Header Ads

Fakta dibalik Mitos Penyebab Jerawatan

Mitos-Mitos mengenai Jerawat Yang salah Kaprah

Dzargon. Bagi anda kaum remaja yang sedang dalam pertumbuhan dan peuberitas tentu sangat akrab dengan salah satu masalah kesehatan yang dampak buruknya ke tubuh tidak seberapa namun dampaknya ke penampilan sangatlah tinggi yakni Jerawat. Sebagai anak muda gaul tentu tidak ketinggalan tentang informasi mengenai jerawat. Banyak fakta dan mitos yang beredar namun delapan mitos tentang jerawat yang akan dibahas oleh dzargon sudah banyak membuat para remaja salah kaprah. Apasaja mitos tersebut, mari kita simak ulasan berikut.

1. Jerawat Hanya Menyerang Kulit Berminyak

Sedikit banyakanya mitos ini memang ada benarnya namun masih terdapat sedikit kekeliruan. Kulit wajah berminyak memang lebih mudah diserang Jerawat dibandingkan dengan kulit wajah normal namun hal ini tidak berlaku sebaliknya. Jerawat akan menyerang seluruh jenis kulit bahkan jenis kulit Kering juga akan diserang oleh jerawat sama buruknya dengan kulit wajah berminyak. Jerawat akan menyerang wajah dari orang-orang yang tidak menjaga kebersihan kulitnya.

2. Membersihkan muka menjaga kulit wajah dari jerawat.

Jerawat tidak disebabkan oleh baktei dari luar meliankan pada lapisan bawah kulit seta pori-pori wajah, mencuci wajah hanya membantu membersihkan pori-pori bagian luar wajah saja namun tidak demikian dengan bagian dalam. Mencuci wajah dapat membantu anda menghilangkan sebum yang tekumpul pada kulit wajah bagian luar. Hal yang sangat ironis ketika wajah terlalu sering dicuci malah memicu wajah lebih berminyak. Mencuci wajah sebaiknya dilakukan paling tidak maksimal 2 kali dalam sehari pada saat mandi di pagi hari dan juga sebelum tidur di malam hari.

3. Jerawat bisa disembuhkan

Jerawat bukanlah penyakit melainkan kondisi dimana minyak dan sebum pada lapisan kulit bawah mengalami penyumbatan dan peradangan karena serangab bakteri P. Acnes oleh karena itu jerawat tidak bisa disembuhkan hanya bisa dikurangi agar supaya tidak muncul karena hakikatnya tubuh manusia akan terus menerus mengeluarkan minyak. Satu-satunya cara yang dapat digunakan untuk menghindarkan diri dari jerawat melalui pola hidup sehat dan sering menjaga kebersihan wajah.

4. Jerawat akan lebih cepat hilang ketika dipencet.

Sebuah kebiasan yang sama sulitnya dihilangkan seperti menggaruk adalah memencet Jerawat. Banyak orang beranggapan bahwa memencet jerawat sampai keluar nanah berbentuk putih membuat jerawat lebih cepat sembuh. Hal ini adalah bohong besar karena resiko untuk membuat jerawat lebih buruk jauh lebih banyak dibandingkan dengan manfaat yang didapatkan. Memencet jerawta dengan tangan justru membantu bakteri menyebar pada bagian wajah lain yang tersentuh dengan tangan. Seliah dapat menyebakan jerawat jauh lebih subur, luka bekas jerawat akan lebih besar bahkan menghasilkan flek hitam permanen (bopeng) pada wajah anda. Oleh karena hindarilah kebiasaan buruk memencet jerawat.

Fakta Unik tentang Jerawat dan Wanita cantik memencet Jerawat

5. Kulit memerah pada saat menggunakan obat jerawat pertanda alergi.

Tidak semua warna merah pada kulit anda setelah menggunakan obat penghilang jerawat adalah tanda alergi. Warna merah adalah tanda pengelupasan kulit wajah dan regeneasi sel-sel kulit wajah bejalan lebih cepat. Warna merah yang muncul kemungkinan besar adalah reaksi dari kulit wajah anda dengan bahan kimia yang tekandung dalam obat anti jerawat oleh karena hal ini wajar-wajar saja. Hanya saja jika warna merah diserta dengan iritasi dan peradangan, pemakaian obat penghilang jerawat sebaiknya dihentikan dan segera konsultasi ke dokter ahli kulit dan dermatologis.

6. Pasta gigi efektif menghilangkan jerawat dan perdangan di kulit wajah

Ada banyak tips dan tutorial cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan pasta gigi dan dianggap sangat efektif dalam menghilangkan jerawat. Sayang sekali para ahli menciptakan pasta gigi hanya untuk gigi anda dan diberi tambahan Sodium Lauryl yang sangat baik untuk gigi namun dapat menyebakan iritasi pada kulit wajah terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif, oleh karena itu percaya-lah pada ahli pasta gigi yang menciptakan pasta gigi bukan untuk kulit wajah.

odol Pasta gigi efektif menghilangkan jerawat dan perdangan di kulit wajah pakai handuk mau mandi


7. Makan Berminyak Penyebab Jerawat

Jerawat memang dipicu oleh kandungan minyak (Sebum) yang mengendap di bawah kulit karena tertutup kotoran namun bukan berarti makanan berminyak adalah pemicu yang harus bertanggung jawab atas seluruh jerawat yang ada pada kulit wajah anda, kecuali jika yang makan bukan mulut anda melainkan wajah. Sampai hari ini belum ada penelitian ilmiah yang menunjukkan adanya hubungan antara makanan yang digoreng dan jerawat di kulit namun tetap saja kami tidak menyarankan untuk mengkonsumsi makanan jenis berlebihan.

Demikianlah beberapa mitos-mitos yang tidak sesuai dengan fakta mengenai penyebab timbulnya jerawat pada kulit wajah anda. Pelajari lebih jauh tentang wajah anda sebelum menggunakan sebuah produk kecantikan dan juga mengatur pola hidup sehat agar proses metabolism tubuh terjaga sehingga gangguan kesehatan yang muncul akibat stress dapat dikurangi.

No comments