Cara Mudah menanam Pohon Durian Montong Agar Cepat Berbuah



Cara Mudah menanam Pohon Durian Montong Agar Cepat Berbuah

Dzargon. Cara Menanam Durian Montong. Durian adalah sebuah tanaman khas wilayah Tropis yang banyak tersebar di kawasan aia Tenggara dan Juga Afrika. Nama durian diambil dari ciri khas kulit yang memiliki banyak duri yang keras dan tajam. Buah durian adalah buah yang memiliki banyak penggemar sekaligus banyak yang membecinya. Hal ini disebabkan oleh bau yang dikeluarkan oleh buah ini sangatlah tajam sehingga tidak diperkenankan membawa durian pada sebuah penerbangan komersil.

Durian bukanlah spesia tunggal melainkan memiliki keluarga yang berasal dari satu famili Durio sedangkan yang dimaksud dengan durian dan banyak yang dijumpai di pasar berasal dari spesies Durio zibethinus. Pasar-pasar di Asia Tenggara terutama di Indonesia, Thailand, dan Malaysia terdapat banyak jenis durian seperti lai, kerantungan, kekura, dan lahung yang semuanya berasal dari genus Durio.

Subur pupuk dan buah lebat Cara Mudah menanam Pohon Durian Montong Agar Cepat Berbuah

Menentukan Lokasi Tanam pohon Durian

Pada saat memulai berkebun atau sekadar menanam satu biji pohon durian, Lokasi adalah salah satu faktor yang paling besar menentukan jumlah buah yang dihasilkan oleh pohon durian yang anda tanam. Ada beberapa parameter yang harus anda ketahui sebelum menanam durian agar dapat menghasilkan buah yang lebat. Berikut ini beberapa syarat lokasi penanaman pohon durian.
  1. Durian sangat baik tumbuh pada daerah tropis dengan ketinggian 50 sampai 1300 meter diatas permukaan laut.
  2. Intesitas cahaya matahari mulai dari 40 sampai dengan 50 persen sepanjang tahun.
  3. Curah hujan berkisar 1500 sampi dengan 2500 mm sepanjang tahun
  4. Jenis tanah yang cocok untuk pohon durian adalah tanah Latosol, Andosol serta  tana Podsolik yang memiliki warna merah kekuning-kuningan. (informasi jenis tanah dapat ditanyakan langsung ke balai pertanian atau kantor kecamatan tempat anda tinggal)
  5. Durian tumbuh subur pada daerah dengan pH tanah normal yakni 6 sampai 7. Jika terlalu asam maka proses pengapuran akan dibutuhkan.

Cara Mudah Menentukan bibit pohon Durian


Penentuan bibit durian akan menentukan jenis dan buah durian yang ada panen nantinya. Jenis dan bentuk durian sangatlah banyak, mulai dari berukuran kecil sampai berukuran besar seperti Montong. Durian Montong dapat ditanam melalui biji dna juga membeli paket langsung jadi dari toko tani baik secara online maupun membeli langsung dari petani durian lokal di tempat anda. Jika anda mengambil keputusan untuk membeli bibit durian langsung dari petani lokal, berikut ini beberapa kriteria bibit Durian yang harus diperhatikan.
  1. Bibit durian memiliki daun yang banyak serta memiliki cikal daun di bagian pucuk.
  2. bibit durian haru sterbebas dari serangan penyakit dan hama, perhatikan bagian batang, jika terdapat bekas kerat sebaiknya jangan dipilih karena bekas akan semakin besar.
  3. Bibit durian yang dipilih harus memiliki batang yang kuat, tidak masalah jika memiliki satu batang atau bercabang dua namun pastikan ukuran dari setiap cabang sama besarnya.
  4. Banyak terdapat tunas yang tersebar pada batang durian.
Harga bibit tanaman durian yang baik


