Serunya Area Camping Ground untuk Keluarga Di Jakarta Dan Sekitarnya



Serunya Tempat Camping Ground Di Jakarta Dan Sekitarnya Bagi Para Pemula

Dzargon. Camping atau berkemah merupakan alternatif liburan menarik yang dapat dilakukan di luar ruangan. Hal ini menjadi sangat populer bahkan sampai di daerah perkotaan karena munculnya rasa jenuh dengan keadaan kita yang hiruk pikuk dan padat akan populasi baik populasi udara, suara dan lingkungan. Menikmati keindahan alam melaui berkemah dengan menggunakan tenda bisa menjadi suatu cara merefresh mood anda untuk hari senin yang sibuk.

Berkemah berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia merupakan kata benda yang berarti tenda atau tempat tinggal darurat yang bersentuhan dengan tanah, namun hari ini berkemah bis amenjadi salah bentuk wisata alam yang paling dinikmati terutama sejak awal abad 19 melalui Sir Lord Powel memperkenalkan gerakan kepanduan. Namun bagaiaman anda yang tinggal di Ibu kota seperti Jakarta? jangan khawatir berikut daftar tempat camping Ground yang bisa anda kunjungi melalui ulasan Khas Dzargon.

Manfaat dan Keunggulan Wisata Camping

Saya sendiri adalah seorang yang sangat gemar camping, hampir setiap minggu saya mendirikan tenda dimana saja meskipun pada pagi harinya harus buru-buru masuk kampus atau penelitian, namun camping sudah menjadi darah daging. Alasan saya sangat menyukai camping adalah:
  1. Menikmati keindahan alam pada malam hari di udara terbuka jauh lebih baik daripada berdiam diri kamar.
  2. Menikmati suara jankrik, gemercik air, angin dan embun yang berjatuhan dari udara pada pukul dua malam itu sangat asik bro.
  3. Entah kenapa seluruh makan yang di masak sendiri di alam selalu jauh lebih lezat, bahkan saya sendiri selalu mengatakan ke teman, Camping cara membuat Indomie seperti Spageti kelas Restauran.
  4. Melatih dan menguji fisik terutama saya sendiri yang tidak tahan dengan udara dingin.

Persiapan dan Tips Camping

Artikel kali ini hanya akan membahasa persiapan camping tanpa disertai dengan survival dengan kata lain emang ditujukan bagi mereka yang baru memulai untuk belajar camping. By the way saya juga masih pemula meskipun saya sudah mendirikan tenda dan mengumpulkan kayu bakar di alam sejak tahun 2005, di tempat kelahiran saya Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Tidak bermaksud menggurui namun berikut ini beberapa tips sederhana dari saya.

Observasi Tempat Camping,- Observasi tempat camping adalah kegiatan yang paling penting dilakukan sebelum camping. Hal ini adalah langkah awal pencegahan musibah pada saat camping dilaksanakan. Pada awalnya saya mengajak seorang teman untuk survey lokasi sebelum camping meskipun sudah pernah saya datangi. Perubahan kondisi alam, seperti ketersediaan air, kayu bakar, kondisi alam terkait dengan angin kencang, banjir, longsor dan pohon tumbang juga perlu dicatat atau paling bertanya pada orang yang baru saja mengunjungi tempat tersebut paling lama 3 minggu sebeleum berangkat.

Membawa Peralatan yang dibutuhkan,- Camping memang tidak seindah menginap di hotel berbintang, namun perlatan juga masih menjadi bagian dari prioritas yang harus disediakan. Jangan membayankan setiap kali camping anda harus survival dengan cara membuat api dari gesekan batu atau tidur di bawa Bifak karena saya sendiri alhamdulillah hanya pernah sekali merasakannya dan itu adalah pengalaman paling buruk yang pernah saya rasakan.

Persediaan Makanan,- Jauh sebelum berangkat hitunglah jumlah anggota yang hendak ikut bersama anda. Perkirakaan persediaan makana yang akan dihabiskan terutama pad adaerah caping yang jauh dari sumber air seperti sungai dan waduk. 

Persediaan Air Putih,- Bagi anda para pemula yang belum tahu cara mencari air tanpa sumber air seperti sungai dan waduk, bawalah jumlah air lebih karena air akan digunakan untuk minum dan mencuci peralatan masak.

Bawa Obat-obatan,- Tidak ada satu orang pun yang berencana mendapatkan musibah pada saat camping namuan persediaan obat-obatan standar dan juga obat P3K. Obat yang paling disarankan adalah obat masuk angin, obat merah, perban, alkohol dan kapas. Jika perlu bawa tabung oksigen kecil.

Bawa alat survival sederhana,- Tidak ada salahnya membawa sebilah pisau besar yang memiliki gerigi di bagian belakang. Pisau sangat membantu jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti frame tenda patah, kekurangan ranting atau membuka makanan kaleng.

Bawa Kantong Sampah,- Hal ini yang paling sering menjadi kekecewaan saya ketika berada di alam. Banyak orang penikmat alam tetapi tidak mencintai alam, Sampah tidak boleh ditinggal di alam bebas karena tidak bisa terurai dan juga membahayakan satwa liar yang mengkonsumsi plastik. Jangan tinggalkan apapun di alam kecuali jejak.

