Fakta Unik Tentang Ikan Cupang atau Ikan Petarung (Betta Sp)



Fakta Unik Tentang Ikan Cupang atau Ikan Petarung (Betta Sp)

Dzargon. Entah sejak kapan popularitas ikan cupang mulai digemari di Indonesia, yang pasti Ikan Cupang selalu dicari dari generasi ke generasi tidak peduli seberapa modern zaman ini. Selain dari kebiasaan unik yakni suka bertarung ikan cupang memiliki banyak warna yang membuat dia terlihat sangat menarik. Warna cemerlang dari sirip-sirip yang tumbuh pada ikan cupang membuat ikan ini adalah salah satu ikan pengisi akuarium yang cantik.

Ikan Cupang berasal dari perairan berawa di asean seperti Kamboja dan Indonesia. Pesebaran jenis ikan cupang hampir mencapai 50 jenis cupang. Tumbuh dengan ukuran bisa mencapai 8 cm untuk tipe Giant ternyata ikan cupang memiliki banyak fakta lain yang mungkin anda tidak ketahui. Berikut ini beberapa fakta unik tentang ikan cupang.

  • Ikan cupang memiliki harapan hidup 2 sampai 3 tahun akan tetapi dengan kondisi tertentu ikan ini bisa bertahan sampai usia 5 tahun.
  • Ikan cupang memiliki sebuah organ yang disebut dengan labirin. Letak labirin berada di atas kepala ikan dan memiliki fungsi sebagai alat bernafas langsung di udara. Ikan dengan organ labirin dapat hidup pada daerah rawa dengan keadaan oksigen terlarut kurang.
  • Ikan Cupang ampu hidup dengan keadaan oksigen sangat kurang seperti di rawa yang penuh dengan enceng gondok. Ikan cupang masalah sangat sulit hidup dalam keadaan air bersih dan jumlah makanan yang berlebih karena dapat membuatnya mati kekenyangan.
  • Ikan cupang mampu menumbuhkan sirip dengan 25 gradasi warna hanya saja warna yang paling dominan muncul adalah warna biru, merah, orange, hiaju, kuning, ungu, hitam, transparant, dan putih.
  • Ikan cupang adalah jenis ikan teritori dimana setiap pejantan dewasa akan melindungi teritori mereka dari anggota ikan kelompok lain. Dalam keadaan terdesak ikan cupang akan mengembangkan siripnya selebar mungkin untuk menakuti lawan. Kondisi ini membuat cupang sangat identik sebagai ikan petarung.
  • Cupang jantan sangat agresif bahkan memiliki kecenderungan untuk membunuh ikan jantan lainnya jika diletakkan dalam satu wadah.
Fakta Unik Tentang Ikan Cupang atau Ikan Petarung (Betta Sp) ikan cupang tipe langka dan mahal

  • Ikan cupang memiliki pola berkembang yang sangat unik yakni membuat sarang di akar atau tanaman yang mengapung di permukaan air. Sarang-sarang dari busa yang dibuat oleh jantang nantinya akan menjadi tepat telur ikan cupang dierami.
  • Buarayak cupang belum bisa bernafas dengan menggunakan insang, oleh karena burayak cupang akan terus terapung dipermukaan air. Burayak cupang yang tenggelam ke dasar kolam akan mati oleh karena ikan cupang jantan akan selalu menjaga burayak cupang sampai bisa berenang dengan sendirinya.
  • Ikan cupang memiliki tabiat diam dan kurang makan, ikan cupang bahkan bisa jika diberi makan sebanyak 2 kali dalam seminggu. Kelebihan pakan pada ikan cupang akan membuat air lebih cepat kotor dan ikan cupang cenderung memakan semua hewan kecil yang bergerak di sekitarnya meskipun sudah kenyang.
  • Ikan cupang dikenal dengan nama cupang karena kebiasaan bertarungnya yang saling nge-Dot. Disebagaian besar wilayah di Indonesia ikan ini dikenal dengan nama ikan tarung, ikan jago, ikan bitte atau ikan petarung.
  • Ikan cupang membutuhkan beberapa jenis bakteri untuk tetap bisa hidup oleh karena itu para peternak cupang dengan sengaja menggunakan air rendaman daun ketapang yang sudah berwarna agak coklat yang mengandung jenis bakteri yang dibutuhkan oleh ikan cupang.
  • Proses perkawinan ikan cupang cenderung menyakitkan dan kadang berakhir tragis dengan kematian pada betina atau jika ukuran jantan lebih kecil makan kematian bisa terjadi pada jantan.
Loading...

No comments