Apakah yang dimaksud VRAM? Apakah Fungsinya Untuk Desain dan Gaming?



Apakah yang dimaksud VRAM? Apakah Fungsinya Untuk Desain dan Gaming?

Dzargon. Hal yang pertama yang ingin saya tekankan, artikel ini adalah artikel pengantar mengenai VRAM dan disusun berdasarkan pengalaman jadi informasi ini berupa petunjuk awal mengenai VRAM, ada kemungkinan beberapa efek dari VRAM yang tidak teramati oleh karena salangkah baiknya untuk mennggabungkan dengan sumber lain.

Pernahkan anda  perhatikan saat membeli PC, Laptop, atau GPU dengan spesifikasi 2GB Vram? Lantas apakah VRAM itu? Manfaatnya serta perbedaannya dengan DRAM?

VRAM adalah singkatan dari Video Random Access Memory hampir sama fungsinya dengan DRAM namun berdasarkan posisi letaknya tepat berada disampiang GPU/ Grapich Card dengan tujuan data lebih cepat diaksis oleg GPU dibadningkan dengan data dari DRAM. Fungsi dari VRAM adalah menyimpan data sementara yang pertama kalai dibaca oleh CPU namun terkhusus dalam bentuk Grafis seperti Shadow, Mapping, Ligthing effect, Frame buffer dan efek gambar lainnya. Setalah data disimpan, data di convert oleh RAM digital-to-analog (RAMDAC) agar bisa ditampilkan dilayar monitor. 

Jika CPU atau Laptop and atidak dilengkapi dengan VRAM maka fungsi ini akan diambil alih oleh DRAM atau biasa dikenal RAM kemudian di convert oleh RAMDAC. HAsilnya karena mengerjkana tugas lebih banyak maka Lag, Buffer akan sering muncul terutama pada saat menggunakan komputer dan Laptop dalam mode Multitask. Karena fungsinya mengatur memory dari Graphic banyak orang berpendapat bahwa kapasitas dari VRAM akan menentukan kecepatan dari komputer anda, namun pendapat ini ada benarnya juag ada salahnya. Mari kita kaji beberapa Mitos dan fakta mengenai VRAM.

Apakah yang dimaksud VRAM? Apakah Fungisnya Untuk Desain dan Gaming? posisi dan fungsi VRAM


1. Semakin besar VRAM maka Performa GPU semakin tinggi?

Jawaban adalah tergantung. VRAm memiliki fungsi yang sama dengan DRAM hanya saja VRAM lebih spesifik mengelola jenis data. Semakin besar ukuran VRAM semakin banyak data yang bisa disimpan jika diimbangi dengan GPU bekecapatan tinggi maka loading dari data gambar tersebut akan lebih lama juga meskipun tidak selama jika data tersebut belum disimpan sama sekali dengan kata setiap kali data gambar diminta oleh Sofware, CPU menulisnya dalam DRAM kemudian di convert.

Kacepatan ini juga bergantung dari request dari Siftware yang sedang dijalankan, misalan pada saat anda bermain game GTA San Andrea yang membutuhkan VRAM kecil yakni 128 Mb maka GPU dengan VRAM 12 GB tidak akan membuat game tersebut berjalan lebih cepat. Game hanya akan memanfaatkan maksimal 128 MB dan sisanya tidak akan terpakai alias percuma. VRAM besar hanya dapat dirasakan manfaat pada saat menggunakan Software dengan grafis besara seperti GTA V atau Bettlefield 4, namun sekali lagi kecepatan tetap kembali kembali ke CPU sebagai tempat utama data dikelola. Jika CPU anda masih dual core jangan dipaksakan menggunakan VRAM lebih dari 2 GB dan DRAM 4 GB atau CPU anda akan cepat panas dan kurang efisien untuk lebih jelas inilah faktor yang mempengaruhi kecepatan Laptop dan CPU anda
  1. Ukuran dan kecepatan CPU
  2. Ukuran dari GPU
  3. Generasi dari Memory seperti GDDR5/GDDR5X dan seterusnya
  4. Jenis Memory seperti NVIDIA atau AMD
  5. Bandwidth Memori
  6. Clockspeed atau Corespeed
  7. Memory Speed
  8. Usia Piranti
  9. Jenis Coding Software
Untuk membuat lebih simpel, mari kita lihat contoh berikut semoga jauh lebih sederhana. GTX 650 1 GB vs GT 730 2 GB menurut orang awam GT 730 2 GB jauh lebih baik karena ukuran memorinya namun sayangnya dalam kasus ini GTX 650 1 GB lebih unggul meskipun memori kecil. Meskipun keduanya masih menggunakan Architektur Kepler namun GTX650 yang muncul tahun 2014 memiliki performa mengeloala data jauh lebih cepat dibandingkan GT 730 yang diciptakan tahun 2012 dan masih termasuk tipe Low End. Low End GPU sebenarnya sama sekali tidak bisa kalah saing dibandingkan kelas diatasnya namun lasan Marketing dan kemampuan pasar membeli menjadi landasan Loe End GPU diciptakan. Hukum dagang inilah yang membuat Chin jadi kaya dengan produk bajakannya.

2. Isunya Nvidia Sli/Amd Crossfire akan membuat Vram bekerja dengan kecepatan 2 kali lipat bahkan sampai 4 kali lipat?

Jika yang ditanya adalah agen penjualan dari masing-masing produk jawaban pasti benar, namun jika yang ditanya pakar teknologi maka jawabannya tidak tepat. Apapun jenis VRAM baik itu Sli atao Crossfire ataupun firm teknologi selanjutnya. VRAM bekerja berdasarkan kapasitas masing-masing, misalnya SLI dan Crossfire bekerja dengan VRAM GPU 1 dan tugas mengelola data akan dikerjakan secara bersama dengan GPU 2/3/4 oleh karena meskipun anda membeli VRAM NVidia Quadra m6000 24 GB seharga 600 juta maka kerja masikmalnya adlah 24 GB tidak akan berubah menjadi 96 GB bahkan 25 GB sekalipun.

Apakah yang dimaksud VRAM? Apakah Fungisnya Untuk Desain dan Gaming? NVIDIA SLI

Tips dan cara aman membeli GPU agar tidak kena Tipu atau salah presepsi.

  1. Jangan mudha tertipu dengan Sales penjual Laptop, karena kebanyakan dari mereka Money Oriented jadi meyakinkan pembeli bahwa produk yang dibeli adalah yang terbaik dengan harga yang termurah bahkan yang parahnya lagi sebagian dari mereka sama sekali tidak mengerti Software dan Hardware hanya menghafal nama angka yang tertera dan asumsi Semakin banyak angka semakin baik.
  2. Perbanyak melihat Review produk apalagi hari ini Youtube sudah menyajikan banyak Review Life dan usahakan Review tersebut dari lembaga atau orang Independen sehingga tidak unsur melebih-lebihkan produk. Otomatis Review yang disponsori tidak akan mengucapka "jangan beli kami karena jelek"
  3. Banyak belajar dari teman, ibaratnya ilmu yang paling pasti berasal dari pengalaman oleh karena tanya teman atau gabung ke komunitas gila VRAM
  4. Belilah VRAM sesaui dengan kbutuhan anda, Jika anda hanya desain Grafis dari Kelas Fotografi pemula sebaiknya tidak usah terburu-buru umembeli VRAM dengan ukuran Raksasa atau hanya sekelas pemain Stronghold Crushedar.

No comments