Referensi Area dan Tempat camping Ground Di Sekitar Jakarta

1. Agrowisata Gunung Mas

Lokasi wisata camping Ground Agrowisata Gunung Mas adalah salah satu tepat camping menarik yang berada pada ketinggian 800 sampai dengan 1200 meter di atas permukaan laut. Suasana dataran tinggi dengan suhu udara yang sejuk berkisar 12 sampai dengan 22 derajat celcius dapat menjadi tempat beristirahat yang baik. Lokasi ini dapat dijangkau melalui puncak Bogor. Aktivitas camping anda akan nyaman dan menyenangkan karena pengelola tempat sudah menyiapkan bebeapa sarana keamanan peserat camping. HTM yang cukup murah bisa menjadi pertimbangan tersendiri yakni sekitar 12.000 rupiah untuk setiap orang.
 

2. Sukamantri camping Ground

Sukamnatri camping groudn adalah sebuah tempat wisata yang sudah dikelola dengan baik sejak tahun 1981. Lokasi ini berada di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak yang berada pada ketinggian 840 meter di atas permukaan laut. Pada daerah ini terdapat bumi perkemahan yang menjadi salah satu wan wisata (Wisata Alam/Hutan) yang terkenal. daerah Kawasan wisata Sukamantri sudah didirikan fasilitas wisata berupa Musholla, Toilet, Ruang Pertemua, Sumur, KAntin dan juga Bumi Perkemahan.
 
Wisat akeluarga Sukamantri camping Ground
 

3. Lembah Salak Camping Ground

Lembah Salak camping ground merupakan salah satu Agrowisata yang sangat menakjubkan. Pemdangan alam berupa pegunungan yang sangat eksotis dari Gunung salak terhampar di hadapan anda. Daerah dengan lokasi yang berada pada ketinggian 800 sampai dengan 1000 meter diatas permukaan laut dapat menjadi salah satu sarana merfresh suasana penat kota selama work days. Disamping fasilitas camping, di Salak camping ground juga menyediakan arena outbond keluarga yang menyenangkan dan juga jalur tracking lembah Parahyangan yang sangat amat bagi keluarga.
 
Tempat wisata camping Lembah Salak Camping Ground
 
 

4. Taman Wisata Riung Gunung di Puncak

Taman Wisata Riung Gunung berada di kawasan desa Tugu Selatan, Puncak Bogor. Fitur utama dari kawasan ini adalah tempat wisata dengan pemandangan alam dan pegunungan yang maha hijau. Udara sejuk di pagi hari sangat menyehatkan. Lokasi camping gorund ini terletak disepanjang jalan menuju puncak sebelum Puncak Pas. Harga tiket masuk di tarik sebesar 5.000 rupiah untuk setiap pengunjung.
 

5. Kampung Awan Megamendung

Kampung Awan atau Kampoeng Awan terletakdi Megamendung, puncak, Bogor. Lokasi ini berdekatan dengan pusat pelatihan Polisi yang dapat diakses dari tol Ciawi-Bogor sekitar 45 menit. Lokasi pegunungan dengan ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut membuat Kampoeng Awan memiliki udara yang sangat sejuk dengan suhu udara mulai 10 samai dengan 20 derajat celcius. Ribuan pohon tumbh secara alami dan sangat ASRI bagi anda dan keluarga. Kampoeng Awan menyediakan ruang outbond sekitar 30 Ha untuk anda dan keluarga selama liburan dengan tema camping.
 
Lembah Salak Camping Ground Awan Megamendung
 
 

6. Melrimba Garden

seperti dengan namanya, Melrimba, tepat wisata mengusung teman natural Garden dengan luas 5 Hektar are. Lokasi yang berada pada ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut merupakan salah satu wisata alam paforit tujuan anda dan keluarga. Area Melrimab dikelilingi oleh hamparan kebun teh Ciliwung yang berbasatasan langusng dengan hutan Pinus. Tempat ini bisa menjadi salah satu tempat yang membuat anda mendapatkan pengalaman yang tidak terluapakan.
 
Melrimba Garden pakai tenda eiger dengan harga murah
 

7. Bumi Mandalawangi Camping Gorund

Teman wisata Gunung Gede Pangrango di Cobdas memiliki sebuan area camping ground di daerah Mandalawangi. Area ini merupakan tepat camping di alam dengan panorama gunung gede yang sangat indah. Di daerah Bumi Mandalawangi telah dibangun beberapa fasilitas pendukung seperti M.C.K dan juga Musholla. Bagi anda yang tidak memiliki perlengkapan camping, jangan khawatir karena bumi Mandawangi sudah menyediakan tempat sewa dan rental perlatan camping. Harga tiket masuk di patok 20.000 rupiah untuk satu orang.
 
Bumi Mandalawangi Camping Gorund tenda dan camping keluarga

Sebagai penutup saya hanya ingin mengatakan "Jangan tinggalkan apapun kecuali jejak dan Jangan mengambil apapun kecuali gambar. Salam Lestari meskipun anda sudah berkeluarga.

No comments