimia terutama pada keringat mereka. Keringat inilah yang menarik nyamuk lebih baik dibandignkan keringat orang biasa yang tidak meminum Bir.

5. Nyamuk Menyukai Kaku Yang Bau.

Kaki yang bau mengeluarkan aroma tidak sedap bagi manusia akan tetapi tidak bagi nyamuk. Nyamuk sangat menyukai bau kaki, terutama dengan produksi gas amonia dan karbon dioksida dari kaki yang bau jauh lebih banyak dibandignkan dengan yang tidak bau.

6. Nyamuk menghisap darah orang yang tidur dipinggir.

Tentu saja ini berlaku bagi mereka yang sedang tidur atau duduk bergerombol. Tidak hal gaib tentang orang dipinggir yang lebih disukai nyamuk kecuali alasan kemudahan dan safety. Orang yang terletak dipinggir lebih mudah dijangkau oleh nyamuk sehingga jika anda mencoba mengelabuhi nyamuk dengan membentuk lingkaran hingga tidak ada yang dipinggir, nyamuk tentu saja tetap menghisap darah anda.

7. Nyamuk Tidak Menyukai Taman yang Terawat.

Hasil penelitian Missisipi University menunjukkan bahwa taman yang terawat akan mengurangi populasi nyamuk jauh lebih baik dibadnignkan taman yang tidak terawat. Tidak ada faktor estetika disini melainkan behavioral karena pemilik taman yang terawat cenderung tidak membiarkan botol bekas atau wadah yang dapat dijadikan nyamuk berkembang biak berserakan di taman meraka sehingga nyamuk jadi lebih susah berkembang bias kecuali anda tinggal disebelah sungai amazon tentu saja tips ini tidak berlaku. Nyamuk juga tidak berkembang bias di air bersih kecuali tipe Aides Aigepty yang menjadi vektor nyamuk Deman Berdarah.

8. Nyamuk Menyukai Wanita Hamil.

Wanita Hamil mengeluarkan karbon dioksida lebih banyak terutama pada bagian Perut. Bayi dalam perut yang masih bernafas menggunakan sistem pernafasan yang ada pada rahim ibu menyumbang emisi lebih banyak sehingga nyamuk lebih condong menghisap darah wanita hamil terutama pada bagian perut.
Loading...

0 Response to "Fakta Ilmiah dan Unik tentang Nyamuk"