Header Ads

Cara Ampuh dan Alami Menghilangkan Jerawat Dengan Mudah



Cara Alami Menghilangkan Jerawat Dengan Mudah

Dzargon. Wajah mulus tanpa jerawat sudah menjadi dambaan bagi setiap orang baik kaum lelaki terlebih lagi bagi kaum wanita. Wajah adalah bagian pertama yang dinilai ketika bertemu seseorang oleh karena kebersihan muka dari Jerawat adalah suatu keharusan, namun terkadang masalah ini menerpa siapa saja meskipun sudah berusaha menjaga kebersihan kulit wajah.

Jerawat atau dalam istilah medis dikenal dengan nama Acne Vulgaris adalah sebuah peristiwa penyumbatan pori-pori sehingga lemak, minyak dan kotoran sulit untuk keluar dari pemukaan kulit bagian bawah. Pada keadaan yang lebih buruk, jerawat akan menghasilkan peradangan yang disertai dengan darah dan nanah. Ketika dipecahkan maka akan tersisa bopeng atau luka bekas jerawat yang sangat mengganggu. 
Senyum indah tanpa Cara Mudah dan Alami Menghilangkan Jerawat Dengan Mudah

Penyebab Timbulnya Jerawat pada Kulit Muka.

Tidak semua orang terserang Jerawat namun kebanyakan dari kita pernah mengalami masalah ini terlebih lagi pada usia-usia Puberita Primer (remaja). Penyebab munculnya jerawat antara lain: (1) ketidakseimbangan hormon; (2) infeksi bakteri P. acne, (3) Kulit Berminyak, (4) Pola makan yang tidak sehat, (5) Stress, (6) gaya hidup yang kotor seperti malas mencuci muka dan lain-lain. Adapaun penjelasan lebih jauh tentang penyebab Jerawat adalah:

Produksi Minyak Berlebih,- Penyebab utama Jerawat bukanlah pola hidup yang kurang ebrsih seperti jarang mencuci muka namun juga sangat erat hubungan dengan keadaan tubuh. Hal ini sangat jelas terlihat bagi orang-orang yang mengalami gangguan produksi minyak berlebih pada Sebacus Gland atau kelenjar minya di wajah. Kelebihan minyak yang tersimpat di wajah menyebabkan saluran folikel di pori-pori dan rambut kulit menjadi tersebut. Tumpukan minyak ini akan membusuk dan meradang. Kondisi akan menjadi semakin buruk dengan adanya bakteri penyebab jerawat.

Bakteri Propionibacterium acnes,- Salah satu penyebab utama dari munculnya jerawat adalah Bakteri. Bakteri termasuk kategori serius dari faktor yang menyebabkan muka jerawatan. Bakteri penyebab jerawat dikenal dengan nama ilmiah Propionibacterium acnes berkembang biak dengan cepat pada bagian kelenjar Sebaceos sampai akhirnya kelenjar ini tersumbat dan menimbulkan iritasi. Kelenjar tersebut bisa saja pecah jika penyumbatan semakin parah dan terjadi pembengkakan. Pecahnya jerawat ini diikuti dengan radang di daerah kulit dan akan meninggalkan luka bopeng bekas Jerawat.

Sel-sel kulit mati,- Produksi hormon Androgen menjadi pemicu imbulnya jerawat yang mengakibatkan jumlah kelenjar minyak yang berlebih. Akibatnya sel-sel kulit mati (regenarasi sel: Terjadi secara alami) yang bercampur dengan bakteri semakin membantu proses penyumbatan kelenjar minyak. Penyumbatan ini akan bercampur dengan sabun dan menyebakan luka menjadi merah atau bintil hitam yang pada sebagain orang bahkan menyerang daerah punggung. 

Hormon Penyebab Jerawat,- Secara alami tidak ada Hormon yang dapat menimbulkan jerawat namun Hormon memicu jerawat terlebih pada usia remaja yakni rentang anatar 10 sampai 17 tahun. Laju produksi hormon ini akan terus menerus meningkat sampai pada usia 25 tahun namun sekitar 7 % dari populasi dunia tetap mengalami masalah ini. Hal ini bisa saja terjadi karena factor Genetika sehingga harus mendaptakan penanganan khus dari dermatologist.

