10 Jenis Ubur-Ubur Paling Cantik dan Keren di Dunia


10 Jenis Ubur-Ubur Paling Cantik dan Keren di Dunia

Dzargon. Pernah ke Pantai? Jika pernah anda mungkin pernah melihat makhluk menyerupai agar-agar namun jangan dicicipi karena beberapa jenis dari makhluk sangat beracun dan sisanya dapat menyebabkan alergi terhadap kulit manusia. Ubur-ubur atau Jelly Fish adalah salah satu makhluk laut yang sangat indah sekaligus berbahaya.

Tercatat ada lebih dari 700 jenis ubur-ubur yang ada di dunia mulai dari yang berukuran sangat kecil hingga berukuran sangat besar dan tidak dapat mati alias menjadi makhluk abadi. Berikut ini artikel tentang jenis ubur-ubur yang sangat cantik dengan bentuk yang indah mempesona yang sebagai dari mereka mungkin tidak terdapat di Indonesia.

1 Ubur-Ubur Black Sea Nette atau Chrysaora achlyos

Sesauai dengan namanya Ubur-ubu rmemiliki warna hitam pada bagian atas badannya. Warna hitam dengan kombinasi sedikit transparan ini banyak ditemukan ditengah samudra pasifik. Salah satu jenis ubur-ubur raksasa dengan diameter tubuh mencapai satu meter dan tentakel yang berbentul sulur panjang yang mampu tumbuh sampai 6 meter.  Ubur-ubur jenis Blacj Sea Nettel ini adalah salah satu ubur-ubur karnivora yang memakan makhluk berukuran kecil seperti zooplankton dan jua ubur-ubur lain.

Ubur-Ubur Lion's Mane Jellyfish atau Cyanea capillata kelihatan kecil

2 Ubur-Ubur Lion's Mane Jellyfish atau Cyanea capillata

Ubur-ubur yang memiliki bentuk besar dan padat dengan warna coklat dianggap menyerupai surai dari raja rimba Singa. Ubur-ubur Surai Singa ini adalah ubur-ubu r dengan jenis terbesar dengan bentuk bell yang mencapai ukuran 2,5 meter dan tentakel yang dapat tumbuh hingga 37 meter bahkan lebih. Ubur-ubur jenis ini menggunakan tentakel mereka untuk menangkap mangsa seperti anemon laut. Sengatan ubur-ubur ini sangat berbahaya dan menyebabkan iritasi merah-merah meskipun bersifat sementara namun pada kondisi tertentu tidak dapat menyebabkan kematian. 

Ubur-Ubur Lion's Mane Jellyfish atau Cyanea capillata lucu dan keren

3 Ubur-ubur White spotted Jellyfish atau Phyllorhiza punctata

Uburu-ubur yang sering diteukan terapung diatas permukaan air adalah ubur-ubur yang sangat cantik dengan bentuk dan warna paling eksotis. Ubur-ubur berenang bebas di perairan di Samudra Pasifik mulai dari semenanjung Australi sampai ke negeri Sakura Jepang. Ubur-ubur Bell Terapung  memiliki ukuran sampai 50 cm dengan sengatan ringan dan tidak berbahaya. Sengatan dari ubur-ubur jenis dapat disembuhkan dengan cuka.

Hewan laut unik Ubur-ubur White spotted Jellyfish atau Phyllorhiza punctata

4 Ubur-ubur The Purple Striped Jellyfish atau Chrysaora colorata

The Purple Stripped Jelly Fish juga dikenal dengan nama Mauve Stingger. Ubur-ubur yang banyak berenang bebas di lautan California tepatnya di Teluk Monterey. Ubur-ubur termasuk dalam kategori sedang dengan ukuran 70 cm namun sengatan ubur-ubur ini sangat menyakitkan namun belum ada laporan dari serangan ubur-ubur yang berakibat fatal bagi manusia.

Ubur-ubur The Purple Striped Jellyfish atau Chrysaora colorata tentakel panjang

5 Ubur-ubur Cannonball Jellyfish atau Stomolophus meleagris

Ubur-ubur unik dengan bentuk bell menyerupai sayur Kubis termausk dalam kategori ubur-ubur berukuran kecil dengan diamater bell mencapai 25 Inci. Motif belang cokelat kehitam-hitaman di bagian bawah bell membuat warna ini menyerupai ukiran yang sangat cantik.

Ubur-ubur Cannonball Jellyfish atau Stomolophus meleagris putih keren

6 Ubur-ubur Jelly Blubber atau Catostylus mosaicus

Ubur-ubur yang memeiliki warna putih seperti warna susu ini adalah uburubur penghuni pantai bagian timur Asutralia. Ubur-ubur Jelly Blubber dapat tumbuh hingga mencapai ukuran 35 centimeter. Sengatan dari ubur-ubur masuk apda kategori lumayan meskipun belum pernah ditemukan laporan kasus sengatan yang menyebabkan luka fatal bagi manusia. 

Ubur-ubur Jelly Blubber atau Catostylus mosaicus transparan

7 Ubur-ubur Diplulmaris Antartika

Ubur-ubur yang memiliki ukuran tubuh hanya sebesar 4 centimeter hanya ditemukan di samudra Antratika. Aksen kuning pada bagian atas tentakel pada ubur-ubur memberikan sentuhan unik namun sayangnya ukuran yang kecil membuatnya terabiakan oleh mata manusia.

Ubur-ubur Diplulmaris Antartika orange

8 Ubur-ubur Crossota Sp

Ubur-Ubur Crossota Merah juga dikenal sebagai ubur-ubur medua merah yang hanya ditemukan di Kutub Utara. Ubur-ubur yang berkembang biak dengan baik pada suhu ekstrim di kutub utara ini mampu berkembang menjadi ubur-ubur yang cantik

Ubur-ubur Crossota Sp mirip kenari

9 Ubur-ubur Bluebutton atau Porpita Porpita

Bluebutton sebenarnya tidak termasuk dalam spesies ubur-ubur atau Jellyfish, naun bentuk sangat mirip dengan ubur-ubur. Hewan yang memiliki nama latin Porpita porpita ini adalah polip Hydrozoan yang merupakan bagian dari hewan yang sangat pasif. Berat jenis tubuhnya yang hampir sama dengan air air laut membuat tubuhnya melayang-melayang di lautan dan terbaru arus.Hewan ini memiliki mulut tunggal yang berada pada bagian bawahnya yang digunakan untuk memakan mangsanya sekaligus sebagai tempat keluarnya kotoran.

Ubur-ubur Bluebutton atau Porpita Porpita biologi

10 Ubur-ubur Attola Jellyfish atau Atolla wyvillei

Spesies yang memiliki habitat asli jauh didasar kedalaman laut yang gelas hampir bisa ditemukan diseluruh belahan dunia dengan kedalam laut lebih dari 1000 meter dimana cahaya matahari sudah tidak tembus lagi. Ubur-ubur ini bisa mengeluarkan cahaya sendiri yang digunakan untuk menarik predator, bukan mangsa supaya memangsa predator yang sedang memangsa mereka.

Ubur-ubur Attola Jellyfish atau Atolla wyvillei berwarna biru cantik

0 Response to "10 Jenis Ubur-Ubur Paling Cantik dan Keren di Dunia"