Cara Mudah Menanam Pohon Durian

Setelah membeli tanaman durian dari penjual bibit durian ada baiknya tanaman durian tidak langsung ditanam. Menyiapkan lahan untuk menanam durian adalah langkah yang paling baik agar durian dapat berbuah dengan baik. Berikut ini beberapa langkah yang harus dilakukan pada saat menanam durian.
  1. Bersihkan lahan dari tanaman lain seperti gulma dan pohon besar dengan radius 3 meter. Hal ini bertujuan untuk memberikan celah kepada sinar matahari masuk mengenai durian.
  2. Gemburkan lahan dengan menggunakan cangkul kemudian biarkan paling tidak selama 2 hari.
  3. Berikan pupuk kandang pada lahan untuk menambah unsur hara pada area tersebut. Hindari penggunaan kotoran hewan secara langsung karena dapat mengakibatkan pembusukan pada akar tanaman yang baru menyesuaikan diri, kemudian diamkan selama paling 5 sampai 7 hari agar unsur hara tersebut dapat meresap ke dalam tanah.
  4. Jika anda menanam lebih dari satu pohon durian, jarak ideal untuk satu pohon durian adalah 8 meter sedangkan jika anda menanam durian di kebun belakang rumah, sebaiknya durian ditanam agak jauh dari rumah paling tidak 5 meter dari batas terluar atap rumah.
  5. Bibit durian ditanam sampai pangkal akarnya tidak kelihatan kemudian ditimbun dengan tanah sebelum penimbunan  sabiknya lubang disiram sedikit air agar lebih dingin.
  6. Penanaman durian sebaiknya dilakukan ketika memasuki musim penghujan karena air hujan akan membantu anda menyiram tanaman pada masa pertumbuhan. Jika pohon durian ditanam pada saat musim kemarau, lakukan penyiraman pada pagi dan sore hari yakni sekitar 3 sampai 4 ember untuk tanaman baru. 

Penyiraman Tanaman Durian Baru

Langkah selanjutnya adalah menjaga dan merawat tanaman durian dengan cara menyiram air. Tanaman durian yang baru tumbuh sebaiknya disiram air selama satu bulan tanpa jeda oleh karena itu penanaman pada awal musim hujan sangat disarankan namun pada pertengahan musim hujan sangat tidak disarnkan karena air yang tergenang dapat merusak akar durian yang yang belum kuat. Penyiraman dilakukan pada pagi dan sore dengan jumlah air sebanyak 3 sampai empat ember sekali siram. Jangan melakukan penyiraman pada siang hari karena dapat mengakibatkan stress pada tanaman durian.

Penyiangan Tanaman Durian

Penyiangan dilakukan di sekitar tanaman durian terutama pada tanaman gulma yang menjalar. Tanaman gulma yang menjalar sangat mengganggu pertumbuhan tanaman berkayu karena dapat melilit batang yang masih muda. Hindari pembersihan Gulma di sekitar batang dengan menggunakan cangkul dan arit karena dikhawatirkan dapat merusak akar tanaman muda.

Pemupukan Durian Tanaman Durian

Pemupukan tanaman durian yang baru tumbuh tidak disarankan terlebih dengan menggunakan pupuk kimia. Pupuk kimia sangat merusak tekstur tanah sehingga dapat mengganggu pertumbuhan dan bahkan menyebakan kematian pada durian. 

Pemupukan sebaiknya dilakukan dengan menggunakan pupuk kandang atau kompos karena lebih bersahabat dengan tanah dan dapat digunakan dalam kurung waktu yang panjang. Pemupukan untuk level satu pohon belum di dapatkan aturan yang jelas namun setiap pohon Durian sebaiknya diberi pupuk sebanyak 4 ember pupuk kandang. Jika diperlukan tamabahan 5 kg pupuk NPK untuk setiap pohon dengan usia minimal 3 tahun dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan buah durian. Pemupukan dilakukan dengan mengali lubang di sekitar batang tanaman dengan radius 50 sampa 100 cm dari batang tanaman tergantung ukuran batang tanaman.

Masa Berbuah dan Panen Durian.

  1. Durian dapat berbuah satu kali setiap tahun yang di awali dengan bunga durian. Bunga akan muncul di sekitar batang, cabang dan ranting tanaman. pada beberapa kasus, disarankan untuk mengurangi bunga durian terutama pada bagian ranting dengan ukuran kecil karena buah tidak akan tumbuh dengan maksimal. Namun hati pada saat melakukan pengurangan bunga jangan sampai membuat bunga di daerah lain gugur.
  2. meskipun berkulit keras, Durian muda sangat rentang dengan serangan hama oleh karena sebisa mungkin dibungkus apalagi untuk variatis montong.
  3. Durian yang sudah tua tidak mudah terkena hama namun pada saat hampir masak, durian sangat rentang dengan hujan dan air. Hujan dapat merusak durian yang sudah matang, oleh karena perhatikan kondisi durian pada saat hampir matang.
ciri ciri buah durian yang baik dari bunga buah durian

Penanganan Penyakit dan Hama 

Durian sangat tahan dari serangan hawa dan duannya juga sangat pahit sehingga sangat jarang ditemukan serangan belalang namun pada beberapa kasus durian juga dapat terserang penyakit dan juga hama putih pengerat batang dan daun. Pada kasus ini penyemprotan dapat dilakukan namun pada durian dengan usia yang sudah tua sangat jarang ditemukan serangan jenis ini. Musuh utama para petani durian adalah monyet dan juga tupai yang terkadang merusak buah namun tidak memakan buahnya.
Loading...

No comments