Rambut Lepek dan Berminyak,- Secara fisiologis, tidak ada hubungan antara rambut dan kulit wajah namun rambut kotor dan tidak terawat menyebakan kulit kepala mudah berminyak. Minyak dari rambut kemudian mengalir ke wajah baik langsung ataupun melalui perantara Rambut. Minyak kemudian berbeda dengan minyak diwajah namun dampaknya akan membuat penyumbatan pori-pori semakin cepat.

Minuman Bersoda,- Sudah bukan rahasia umumlagi kalau minuman bersoda dapat menyebakan gangguan kesehatan salah satunya adalah memicu timbulnya Jerawat. Kandungan yang terkandung dalam minuman tersebut menyebabkan inflamasi yang dipicu dari kandungan zat Aspartame. Aspartae juga di duga menjadi salah satu zat yang menjadi agen Jerawat serta menuruhkan pH derajat keasaman sehingga kondisi ini membuat jerawat menjadi susah dikendalikan.

Tekanan dan friksi Pada kulit,- Kulit muka adalah bagian yang paling sensitive sehingga sangat mudah terjangkit bakteri seperti bakteri Propioni bacterium acnes. Friksi seperti tekanan karena penggunaan helm fullface, kerah baju dan penggunaan Handphone dapat menjadi media yang paling baik dalam bertukar kuman dan bakteri, oleh karena biasakan menggunakan barang Pribadi.
Cewek cantik pencet JErawat Cara Mudah dan Alami Menghilangkan Jerawat Dengan Mudah

Selain hal yang telah disebutkan ada di atas paling ada sekitar 20 hal yang dapat menyebakan Jerawat tumbuh dan berkembang di wajah anda, meskipun diantaranya hanya menjadi penyebab Minor seperti :
  • Faktor gen
  • Hormon Testosteron pada pria
  • Menggaruk wajah sampai terjadi iritasi
  • Minum Beralkohol
  • Merokok
  • Usia
  • Anabolik Steroid
  • Paparan sinar matahri langsung
  • Debu dan Pultan padat terbang seperti asap
  • Darah kotor
  • Kandungan zat Kimia pada kosmetik
  • Kekurangan air putih
  • Zat dan kandungan dari Pil KB

Cara Mudah dan Alami Menghilangkan Jerawat

Berdasarkan informasi dari penyebab dan faktor yang menyebabkan Jerawat Tumbuh subur di wajah maka aka anda banyak juga solusi serta langkah preventif untuk mencegah Jerawat datang Ke Muka Anda. Berikut ini rincian bagi anda yang ingin menghilangkan jerawta dengan cara alami selain sehat, aman cara ini juga terbukti murah dan ampuh.
1. Masker berbahan Madu dan Alpokat
Campuran antara alpukat dan madu mengandung banyak nutrisi yang langsung dapat diserap kulit. Kandungan Hidrogen Peroksida bersifat antibakteri sehingga efektif dalam membunuh bakteri Propionibacterium acnes di wajah. Selaian kandungan dan takaran alami dari bahan alami aman bagi kulit wajah anda dibandingkan dengan Hidrogen Peroksida dari bahan Sintesis. Selain hal tersebut kanduingan Vit E sangat baik untuk mengurangi peradangan pada kulit anda.
Cara Mudah dan Alami Menghilangkan Jerawat Dengan Alpukat dan Madu

