Header Ads

Pengertian dan Teknik menggambar Perspektif Untuk Pemula

Pengertian dan Teknik menggambar Perspektif Untuk Pemula

Dzargon. Kali ini dzargon akan berbagai sedikti penjelasan mengenai Gambar Perspektif. Sebelum lebih jauh ke teknik Gamber Perspektif ada baiknya kalau kita membahas sedikit pengertian dari Gambar Persefektif.

Gambar Perspektif adalah teknik gambar yang digunakan untuk mengkomunikasikan obejk berupa benda, ruang dan lingkuangan tepat seperti yang dilihat oleh mata manusia kemudian dituangkan dalam bidang datar seperti Kertas, Kanvas atau saat ini bisa dengan media layar (harus tetap dua dimensi). Ide utama dari Gambar Perpektif adalah titik hilang atau titik infiniti dimana benda pada titik ini sudah tidak dapat diidentifikasi karena batas pandangan manusia. Adapun gambar persepektif akan berbentuk 3 dimensi meskipun dituangkan dalam ruang 2 dimensi. 

Pada saat anda mengendari motor pada jalan yang lurus akan suatu titik di ujung yang semua objek menyatu menjadi titik dan tidak bisa dilihat lagi bentuknya. Dari sinilah Ide gambar Perspektif muncul.

Gambar Persepektif Satu Titik Hilang.

Gambar Perspektif satu titik hilang adalah sebuah gambar yang menempatkan titik hilang dari sebuah gambar pada pandangan tegak lurus dari mata. Teknik sangat cocok untuk digunakan menggambarkan deretan gambar yang berjejer dari depan mata dalam jarak dekat sampai jauh kedapan mata. 

Objek yang sangat dekat dengan mata membuat objek utaa kelihatan cukup besar dengan sudut sempit. Seluruh gari yang searah dengan pandangan mata akan menuju pada satu titik kecuali dua garis yakni garis Horizon dan garis tegak lurus. Teknik gambar ini jugas erring dikenal sebagai pararel Pespektif karena aka nada banyak garis bantu yang sejajar baik daerah Horizon maupun garis vertical. Keunggulan dari teknik sangat cocok untuk rancang bangun interior.
 
Contoh Gambar Peserpektif 1 titik Hilang:

 perspektif 3 titik hilang perspektif 2 titik hilang rumah perspektif global

Perhatikan kekuatan dari Gambar Perspektif satu titik hilang sangat cocok digunakan untuk mengambar suasana interior ruangan. Pada gambar di atas ditambahan sedikit suasana ruangan seperti unsur hidup manusia agar gambar yang dihasilkan tidak kaku dan lebih dinamis. 


perspektif akuntansi manajemen perspektif antropologi perspektif akuntansi

Gambar Perspektif dua titik Hilang

Teknik Gamabra Perspektif dua titik digunakan dalam menggmabar objek dengan meletakkan dua titik hilang pada bgian kiri kanan garis cakrawala. Objek-objek dalam gambar perspektif du atitik hilang akan memiliki garis horosin yang tidka sejajar dan objek paling besar dengan ketinggian yang sama akan berada pada bagian tengah gambar. 

Teknik gambar ini digunakan dalam dunai Arsitektur untuk menggambarkan bentuk luar Eksterius dari bangunan. Teknik ini sangat populer digunakan karena gambar yang dihasil lebih dinamins dan tidak simetris sehingga sangat “Wajar” dalam pandangan atau hamper menyamai keadaan sebenarnya seperti dengan mata manusia.

Berikut contoh gambar perspektif 2 titik :

 perspektif akuntansi pemerintahan perspektif anatomi fisiologi perspektif a.ş



 perspektif benda perspektif biologis dalam psikologi perspektif bangunan 2 titik hilang
Gambar Perspektif 2 titik hilang lebih baik digunakan untuk menggambarkan desain eksterior dari suatu bagunan di bandingkan bagian dalam bangunan. Hal ini terjadi karena sangat jarang ditemui dengan ukuran sangat luas sehingga titik horison dari bangunan tersebut menajdi titik hilang. Kesan yang yang timbulkan gambar tentu saja jauh berbeda dengan kesan alami dari otak manusia

 perspektif balance scorecard perspektif budaya perspektif berwarna


Teknik Gambar Perspektif Tiga Titik Hilang

Teknik gambar tiga titik hilang merupakan teknik Perspektif yang paling komplek dan susah. Pada dasarnya teknik gambar ini seolah-oleh menempatakan mata manusia dari ketinggian atau titik rendah. Tiga set garis orthogonal digunakan untuk menciptakan titik hilang dari setiap objek yang ada. GAmbar ini menujukkan hamparan yang dilihat oelh sebuah Kamera CCTV, mata burung atau Pilot. Teknik ini banyak digunakan untuk mengekspos sebuah objek terutama geduing yang mengandalkan garis dalam membentuk objek.

Contoh gambar perspektif 3 titik :

perspektif customer perspektif coreldraw perspektif cinta


Gambar Perspektif 3 titik hilang sangat sesuai dengan hasil foto CCTV atau kamera lensa Wide. Mata seolah-lah berada dari seuah ketinggian atau titik rendah memandang pad asebuah Objek yang dituangkan dalam media dua dimensi,



perspektif covering laws perspektif dua titik hilang perspektif dua titik

perspektif desain interior perspektif dalam ruangan perspektif desentralisasi


Untuk Apasih Teknik Gambar Persepktif?

Teknik gambar perspektif digunakan untuk memberikan gambaran mengani objek nyata sesuai dengan mata manusia namun pada perkembangnya teknik digunakan untuk mewakili mata manusia pada sudut yang tidak dapat dilihat secara langusng misalnya dair dari ketinggian. Titik hilang diidentifikasikan sebagai batasan mata manusia. Seperti yang dijelaskan diatas sampai hari ini teknik Perspektif terbanyak hanya meliabtkan 3 titik hilang.

No comments