Cara membuat Masker anti Jerawat dengan Madu dan Alpokat
  • Haluskan daging dari Buah Alpokat dengan cara digiling tanpa campuran air. Hal ini sebaiknya dilakukan secara manual bukan dengan blender.
  • Masukkan sadu sendok madu kemudian aduk sampai rata
  • Tambahkan sedikit lemon, hal ini bisa dihilangkan
  • Oleskan masker pada bagian wajah yang bererawat kemudian biarkan selama 15 sampai 20 menit.
  • Bilas wajah dengan air hangat
  • Ulangi langkah ini setiap malam sampai jerawat Hilang.
2. Lemon,- Cara menghilangkan Jerawat dengan Lemon
Lemon mengandung asam Askorbat-L sangat efektif dalam mengurangi peradangan pada kulit yang berjerawat. Asam Askorbat juga dapat membersihkan pori-pori wajah serta mencerahkan kulit secara alami dibandingkan dengan suntik vitamin C
Siap satu biji buah Lemon Sekgar
  • Tekan sedikit kemudian potong menjadi dua bagian lalu peras
  • Ambil perasan air lemon tersebut kemudian oleskan pada wajah anda.
  • Biarkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air dingin, keringkan dengan handuk
  • Lakukan perawat ini seriap hari dan rutin sampai jerawat anda hilang.
  • secara rutin sekali dalam sehari untuk mengatasi masalah jerawat, Hindari terapi dalam waktu yang relative lama.
3. Bahan Alami Baking Soda menghilangkan Jerawat
Baking Soda bersifat bawah sehingga sangat efektif menetralkan gangguan keasaman pada wajah. Kondisi ini dapat membuat bakteri minggat dan juga mengikis sel-sel kulit mati sehingga pori-pori anda bersih dan tidak terbumbat lagi.
Obat Alami Pencegah Jerawat

  • Campurlah satu sendik makan air bersih dengan dua sendok makan Baking Soda.
  • Oleskan campuran air dan baking soda ke wajah anda terutama bagian yang berjerawa
  • Biarkan selama 10 sampai 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.
Catatan: Baking Soda dapat menyebakan irtasi pada jenis kulit tertentu. Perhatikan tanda-tanda iritasi lalu segera hentikan treatment. Jika tidka ditemukan gejala iritasi maka perlakuan boleh dilanjutkan.
4. Ketimun,- Bahan Alami Ketimun untuk Menghilangkan Jerawat
Ketimun sudah menjadi teman akrab bagi kaum hawa untuk mendinginkan kulit wajah. Ketimun mengandung banyak antioksidan, asam amino, Vitamin c dan juga Mineral yang memiliki manfaat dalam mengeluarkan racun dari dalam tubuh (Detoksifikasi) sehingga dapat mencegah Jerawat datang ke wajah anda.
  • Iris ketimun tipis-tipis tanpa mengupas kulitnya, Ketuimun juga bisa di hancurkan dengan blender dan dijadikan masker.
  • Tutupi wajah anda pada bagian yang terkena Jerawat kemudian diamkan selama 15 menit
  • Bilas wajah dengan air hangat.
5. Cara menghilangkan Jerawat dengan Minya Pohon Tea
Tea Tree Oil adalah sebuah produk yang sudah lama dipercaya dapat menghilangkan jerawta pada muka kulit wajah. Minya pohon ini diambil daru daun tanam Malaeuca yang banyak tumbuh di benua Australia. Minya ini mengandung zat Terpenoid yang dapat berfungsi sebagai anti bakteri P. Acnes. Untuk minyak pohon sudha banyak dijumpai di produk-produk anti jerawat terkemuka sehingga cara penggunaan relative beda.
Perhatian: Untuk pengguna minyak Pohon Tea secara langsung, minyak ini dapat menyebabkan gangguan berupa alergi pada jenis kulit tertentu, ada baiknya mencobakan sedikit pada bagian kulit tangan sebelum menggunakannya pada muka.
6. Menghilangkan Jerawat dengan Kulit Jeruk
Seperti yang sudah diketahui bahwa Vitamin dan Asam Alpha Hidrokai dalam kulit Jeruk dapat mebersihkan pori-pori wajah secara efektif, sehingga debu, kotoran dan sel-sel kulit mati dapat terangkat dari wajah. Efeknya lainnya adalah membuat wajah menjadi lebih putih.
  • Keringkan Kulit jeruk sampai kering dan kehabisan air
  • Haluskan kulit jeruk dengan cara ditumbuk atau di blender
  • Tambahkan air secekupunya pada bubuk yang sudah terbentuk, kemudian aduk hingga menyerupai pasta.
  • Oleskan bahan tadi ke bagian muka yang terkena Jerawat.
7. Menghilangkan Jerawat dengan Cuka Apel
Cuka apel juga dapat digunakan sebagai obat penghilang jerawat dengan kandungan asam malat dan juga asam laktat. Kedua asam ini berfungsi sebagai antioksidan yang yang baik dan menghilangkan luka bopeng dari bekas Jerawat. Cuka apel dapat dijumpai di took-toko obat terdekat.
  • Encerkan cuka apel sebanyak 5 mll kedalam 100 ml air
  • Oleskan pada wajah dengan bantuan kapas muka
  • Biarkan sampai waktu 15 menit kemudian bilas dengan air hangat
  • Cara ini sangat baik bekerja menjelang tidur malam hari.
8. Menghilangkan jerawat dengan menggunankan Putih Telur
Putih telur bisa dikatakan sebagai bahan yang paling mudah didapatkan. Fungsi dari putih telur adalah menghaluskan pori-pori wajah. Pada bagian putih mengandung Enzim Lysozim yang dapat menghancurkan dinding sel pada bakteri penyebab Jerawat dan juga dapat digunkan untuk menghilangkan Komedo.
  • Pisahkan Putih Telur dengan kuning telur dengan hati-hati
  • Kocok bagian putih telur sapmapi mengembang
  • Oleskan pada bagian wajah lalu tynggu hingga mongering
  • Bilas dengan air hangat sampai bersih.

Diantara seluruh bahan tadi sebenarnya masih banyak bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat secara lami seperti Es Batu, Bawang Putih, Lidah Buaya, Madu dan seluruh tanaman yang mengandung vitamin E dan juga Vitamin C. 

Tips mencegah timbulnya jerawat

Cara yang paling mapuh agar kulit wajah anda mulus dan terhindar dari luka bekas Jerawat dengan cara mencegah penyebab jerawat dapat bersarang di wajah anda. CAranya yakni dengan rutin membersihkan wajah dan juga menghindari hal-hal yang dapat meningkatkan jumlah minyak di wajah anda.

Rajin membersihkan wajah,- Membersihkan wajah minimal dua kali sehari dengan sabun khusus pembersih wajah. Ide utama adalah pilih pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit muka anda. Hal ini sangat membantu mengangkat kotoran yang melekat selama beraktifitas sehingga penyumbatan pori-pori dapat dihindari.

Cewek cantik cucuii muka sebelum tidur Cara Mudah dan Alami Menghilangkan Jerawat Dengan Mudah

Jangan sentuh jerawat anda, apalagi dipencet,- Bagi anda yang sudah kepalang mendapatkan jerawat, hal yang perlu diperhatikan adalah jangan sekali-kali memencet dan memegang jerawat karena tangan manusia penuh dengan bakteri. Memencet jerawat dapat meninggalkan luka bekas Jerawta yang lebih dalam dibandignkan dengan membiarkannya hilang secara alami.

Hindari make up berlebihan,- Bagi kaum hawa, hindari penggunaan make Up berlebih apalagi yang berbahan dasar minyak dan serbuk karena kedua hal ini sangat berpengaruh terhadap kadar minyak di wajah anda. Konsisten dalam memilih produk dan selalu gunakan produk yang aman bagi kulit anda, kemudian kalau bisa hindari menggunakan Make pada saat tidur meskipun tujuannya untuk menggoda suami.

Rutin berolahraga,- Olahraga adalah kegiatan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan mengatur produksi hormone. Selain itu lahraga berfungsi sebagai agen detoksifikasi yang baik dengan memacu sistem Eskresi dari seluruh permukaan kulit dan dikeluarkan dalam bentuk keringat.
Cara Mudah dan Alami Menghilangkan Jerawat Dengan Mudah sipa cepat dia dapat Cara Cewek

Pola makan yang sehat,- Saran yang terkahir adalah mengatur pola makan dan menu makanan. Hindari makan Junk Food dan berminya atau berptensi menghasilkan minya seperti kacang dan coklat, meskipun belum ada penelitian yang membuktikan hubungan antara kedua bahan makan tersebut dengan jerawat namun kandungan minyak dari kedua bahan makan tersebut sangatlah tinggi.

1 comment

Ahmad Dahlan said...

Wah luar biasa,.. BTW kalau jerawat yg muncul pada usia 30 tahun lebih itu apakah normal atau tidak?